Seni Bersosial : Everyone is important

Dalam hidup berkeluarga, berbisnis, berorganisasi dan dimana saja, kita harus bisa menempatkan diri dengan baik. Kita jangan jadi manusia yang EGOIS / SELFISH, hingga menganggap orang lain tidak penting. Sesungguhnya di dalam kita hidup ini saling membutuhkan satu dengan yang lain.

Sebagai contoh paling kecil adalah di dalam keluarga kita. Agar keluarga harmonis dan damai sejahtera diperlukan usaha untuk masing-masing “SALING”… Saling menghargai, saling melayani, saling memperhatikan dll. Di artikel ini akan kita kupas dulu dalam lingkung keluarga, yang nantinya juga akan bisa diaplikasikan dalam semua lini kehidupan.

Memperbaiki Cara Berkomunikasi dan Sikap Dengan Mengubah Mindset

Dalam berkeluarga, kita dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan baik. Pasangan yang bahagia selalu mampu berbicara dengan cara yang menyenangkan dan membuat nyaman. Sedangkan banyak sekali pasangan yang belum juga mampu, walaupun telah berupaya untuk belajar memperbaiki hubungan.

Sebenarnya rahasia berkomunikasi sangatlah sederhana. Setiap kali kita berbicara dengan orang lain, anggaplah orang itu lebih penting dari kita. Dan hal ini haruslah masuk kedalam hati kita dan kita hayati benar-benar. Kalaupun orang itu adalah istri Anda, tetap harus anda hargai sebagai orang yang SANGAT PENTING dalam hidup Anda. Demikian juga sebaliknya, meski suami Anda masih banyak kekurangan, Anda harus beranggapan bahwa IA SANGAT PENTING dalam hidup Anda.

Bila anda telah menganggap pasangan itu lebih penting dari anda, tentu kata-kata anda akan lebih manis, lebih baik, dan lebih hormat. Bahasa tubuh anda akan menjadi lebih menyenangkan, dan nada suara anda akan menjadi hormat dan baik. Juga Anda akan lebih cekatan ketika dimintai tolong.

Nah, kalau anda masih saja ingin memahami teknik nya, ada 6 hal sederhana yang merupakan landasan dasar komunikasi yang baik:

  1. Dengarkan dengan baik, perhatikan dengan seksama ketika pasangan berbicara. Doronglah ia untuk lebih banyak bercerita.
  2. Gunakan kata kita, dan bukan saya. Kurangi kata “saya” sebanyak mungkin pada komunikasi anda.
  3. Tetaplah rendah hati dalam berbicara. Kerendahan hati akan terpancarkan sebagai sebuah kehangatan bagi orang lain.
  4. Tanyakan dengan seksama hal yang tidak jelas, perhatikan dengan baik apa yang dikatakan pasangan Anda, berilah feedback yang baik pada setiap keterangannya.
  5. Sering-sering gunakan kata terimakasih dan maaf. Katakan dengan tulus. Katakan dengan sederhana, cepat dan bermakna.
  6. Jangan berdebat!!! Kalaupun kita menang dalam debat, kita akan kalah dalam nilai komunikasi kita.

Nah semua itu adalah taktik komunikasi yang harus kita lakukan. Kalau anda amati sebenarnya, semua berpusat pada ketulusan kita untuk menganggap orang lain lebih penting dari diri kita sendiri. Everyone IS IMPORTANT!

Kemampuan berkomunikasi penting, tidak hanya untuk membuat keluarga jadi harmonis dan bahagia, tapi juga penting bagi Anda yang berjualan, melayani pelanggan, negosiasi bisnis, bersosial, berorganisasi dan dalam hampir semua aspek kehidupan kita.

Bagi Anda yang ingin mengkomunikasikan usaha Anda secara online, Anda perlu membuat website. Anda bisa pesan hosting di klikhost.com.

YouTube video
134 Total Views 24 Views Today

Tinggalkan komentar