Tentang Saya

Perkenalkan nama saya Purba Kuncaraningrat Hadi Putra, tapi saya menyingkatnya dengan Purba Kuncara. Ijinkan saya untuk bercerita sedikit mengenai siapa saya dan kehidupan saya.

Waktu kecil usia 7 tahun saya punya cita-cita menjadi Masinis, karena sering saya diajak Ibu ke surabaya. Sebulan bisa lebih dari 5 kali. Saya senang sekali naik kereta api. Tapi kakak saya bilang kalau jadi masinis itu risikonya besar, misalnya kalau menabrak orang bisa dipenjara dlsb. Akhirnya saya urungkan cita-cita menjadi masinis… Tapi sampai sekarang saya senang sekali lihat dan naik kereta api. Bahagia rasanya…

Lalu kakak saya bilang kalau dia mau jadi pilot nantinya. Mungkin ini cita-cita klise anak kecil saat itu. Saya balik lagi tanya ke dia : “kalau pesawatnya jatuh nanti gimana?”. Dia jawab : “Ya berdoa dulu dong, minta perlindungan Tuhan agar selamat menjalankan pesawatnya”. Haduh… saya kalah deh 🙂

Kecil saya seringkali dibawa ke dokter oleh mendiang Ayah dan mendiang Ibu. Saya sering terkena demam dan gejala tipes. Jadi ga mungkin juga saya punya cita-cita sebagai seorang dokter, karena melihat dokter saja saya takutnya minta ampun waktu itu. Bahasa jawanya njingkat-njingkat.

Ketika usia 5 tahun, saya melihat ada tukang memperbaiki rumah. Lalu saya iseng-iseng memperbaiki lantai yang berlubang dengan semen dan pasir. Tiba-tiba ibu datang, jantung saya berdegup kencang, dalam hati saya : “waduh, bakalan dimarahi nih!”. Tapi dengan lembut ibu justru bilang : “owalah, anak pinter… teruskan nak… “. Kejadian ini benar-benar berdampak pada mental saya hingga sekarang, dimana saya tidak takut untuk berbuat salah dan mengambil risiko.

Ketika kelas 4 SD saya sudah mengutak-atik peralatan elektronika seperti Pemancar Radio FM dan mendirikan sendiri Radio Amatir bersama kakak pertama kala itu. Sebagian besar komponen elektronika saya bisa membaca dan memasangnya, kala itu. Saya diajari oleh kakak pertama dan kakak ketiga.

SMP mulai mengenal DOS dan WS 6. SMA mulai mengenal HTML dan flow chart. Kelas 3 SMA punya keingingan untuk masuk S1 Informatika ITS, tetapi keadaan berkata lain…. Orang tua mengharapkan saya masuk Kedokteran dikarenakan keluarga kami belum ada yang di bidang kesehatan. “Kalau kamu masuk informatika, percuma!!! ngapain kamu belajar hal yang bisa kamu pelajari sendiri ??? tapi kalau kamu masuk kedokteran, itu bidang yang tidak kamu sukai, justru itu tantangan buat kamu!!! Ayah yakin kamu pasti bisa!!!”, itu kalimat ayah pada tahun 2003.

Masuk kedokteran FK Universitas Brawijaya Malang (Unibraw) Jurusan Pendidikan Dokter (Dokter Umum) pada 2004 – 2008. Ya, saya terminal 1 tahun karena 2003 saya tidak lolos SPMB (seleksi penerimaan mahasiswa baru). Selama terminal 1 tahun itu saya ikut bimbingan intensif 8 bulan di LBB PhiBeta Kediri.

Mulai iseng-iseng jualan flashdisk, service komputer serta membuka jasa video shooting dan editing sejak semester 5. Mengenal dunia blog sejak 2007. Dan lahirlah blog berbayar saya yang pertama yang saya khususkan membahas tentang bisnis internet dan internet marketing, yaitu ADAbisnis.com pada 29 oktober 2008. Dari blog inilah saya mulai berjualan online, seperti VCC (virtual credit card), hosting, domain dan radio streaming. Dikarenakan tidak mungkin terus menerus menggunakan blog untuk berjualan produk-produk saya, maka mulai 6 Juni 2010 saya buat website KLIKHOST.COM untuk berjualan domain, hosting, radio streaming dll.

Menyelesaikan Koas (Dokter Muda) di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang pada Desember 2008 – Juni 2010. Lulus Dokter pada Juli 2010. Ayah saya meninggal 1 bulan sebelum saya di wisuda jadi dokter karena komplikasi jantung dan liver… Cukup kecewa, karena saya kuliah di kedokteran karena dorongan dan permintaan ayah, dan saya ingin membuat bangga ayah jika di wisuda. Sebenarnya semester 5 saya sudah mau memutuskan DROP OUT, tapi kata ayah : “Sudah, selesaikan dulu kuliahmu. Setelah lulus dokter kamu mau jadi apa, kerja apa, terserah kamu. Karena sudah selesai tanggungjawab ayah menyekolahkan kamu”. Kalimat ini yang menguatkan saya untuk menuntaskan kuliah hingga akhir. Tapi sayangnya ayah tidak sempat menyaksikan saya wisuda. Pahit sekali rasanya…

Pada 2016, ibu saya meninggal karena kanker serviks stadium akhir. Saya merasa bodoh sekali jadi seorang anak karena tidak segera memeriksakan ibu saat gejala awalnya muncul. Karena waktu itu ibu hanya mengeluh tidak enak makan, jadi saya berpikirnya karena ibu kesepian setelah ayah meninggal. Tapi sudahlah, nasi sudah menjadi bubur. Saya yakin ayah dan ibu tenang di sana.

Saya punya passion di bidang multimedia, seperti video dan broadcast. Blogging adalah salah satu hobi sayang yang sangat menyenangkan, karena dengan menulis blog, selain bermanfaat untuk pembaca, juga untuk terus menambah wawasan saya.

Mulai akhir 2015 saya punya tekad untuk tidak menghabiskan hidup demi cari uang semata, tapi harus bisa bermanfaat bagi banyak orang. Salah satu goal saya adalah membagikan informasi-informasi mengenai kesehatan, pencegahan penyakit, parenting, leadership dan pengembangan usaha, dengan menggunakan media internet dan radio FM.

Saat ini saya tinggal di Kota Kediri, Jawa Timur dan menghabiskan banyak waktu di rumah saja #workathome. Mendampingi istri dalam mengurus rumah dan mengasuh anak-anak. Menjadi orang tua, sesungguhnya kita sedang menghasilkan produk yang tidak ternilai harganya, yaitu MENTAL ANAK-ANAK kita.

Tahun 2025 rencana saya kembali praktek sebagai dokter umum dan mendirikan klinik akupuntur. Doakan ya. Niat saya adalah untuk membantu orang-orang dengan biaya semampu mereka atau bahkan gratis.

Berikut ini beberapa artikel HIGHLIGHT yang menjadi favorit saya :

Keluarga :

  1. Cara Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Saat Golden Period
  2. Gaya Hidup Minimalis Yang Akan Membuatmu Lebih Bahagia
  3. Tips Merapikan Rumah Yang Berantakan
  4. Menjadi Ayah Yang Baik
  5. Belajar dari Mbah Pon, Penjual Gudeg Dari Jogja
  6. Tipe-Tipe Orang Tua, Anda Termasuk Yang Mana ?
  7. Muliakan Orang Tuamu Sebelum Semuanya Terlambat

Sosial :

  1. Memberi Dengan Tanpa Pamrih
  2. Jangan Suka Aji Mumpung
  3. Seni Mendengarkan Dalam Berkomunikasi
  4. Mewaspadai adanya kesombongan dalam diri kita
  5. Seni Bersosial : Everyone is important

Bisnis :

  1. Tahapan membangun StartUP
  2. 20 Ciri-ciri Karyawan Yang Berkualitas
  3. Gunakan Strategi Marketing Mix Untuk Meningkatkan Omset Usaha Anda
  4. Kecerdasan Finansial Yang Harus Anda Miliki
  5. Cara Bijak Menghadapi Komplain Pembeli
  6. Cara Membuat Karyawan Produktif Karena Bahagia

Kesehatan :

  1. Inilah Kecerdasan Kesehatan Yang Perlu Anda Miliki
  2. Nilai Normal Gula Darah, Asam Urat dan Kolesterol
  3. Mana Yang Lebih Bagus Untuk Diet : Beras Merah atau Beras Hitam ?
  4. Benarkah Air Minum TDS Rendah & Alkali Baik Untuk Kesehatan

 

Harapan saya melalui personal blog ini saya bisa berbagi sesuatu yang bermanfaat buat pembaca.

 

dr. Purba Kuncaraningrat Hadi Putra

3801 Total Views 2 Views Today

5 thoughts on “Tentang Saya

  1. salam kenal dan persahabatan dari kami terima kasih kiriman artikel nya sangat memotipasi saya diusia renta ini untuk terus bersemangat (www.suparwotoniko.blogspot.com)

  2. Keren pa dr…
    Jempol lah buat pa dr yang sukses kedua-duanya..
    sukses cita’ ortu untuk menjadikan puteranya seorang dokter dan juga sukses buat cita” nya yg ingin mempunyai usaha Online nya…
    SUKSES

  3. saya,suka dengan artikel yang anda tulis wibesite mas brow…terlalu banyak membantu pembaca….SEMOGA SUKSES DAN TETAP LANCAR SELALI RIZKI nya amien

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: