Home Kesehatan Inilah Kecerdasan Kesehatan Yang Perlu Anda Miliki
Kesehatan

Inilah Kecerdasan Kesehatan Yang Perlu Anda Miliki

Di blog saya adabisnis.com, saya sudah membahas mengenai kecerdasan finansial. Isi artikel tersebut kelihatannya sepele, tapi sesungguhnya banyak orang-orang TOP telah mempraktekkannya.

GA APA-APA GEMUK, YANG PENTING SEHAT

GA APA-APA PENYAKITAN, YANG PENTING KURUS

Dua slogan di atas sebenarnya bukanlah sebuah kebenaran, tapi dalam rangka MENGHIBUR DIRI dalam MENGHADAPI KENYATAAN YANG PAHIT! Hehehe….

Nah, mindset kecerdasan kesehatan yang saya bahas di sini adalah bagaimana melalui perubahan pola makan kita, kita bisa membuang racun yang ada di tubuh kita. Benar, dengan makan nasi hitam, kita telah juga membuang racun dari tubuh kita… Sedang turun berat badan adalah BONUS… Ya, bonus dari tujuan utama kita, meski sebenarnya turun berat badannnya cukup lumayan ya….

Lalu apa sih yang harus berubah dari 1 piring kita untuk membuat kita lebih sehat ? Utamanya bagi ANDA yang perutnya buncit, obesitas (kegendutan) dan punya banyak penyakit seperti DM, hipertensi dan stroke.

Aturan Diet Tubuh Langsing Bebas Lemak, Makan Kenyang TANPA MENYIKSA DIRI

1. Ganti nasi putih dengan nasi hitam (beras hitam). Nasi hitam tinggi serat sehingga penyerapannya perlahan-lahan. Rendam dulu minimal 6 jam sblm dimasak untuk menghilangkan zat-zat lain selain gizi dan juga membuat rasanya jadi lebih enak (tidak keras). Porsi nasi 50-100 gram setiap kali makan.

Makanlah tetap 3 kali sehari, jangan hindari sarapan. Misal makan jam 08.00, 12.00, 16.00. Dengan demikian, sebelum perut terasa lapar, Anda sudah makan. Kenapa ini penting ? ketika perut terasa lapar, maka ia akan mengirim sinyal ke otak untuk memperlambat metabolisme, sehingga pembakaranpun menurun, Anda jadi lemas. Jika perut tidak terasa lapar, maka pembakaran berjalan terus. Bukankah tujuan diet Anda ini untuk supaya pembakaran berjalan terus?

2. Ganti lauk hewani daging merah dan olahannya dengan ikan air tawar/protein nabati non GMO. Kalau ingin daging merah, pilihlah yang tidak ada lemaknya.

3. Perbanyak porsi sayurannya. Olah sayuran tidak terlalu matang dan diolah tanpa gula tambahan. Memasak sayuran dengan suhu tinggi akan merubah kimiawinya, yaitu hanya dapat seratnya saja tapi vitaminnya hilang. Jgn lupa pilih sayuran organik atau jika susah cari yg organik pikirkan bagaimana menghilangkan pestisida dlm sayuran, yaitu dengan direndam dengan air cuka dan garam.

4. Pilih buah yg alkalin dan rendah gula. Jika makan buah yang disemprot (apel, semangka, melon, jeruk, anggur dll), rendam dulu dengan air garam dan cuka.

5. Disiplin minum air putih, 2-3 liter/hari. Hitungannya adalah 30 – 40 ml  kali berat badan. Misal berat badannya 80 Kg, maka minum air putih minimal 2,4 Liter. Anda bisa minum lebih dari itu jika berkeringat. Jika Anda punya sakit tertentu yang perlu pembatasan air, tentu saja Anda wajib mengikuti saran dokter.

6. Dan stop susu sapi serta olahannya, bisa diganti dgn susu almond/susu kedelai non GMO

7. Pilihlah cara mengolah makanan yg sehat..lebih baik dikukus dr pd digoreng. Hindari olahan bakaran seperti sate (karsiogenik = menyebabkan kanker).

8. Konsumsi lemak yg baik, bukan lemak yg jahat. Contohnya adalah minyak VCO (Virgin Coconut Oil) dan minyak zaitun (Extra Virgin Oil) . Apa gunanya minyak ini ? selain sebagai sumber lemak yang baik, minyak juga mampu merangsang tubuh untuk terbiasa membakar lemak.

9. Hindari bahan makanan yang mengandung gluten (turunan tepung terigu seperti mie; turunan gandum seperti roti; kecap).

10. Hindari gula. Umumnya sayuran indonesia selalu menggunakan gula, sehingga sebaiknya Anda hindari untuk minum minuman yang mengandung gula agar konsumsi gula Anda tidak berlebih.

11. Hindari makanan yang diproses terlalu panjang seperti frozen food (sosis, nugget dll). Sebisa mungkin yang tanpa diproses. Dan hindari makanan cepat saji. Ingat, perut kita bukan tong sampah. Jika kita sering makan makanan “sampah” (junk food), jangan heran suatu ketika akan timbul penyakit akibat racun yang menumpuk.

12. Jangan makan cepat-cepat. Kunyahlah yang banyak di mulut, karena pencernaan sesungguhnya dimulai dari mulut, yaitu keluarnya enzim ptialin. Dengan mengunyah lebih lama juga akan memberikan EFEK KENYANG. Hal ini bisa Anda lakukan jika terpaksa harus makan nasi putih.

13. Ganti cemilan yang kurang sehat (biskuit, gorengan) dengan buah. Buah yang sekalipun manis, masih lebih baik daripada cemilan seperti biskuit dan gorengan. Taruhlah buah potong di kulkas, agar sewaktu-waktu ingin ngemil bisa segera dimakan.

14. Garam tetap boleh dikonsumsi karena penting buat semua fungsi organ kita (otot, otak). Dan garam juga akan mengikat air. Memang orang yang makan tanpa garam akan lebih cepat kurus, tapi kurusnya bukan karena lemaknya turun melainkan karena airnya yang keluar. Nah fungsi garam itu untuk mengikat air agar tidak keluar. Pembakaran di dalam sel juga butuh air, jadi kalau tidak ada garam ya airnya terbuang, tidak terjadi pembakaran. Hanya saja batasi konsumsi garam maksimum 5 gram per hari. Garam juga membuat makanan jadi enak, tidak hambar.

15. Tentu saja kita tidak bisa menghindari makanan yang kurang atau tidak sehat, misalnya kepingin makan bakso sapi, ayam goreng kentucky, sate ayam ponorogo. Sesekali boleh, tapi jangan berlebih.

16. Gunakan piring yang kecil. Ini akan memberikan efek psikologi bahwa makanan Anda itu banyak.

17. Jgn lupa olahraga 30-60mnt/hr..ini tambahan diluar 1 piring kita hehehe. Pilihlah olahraga yang Anda sukai. Tidak perlu berlebihan dalam olahraga (overtraining). Olahraga berlebih justru hasilnya tidak baik. Dalam hal ini, olahraga adalah sebagai PELENGKAP, bukan yang utama. Yang utama tetaplah jaga pola makannya.

#konsistensi
#repetisi
#momentum

Sebuah Tiket Murah

Di sebuah Kebun Binatang, di pintu masuk tertulis :

Tarif tiket : Rp 50.000,-/orang.
Karena beberapa lama tidak ada pengunjung, maka harga tiket diturunkan menjadi : Rp 25.000,-/orang.

Namun masih tidak tidak ada jg pengunjung datang. Akhirnya kembali ia turunkan tarif tiket menjadi hanya : Rp 10.000,-/orang. Dan tetap tidak ada pengunjung yg mau masuk!

Akhirnya ditulislah pengumuman : “MASUK GRATIS”. Dan tiba-tiba banyak orang yg berebutan masuk. Ketika pengunjung di dalam penuh, sang pawang membuka semua pintu kandang binatang buas seperti Singa, Harimau, Serigala, Ular, dsb. Pengunjung pun sontak pada PANIK ! Ketakutan ! Kemudian pintu keluar DIKUNCI.

Lalu di pintu keluar itu ditulis “Keluar Bayar Rp 500.000,-” Ternyata BANYAK orang berebut untuk membayarnya.

Inilah ironi kehidupan.

Ketika ditawarkan HIDUP SEHAT :
~ Makan yg sehat, jangan makan “makanan sampah” karena perut kita bukan tong sampah
~ Tidak merokok
~ Istirahat yang cukup
~ Kurangi stress
~ Olahraga, dsb

Demi menjaga kesehatan sebagai upaya pencegahan penyakit, banyak orang enggan, TIDAK MAU!

Tapi kalau sudah masuk Rumah Sakit, berapapun mahal biayanya PASTI dibayar asal bisa sembuh, sekalipun harus jual ASSET dan bahkan BERHUTANG !

Jack Ma bilang :
“Jika pisang dan uang diletakkan di hadapan seekor monyet, maka monyet akan memilih pisang, karena monyet tidak mengerti bahwa uang bisa digunakan untuk membeli banyak pisang. Dalam kenyataan hidup, jika uang dan kesehatan diletakkan di hadapan orang, acap kali orang akan memilih uang, karena terlalu banyak orang yg tidak mengerti bahwa kesehatan dapat berguna mendapatkan lebih banyak uang dan kebahagiaan.”

Bad eating is like credit card..enjoy now pay later..

Jadi jgn menunggu sakit untuk mengubah gaya hidup..mumpung masi diberi sehat mulailah skrg..bukan untuk sekedar menurunkan berat badan atau mengecilkan perut yang buncit, tp untuk hidupmu lebih sehat. Jangan buat keluarga repot karena penyakit kita.

 

Prinsip Melangsingkan Badan

Banyak orang yang salah persepsi bahwa kalau mau langsing maka harus tidak makan beberapa hari (puasa). Ini salah! Yang benar malah justru harus tetap makan, tetapi makanan harus terpilih, yaitu makanan yang tidak padat kalori. Karena prinsip menurunkan berat badan : mengurangi makanan yang masuk (mengurangi lho, bukan tidak makan).

Kalau ingin melangsingkan, ingat saja timbangan : sebelah kiri makanan yang masuk, sebelah kanan makanan yang dibakar (proses pembakaran). Nah kalau kelebihan berat badan, makanan yang masuk diringanin (dikurangi) dan pembakarannya ditingkatkan. Kalau Anda tidak makan, pembakaran justru turun, akhirnya ya sama saja….

Asupan kalori yang aman adalah 1000 – 1.200. Jadi seorang dokter ahli gizi biasanya akan membuat meal plan dengan berbagai macam makanan. Masing-masing jenis makanan itu ada kalorinya, sehingga misal ikan akan dihitung berapa gram. Sehingga jika ditotal kurang lebih 1000 – 1200 per hari.

 

Diet Dengan Beras Hitam

Para Raja dan tetua adat memang tidak sembarangan memilih makanan, terutama yang disakralkan, seperti beras hitam ini. Tidak seperti umumnya beras, manfaat yang dikandung beras hitam yang legendaris ini memang sungguh luar biasa.

Beras hitam memang pernah menjadi pamali bagi rakyat jelata. Bahkan di Tana Toraja, anak tetua adat pun tidak diperkenankan memakannya.
Hanya pada ritual tertentu sang Tetua akan menjadikannya bagian dari kesakralan upacara.

Ternyata hampir setiap wilayah di Indonesia punya beras hitamnya sendiri :

  • Suku Anak Dalam, Sumatera Selatan
  • Suku Baduy, Banten
  • Kesultanan Cirebon, Jawa Barat
  • Kesultanan Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Suku Dayak, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur
  • Tana Toraja, Sulawesi Selatan
  • Bali
  • Suku Sasak, Sumbawa

Dan tidak menutup kemungkinan masih ada daerah lain yang beras hitamnya masih tersembunyi, atau terlanjur punah..

Produksi beras hitam di dalam negeri cukup banyak, di Sleman beras hitam lebih dikenal sebagai cempo ireng. Di Solo beras hitam dinamakan beras wulung, dan di Bantul diberi nama Beras Melik. Dalam kebudayaan masyarakat Jawa, beras ini memiliki sejarah dan legenda tersendiri. Setelah mengetahui fakta ini, tentunya kita tidak lagi mengeluhkan harga jual beras hitam per kilo yang lebih mahal dibanding spesies beras lainnya.

Manfaat beras hitam

  • Detoks tubuh Anda dari racun dan kotoran
  • Menjaga kesehatan pencernaan dan peredaran darah Anda
  • Mencegah penyakit akibat pola hidup yang salah
  • Kaya antioksidan, sehingga mampu mencegah kanker dan peradangan
  • Citarasa yang berkelas, tidak terasa seperti sedang mengkonsumsi herbal umumnya
  • Tidak menyebabkan alergi karena bebas gluten
  • Mengurangi porsi makan dan asupan karbohidrat Anda (mengurangi nafsu makan)
  • Menjaga tubuh Anda tetap berenergi sepanjang hari
  • Menjaga kestabilan gula darah Anda sehingga mencegah diabetes
  • Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan petani lokal
  • Melestarikan keragaman hayati Indonesia
  • Mengembalikan keseimbangan alam di lahan pertanian
  • Mengurangi pencemaran lingkungan akibat pestisida dan pupuk kimia sintetik
  • Mengurangi polusi karena transportasi lebih dekat dan rantai distribusi sederhana

Beras Putih vs Beras Hitam

Beras PutihBeras Hitam
Mengandung residu pestisidaKaya antioksidan dan flavonoid
Rendah nutrisi dan seratKaya nutrisi dan serat
Karbohidrat ‘kosong’ penyebab lonjakan gula darahKarbohidrat baik menstabilkan gula darah
Indeks glikemik (GI) tinggi, yaitu : 80Indeks glikemik (GI) rendah, yaitu : 42,3
Cepat lapar, butuh porsi besar untuk kenyangKenyang lebih lama, porsi lebih sedikit
Ciri tanaman biasanya pendek dan rapuh (tinggi Hanya sekitar 50-80 cm)Perawakan tanaman tinggi besar (tinggi 1-2 meter)
Umur tanam singkat (3 bulan)Umur tanam panjang (4-6 bulan)
Haus pupuk kimia buatan dan airHanya merespon pupuk alami, jika diberi pupuk kimia justru hasilnya menurun
Harus disemprot pestisida agar tidak habis diserang hamaTahan hama, sehingga tak perlu pestisida
Harga Rp. 10.000 - 15.000,-/KgHarga Rp. 25.000 - 40.000 per Kg

Makan makanan enak itu menyenangkan, apalagi jika kadar kalorinya rendah. Meskipun harga beras hitam mahal, hal ini sebanding dengan hasilnya. Dengan makan nasi hitam, kondisi tubuh tetap terlihat segar dan bugar, tidak tampak lemas sama sekali. KENYANG lebih lama, sehingga tidak sering lapar dan ngemil. Hal ini karena dalam 100 miligram beras hitam terkandung kurang lebih 5mg serat. Jumlah serat ini hampir 10% dari jumlah nutrisi harian yang perlu diterima oleh tubuh. Makanan berserat membantu melancarkan pencernaan.

Mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah itu baik untuk tubuh terutama penderita diabetes. Karena makanan dengan indeks glikemik rendah atau di bawah 55 seperti beras hitam akan memecah glukosa dalam jangka waktu yang lama. Secara otomatis itu mempengaruhi kadar gula dalam darah. Melakukan diet sehat dengan konsumsi beras hitam, sama saja dengan mengkonsumsi makanan rendah GI yang membantu mengurangi resiko penyakit hipertensi, diabetes tipe 2, OBESITAS dan penyakit jantung.

Selain bermanfaat sebagai makanan diet, beras hitam juga efektif untuk menurunkan resiko penyakit termasuk mengatasi anemia. Kandungan zat besi pada nasi hitam sangat tinggi sekitar 15.52ppm. Zat besi merupakan elemen terpenting yang dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin. Makin tinggi konsumsi zat besi, maka akan makin baik bagi penderita anemia. Mereka yang secara rutin mengkonsumsi beras hitam umumnya memiliki tubuh yang lebih langsing dan sehat.

Mengganti konsumsi beras putih dengan beras hitam akan membantu tubuh mendapatkan antioksidan lebih banyak. Menurut profesor dari Universitas Louisiana, ZhiminXu, konsumsi beras hitam sama baiknya seperti mengkonsumsi blueberry. Karena kandungan vitamin E, antioksidan dan serat dalam beras hitam sama banyaknya dengan blackberry atau blueberry. Selain baik untuk menurunkan kadar kolesterol LDL yang meningkatkan resiko penyakit jantung, beras hitam juga baik untuk mengurangi resiko pertumbuhan sel-sel kanker. Kabarnya makin gelap warna berasnya, maka makin tinggi antioksidannya, jadi jauh lebih baik dalam menangkal radikal bebas penyebab penyakit kanker dan jantung.

Serat yang terdapat pada beras hitam baik untuk kesehatan kita, karena beras ini tidak mengalami proses pengelupasan maupun penggilingan kulit. Seperti yang kita ketahui, lapisan kulit yang terdapat pada beras hitam tinggi akan serat dan vitamin.

 

Konon dahulu, hanya para bangsawan yang diizinkan untuk mengkonsumsi nasi hitam. Kondisi ini sama seperti yang terjadi di China, yang kemudian mengukuhkan beras hitam sebagai ‘forbiden rice’. Selain Kaisar China tidak boleh ada orang lain yang mengkonsumsi beras hitam.Tampilan fisik dari beras hitam mungkin mirip dengan ketan hitam. Namun dari segi rasa dan tekstur, beras hitam tidak seperti ketan hitam.

Selain itu, beras hitam juga tinggi serat bahkan 100x lipat lebih banyak daripada beras putih. Bila dihitung dari 100 gram beras hitam memiliki kandungan 20.1 gram serat berbanding terbailk dengan beras putih yang hanya mengandung 0.2 gram serat. Mengkonsumsi beras hitam juga mampu menjaga kadar gula darah.Karena tingkat glycemic index dari nasi hitam jauh lebih rendah, para penderita diabetes umumnya dianjurkan untuk mengkonsumsi nasi hitam daripada nasi putih. Beras hitam juga baik untuk diet karena mampu menjaga perut tetep kenyang sepanjang hari.

Dari hasil penelitian yang tercatat pada JournalNutrisi tahun 2008 lalu, diperoleh fakta bila beras hitam mampu menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan beras hitam mampu mencegah aterosklerosis yang menjadi penyebab utama seseorang mengalami serangan jantung.

Buat Anda yang perutnya buncit, obesitas level 1 dan 2, segeralah ubah gaya hidup Anda. Jangan tunggu sakit baru berubah. Tidak ada istilah “Gapapa gemuk yang penting sehat”.. itu HOAX!!!

Oh ya, satu lagi…. Kuruspun juga belum tentu sehat. Saya sering melihat juga orang yang senang olahraga tapi perutnya tetap bunci meski badannya kecil, karena ternyata sehabis nggowes dengan teman-temannya biasanya makan-makanan yang kurang sehat. Ya percuma nggowesnya kalau begini. Jadi bagi yang kurus juga harus diubah pola makannya, jangan NGAWUR dan SEMBRONO!!! Atau Anda juga akan menanggung akibatnya… Sudah terbukti banyak orang stroke juga ga harus gemuk.

Mengkonsumsi beras hitam tidak perlu dalam porsi yang besar, beras hitam bisa dikonsumsi 3x sehari dalam porsi kecil. Karena kandungan protein, karbohidarat, serat dan vitaminnya yang tinggi, tubuh tidak akan mudah merasa lapar pasca mengkonsumsi nasi hitam.

Kandungan serat pada beras hitam lebih tinggi, cocok bagi yang memiliki masalah pencernaan atau mengalami obesitas karena kebiasaan buang air besar yang tidak lancar. Kandungan antosianin pada beras hitam bekerja secara aktif untuk melindungi tubuh kita terutama dari zat berbahaya. Setiap hari kita terbiasa mengkonsumsi makanan yang kaya pengawet, pewarna dan pemanis buatan.Dengan konsumsi beras hitam dapat menetralisir racunnya. Sedangkan kadar flavonoid pada beras hitam baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah terjadinya pengerasan pada pembuluh nadi.

Beberapa orang memiliki masalah berat badan berlebih, dan bila tidak segera di atasi bisa menyebabkan obesitas. Obesitas merupakan cikal bakal dari penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi bahkan serangan jantung. Untuk mengembalikan tubuh menjadi langsing seperti semula, kita bisa memanfaatkan beras hitam. Kandungan karbohidrat kompleks pada nasi hitam membuat tubuh selalu merasa kenyang, jadi tidak berselera untuk makan lagi. Serat beras hitam yang tinggi sangat baik untuk turunkan berat badan, dalam satu hari konsumsi nasi hitam dengan porsi secukupnya. Jangan lupa pula untuk mengkonsumsi lauk dan buah yang sehat.

Mengkonsumsi beras hitam bagi program diet jauh lebih sehat daripada minum pil pelangsing yang dibuat dari campuran bahan kimia. Selain rutin mengkonsumsi makanan kombinasi nasi hitam dan lauk pauk sehat, biasakan pula untuk berolahraga.

Cara Memilih Beras Hitam

1. Perhatikan Teksturnya
Sebelum kita membeli beras hitam, kita harus memilih dulu mana beras hitam yang paling berkualitas. Jangan mudah tergiur dengan harga beras hitam yang dijual murah, karena belum tentu kualitasnya terbaik. Hal utama yang wajib dilakukan sebelum beli beras hitam adalah memperhatikan teksturnya. Pastikan untuk membeli beras hitam yang tekturnya kokoh, tidak cepat patah ketika ditekan-tekan. Bila berasnya mudah rusak dan hancur maka bisa jadi kualitasnya tidak baik. Jangan lupa pula untuk memperhatikan kondisi butiran berasnya, jika banyak yang patah berarti kualitasnya kurang. Dianjurkan untuk membeli beras hitam dalam kondisi bulir yang utuh.

2. Cium Aromanya
Beras hitam yang kualitas baik umumnya memiliki bau yang harum. Sedangkan kualitas beras hitam yang buruk umumnya beraroma apek.

3. Perhatikan Kondisi Beras
Harga jual beras hitam per kilo tidak bisa juga menjadi patokan utama beras berkualitas baik. Karena tidak seluruh beras hitam murah memiliki kualitas yang jelek. Untuk program diet, pastikan pilih beras hitam yang kondisinya baik, tidak memiliki banyak kerikil apalagi kutu. Jangan cepat tergiur dengan beras hitam yang terlalu mengkilap atau wangi, karena bisa jadi beras menggunakan pewangi buatan. Pilih beras dengan hati-hati dan teliti agar tidak kecewa setelah membeli.

4. Remas Beras
Beras hitam yang kualitas baik dan pulen saat dimasak akan terasa kuat dan kokoh saat diremas. Beda dengan beras hitam yang mengandung banyak air, umumnya lebih cepat patah saat diremas.

 

Diet Bebas Gluten

Diet bebas gluten memiliki berbagai manfaat yang menjadi keunggulan tersendiri. Diet bebas gluten merupakan salah satu program diet yang secara keseluruhan bebas dari gluten. Gluten yang dimaksud merupakan protein yang ada pada serelia, termasuk aneka makanan dan olahan kue berbahan dasar gandum.

Diet bebas gluten tidak hanya dilakukan oleh orang yang mengalami obesitas, umumnya mereka yang menderita penyakit celiac juga dianjurkan untuk menghindari konsumsi gluten karena bisa meningkatkan kerusakan pada usus bahkan menyebabkan usus bocor (leaky gut). Mereka yang melakukan diet bebas gluten umumnya hanya akan mengkonsumsi makanan dengan tidak mengandung gluten, contohnya adalah beras hitam.

Tahukah kamu kalau masalah kulit, alergi terhadap makanan tertentu, sembelit, nyeri di persendian, penyakit autoimun berasal dari satu sumber yang sama? Pernah mendengar yang namanya Leaky Gut Syndrome? Kedengarannya seram ya, tapi kalau diketahui secara dini, kita bisa memperbaikinya dengan pola makan dan makanan yang kita konsumsi. Mari pelajari.

Hippocrates pernah mengatakan bahwa semua penyakit bersumber dari kondisi perut (gut). Sekarang ini masalah pencernaan menjadi masalah yang dominan pada populasi dunia. Semua berasal dari makanan yang kita makan.

 

Leaky Gut Syndrome

Leaky Gut Syndrome adalah kondisi dimana dinding usus kita berlubang-lubang sehingga sering juga disebut kebocoran usus, yang akhirnya membuat beberapa olahan makanan, bakteri, zat beracun, dan berbagai macam yang melewati usus kita keluar dan masuk ke dalam jaringan darah. Hal ini berbahaya sekali untuk kesehatan kita, dan biasanya perlahan tapi pasti akan merusak banyak sistim organ tubuh kita.

Coba bayangkan perut kita adalah rumah, dan usus kita adalah dinding yang menjaga supaya tamu dari luar yang tidak diinginkan masuk ke bagian dalam rumah. Dalam keadaan normal, dindingnya berfungsi sebagaimana mestinya dan menjaga dari bakteri, racun, partikel makanan yang tidak dicerna supaya tidak masuk ke dalam jaringan darah.

Pada saat bocor (leaky gut), seolah-olah dindingnya retak bahkan sampai bolong dan orang yang tidak diinginkan bisa saja masuk ke dalam dengan mudah. Sehingga dengan masuknya hal-hal yang tidak diinginkan dari luar ke dalam, banyak hal yang tidak semestinya terjadi dalam sistim di dalam rumah kita.

Apa bahayanya leaky gut ?

Jika leaky gut terjadi, tubuh kita akan secara otomatis menyalakan ‘alarm’ yang memberitahu sistim imun tubuh bahwa ada benda asing masuk ke dalam tubuh. Saat alarm sudah berbunyi, sistim imun kita akan dengan agresif menyerang benda asing ini. Ini adalah respon imun kita secara otomatis. Meskipun respon imun kita ini tujuannya baik yaitu melindungi kita, tapi setiap kali hal ini terjadi, tubuh kita mengalami radang/inflamasi.

Radang kronis adalah salah satu bahaya yang bisa kita alami jika memiliki kondisi leaky gut ini. Tubuh kita tidak lagi dapat memperbaiki dan menyembuhkan diri sendiri, dan akhirnya setelah sekian lama berbagai penyakit berdatangan seperti penyakit jantung, diabetes, osteoarthritis, radang pencernaan. Bahkan ada literatur yang mengatakan bahwa leaky gut berkontribusi terhadap autism, Multiple Sclerosis, Fibromyalgia, Obesitas dan Kanker.

Tapi, masalahnya banyak dari kita yang tidak mengetahui bahwa kita punya leaky gut. Karena kita bisa saja merasa sehat sekali tanpa merasakan gejala penyakit sama sekali. Keadaan in berlangsung sangat lambat, tanpa kita merasakan gejala leaky gut, sedangkan perlahan tubuh dan pikiran kita pun mulai terserang. Jika dibiarkan, hal ini akan mengarah ke kondisi yang semakin parah.

Gejala Leaky Gut/Leaky Gut Syndrome

  • Pada kulit: jerawat, eksim, psoriasis
  • Alergi baru yang sebelumnya belum pernah dialami, sensitif terhadap makanan tertentu, intolerans terhadap banyak jenis makanan
  • Sistim pencernaan: kembung, konstipasi, diareh, IBS (irritable bowel syndrome)
  • Populasi candida yang berlebihan
  • Celiac Disease, Crohn’s Disease, Ulcerative Colitis
  • Penyakit auto imun seperti Hashimoto, rheumatoid arthritis
  • Depresi dan kecemasan berlebihan
  • Ketidakseimbangan hormon termasuk PMS dan kelebihan estrogen
  • Kekurangan nutrisi
  • Migran, brain fog
  • Asma
  • Kelelahan kronis
  • Kesulitan mengurangi berat badan
  • Berat badan bertambah atau berkurang yang tiba-tiba.

Penyebab Utama Leaky Gut

1. Makanan Penyebab Radang (Inflammatory Food)

Kesibukan kita sehari-hari membuat kita lebih mudah memesan makanan siap saji yang dipenuhi dengan trans fat dan gula. Makanan yang mengandung karbohidrat, gula dan trans fat ini adalah yang paling berbahaya bagi kesehatan gut (usus) kita. Perhatikan sekeliling kita, orang menenteng kantong donat, roti manis, burger, nasi goreng dan hampir setiap hari kita mengkonsumsi makanan seperti ini.

Daftar makanan yang menyebabkan radang pada usus:

  • Jagung
  • Makanan dari dairy (susu) yang tidak organik
  • Kacang Kedelai
  • Gluten : Gandum, mie
  • Gula dan Karbohidrat yang diproses
  • Pengawet dan perasa dalam makanan
  • MSG
  • Minyak sayur yang diproses dengan suhu tinggi seperti minyak kelapa sawit, minyak canola.

Sebagai gantinya, makanlah makanan yang mengandung lemak omega 3 seperti lemak ikan yang dapat mengurangi radang. Gantilah susu sapi non organic dengan susu almond, susu dari kacang-kacangan kecuali kedelai. Gunakan minyak kelapa organic, ghee untuk memasak.

2. Stress Berkepanjangan

Selain makanan yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, stress juga dapat berpengaruh. Stress berat dapat menyebabkan radang kronis yang melemahkan sistim imun tubuh kita. Saat sistim imun tubuh kita tidak berfungsi optimal, dengan masuknya benda asing, bakteri, virus, dan lainnya lebih mudah menjajah tubuh kita dan membuat radang di dalamnya yang berakibat leaky gut.

Jadi, stress dan leaky gut saling berhubungan. Keduanya saling terkoneksi. Stress berat dapat melemahkan sistim imun tubuh kita yang menyebabkan leaky gut, sedangkan leaky gut sendiri menyebabkan depresi dan kecemasan berlebih.

Bagaimana cara mengatasi stress kalau begitu banyak hal yang terjadi dalam kehidupan kita? Bayangkan sehari-hari kita harus menghadapi macet, boss galak, kurang tidur, anggota keluarga yang bikin kesel, pekerjaan yang menumpuk.

Stress berlebihan itu seperti racun dalam tubuh kita. Kita harus mencari cara yang sesuai dengan hidup kita masing-masing dalam melepas stress, karena stress dapat berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh kita.

Di bawah ini ada beberapa cara mengatasi stress:

  • Tidur lebih awal. Kalau tidur lebih awal sebelum jam 11 malam, kita memberikan kesempatan untuk liver kita beristirahat dan beregenerasi. Sel dalam liver beregenerasi di saat jam 11 sampai jam 1 dengan syarat kita harus sudah tidur lelap di saat itu.
    Matikan perangkat komunikasi seperti handphone dan segala bentuk komunikasi terhadap dunia luar saat sudah berada di rumah atau saat beristirahat.
  • Jalan kaki di pagi hari selama 20-30 menit untuk menyerap sebanyak mungkin sinar matahari yang merupakan sumber vitamin D. Vitamin D dapat membantu kita lebih positif.
  • Olahraga yang merilekskan. Yoga, meditasi, dan olahraga dapat membantu mengatasi stress dengan melepas hormone endorphin, hormone anti depresi yang alami dari dalam tubuh.
  • Pilih teman yang memberikan inspirasi dan energy positif, yang memberikan semangat hidup tinggi, jauhi teman yang sering bercerita negatif (toxic)
  • Selalu bersyukur. Rasa syukur yang tinggi terhadap hal-hal kecil di sekitar kehidupan kita akan membantu memberikan rasa tenang.

Mulailah pupuk kebiasaan baru untuk mendapatkan hidup yang lebih bahagia.

3. Kekurangan Bakteri Baik Dalam Tubuh

Probiotics atau disebut juga bakteri baik yang sering tertulis ada di yoghurt sangat penting dan harus hadir dalam tubuh kita untuk menjaga supaya tidak terjadi kebocoran. Bakteri baik ini membantu menguatkan dinding usus sehingga membantu mencegah leaky gut syndrome. Jika tubuh kita kekurangan bakteri baik, dapat menyebabkan tumbuhnya jamur (candida).

Penggunaan obat antibiotic, acid reflux, stress kronis, makanan yang mengandung karbohidrat simple dan gula, salmonella, E. Coli dapat menyebabkan bakteri baik dalam tubuh mati. Seseorang juga bisa terlahir dengan keadaan kurang bakteri baik. Hal ini tergantung dari kondisi pencernaan sang ibu atau jika dilahirkan melalui operasi Caesar.

Bagaimana caranya menjaga keseimbangan bakteri dalam tubuh?

Sering-sering makan makanan/minuman yang sudah difermentasi secara organic:

  • Tempe
  • Natto (ini hanya ada di Jepang)
  • Kimchi
  • Saurkraut
  • Apple Cider Vinegar
  • Yoghurt tanpa pemanis
  • Kefir tanpa pemanis
  • Suplemen probiotic

4. Kelebihan Racun Di Dalam Tubuh
Selama kita masih tinggal di bumi, kita tidak mungkin menghindari racun masuk ke dalam tubuh kita. Tentunya kita dapat mengurangi resikonya dengan memakai barang-barang yang terbuat dari bahan alami, makan makanan organik, tapi kita tetap sulit untuk menghindari polusi udara atau kimia yang ada di air, udara dan sumber makanan kita. Dan saat racun tersebut masuk ke dalam tubuh kita, mereka tentu dapat merusak ekosistim tubuh kita.

Liver dapat membantu membuang racun setiap hari dari tubuh kita. Tapi, kalau kita terus menerus kemasukan racun dari lingkungan ataupun makanan, racun tersebut akan mengendap di dalam tubuh kita dan berakumulasi sehingga merusak dinding pencernaan kita. Ini terjadi karena liver melambat kerjanya, dan secara otomatis sistim pencernaan pun akan melambat dan toxin terakumulasi di dalam perut kita yang berakibat kebocoran pada dinding usus.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi masuknya racun ke dalam tubuh kita:

  • Minum banyak air
  • Memilih makanan organik
  • Kurangi merokok dan konsumsi alcohol
  • Banyak olahraga untuk mengeluarkan toxin dari dalam tubuh melalui keringat
  • Sebenarnya paling baik dari semua tindakan pencegahan ini adalah langsung menuju sumbernya. Rubah gaya hidup kita, perhatikan makanan yang kita makan untuk membuat tubuh kita terutama gut kita menjadi sehat dan kuat.

 

Olahraga

Sudah turun berat badan dengan diet beras hitam, maka biar kulit juga singset tetap perlu olahraga. Pilihlah olahraga yang menyenangkan buat Anda. Kalau saya senang bersepeda, maka saya olahraga bersepeda. Saya beli sepeda yang nyaman buat saya agar tidak malas. Nah, biar dapat TRIPLE MANFAAT, saya bersepeda tiap jam 09.00 – 10.30 WIB… 1 Jam saja… Triple manfaat itu : kalori terbakar (meski cuma 160 kalori atau setara 2 tempe goreng), berjemur (meski kadang mataharinya tertutup awan), menghilangkan stress. Ya, ternyata bersepeda bisa menghilangkan stress karena saya bisa sambil ndengerin musik.

Olahraga tidak boleh tiap hari, harus ada istirahatnya. Kalau Anda sehat-sehat saja, maka seminggu boleh 4 hari : senin, rabu, jumat, minggu

 

Jangan Olahraga Berlebihan (Overtraining)

Prinsip menurunkan berat badan adalah HARUS YANG SEHAT. Orang yang olahraga berlebihan justru itu hati-hati karena bisa timbul pelepasan radikal bebas berlebihan. Pelepasan radikal bebas yang berlebihan kalau tidak ditangkap bisa menimbulkan berbagai macam penyakit : serangan jantung, stroke dll. Jadi olahraga memang harus, tapi TIDAK BERLEBIHAN.

Dan lagi, jika Anda olahraga berlebihan, yang terjadi malah Anda gampang LAPAR. Yang tadinya makan cuma satu porsi, jadi perlu 2 porsi.

Olahraga, jika Anda lagi program pelangsingan, cukup 1 kali saja, tapi pilihlah yang membakar lemak.

 

VCO vs Minyak Zaitun

Minyak identik dengan kandungan lemak di dalamnya yang dianggap tidak baik bagi kesehatan, khususnya untuk jantung. Namun, lemak sebenarnya tetap dibutuhkan oleh tubuh. Hal yang terpenting adalah memilih minyak yang memiliki lemak baik, sehingga memberikan manfaat kesehatan lebih.

Anda tentu sudah sering mendengar tentang manfaat minyak zaitun atau olive oil bagi kesehatan. Minyak jenis ini memiliki kadar lemak baik yang tinggi, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah. Akan tetapi, ada baiknya Anda juga mengenal manfaat minyak kelapa yang tak kalah hebatnya.

Manfaat minyak zaitun dan minyak kelapa sudah tak diragukan lagi. Kedua minyak ini memiliki kandungan lemak baik yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, manakah yang lebih baik di antara keduanya?

Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa minyak zaitun memiliki kandungan lemak baik yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan minyak kelapa.

Sebagai perbandingan, minyak zaitun memiliki kandungan lemak baik 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan minyak kelapa. Selain itu, minyak zaitun menyimpan lemak jenuh yang lebih sedikit dibandingkan dengan minyak kelapa.

Berikut perbandingan kandungan lemak yang terdapat di dalam satu sendok makan minyak zaitun dan minyak kelapa:

Minyak zaitun
Kalori : 120
Total lemak : 14 gram
Saturated fatty acids : 2 gram
Monosaturated fatty acids : 10 gram

Minyak kelapa
Kalori : 120
Total lemak : 14 gram
Saturated fatty acids : 13 gram
Monosaturated fatty acids : 1 gram

Seperti yang telah kita ketahui bahwa lemak jenuh merupakan lemak jahat dan dapat berbahaya bagi kesehatan jantung. Dengan kata lain, minyak zaitun ternyata lebih aman dikonsumsi untuk sehari-hari dibandingkan dengan minyak kelapa. Minyak kelapa dan minyak zaitun sebenarnya memiliki kandungan yang sama, namun dengan takaran yang berbeda, khususnya dalam saturated dan monosaturated fatty acids.

Mengonsumsi asupan dengan kandungan lemak tak jenuh, salah satunya monosaturated fats, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dibandingkan dengan makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans. Sementara, kandungan saturated fats dapat meningkatkan kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein) di dalam darah. Hal ini yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Saya biasanya mencampurkan 3 sendok teh (15 cc) minyak zaitun ke makanan, karena kalau diminum langsung rasanya tidak seenak VCO.

Walaupun manfaat minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan, Anda jangan mengecilkan manfaat minyak kelapa. Kandungan antioksidan dalam minyak kelapa berperan mencegah rongga pembuluh darah menyempit.

Minyak kelapa memiliki sekitar 85 persen lemak jenuh yang mengandung asam laurat. Asam laurat berfungsi sebagai penunjang pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat.

Terdapat dua jenis minyak kelapa, yaitu minyak kelapa virgin yang biasa disebut VCO (virgin coconut oil) dan minyak kelapa olahan. Minyak kelapa virgin ini diambil dari santan melalui proses yang disebut wet extraction. Sedangkan minyak kelapa olahan diekstrak dari daging kelapa yang dikeringkan dan membutuhkan proses pemurnian yang panjang, hingga akhirnya jadilah minyak kelapa yang biasa Anda gunakan untuk memasak. Sayangnya, karena melalui proses yang panjang, kandungan yang baik seperti antioksidan dan fenol dapat hilang.

Selain juga mengandung lemak baik, minyak kelapa VCO memiliki khasiat yang lebih banyak dibandingkan dengan minyak kelapa olahan. Kandungan antioksidan dan polifenol yang lebih tinggi dibanding jenis minyak lainnya berperan dalam melawan radikal bebas dan mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah.

Peran kedua kandungan tersebut dalam minyak kelapa dapat membantu Anda terhindar dari sumbatan di pembuluh darah. Gangguan kesehatan ini jika dibiarkan akan berujung pada penyakit tekanan darah tinggi dan sakit jantung.

Jadi, meskipun secara ilmiah minyak zaitun memiliki khasiat yang lebih baik jika dibandingkan dengan minyak kelapa, bukan berarti minyak kelapa buruk bagi kesehatan. Hanya saja, jika dibandingkan dengan minyak kelapa, minyak zaitun memberikan khasiat bagi kesehatan yang lebih besar. Selain itu, tetap perhatikan jumlah yang dikonsumsi agar tidak meningkatkan berbagai risiko penyakit.

VCO biasa dikonsumsi oleh orang-orang yang melakukan diet KETO. Berikut manfaat VCO :

– Membantu Menurunkan Berat Badan
– Penambah Stamina – Energi Alami
– Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh (Immune)
– Menurunkan Tingkat Kolesterol Jahat
– Meningkatkan Kesehatan Jantung
– Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui
– Menurunkan Resiko Terhadap osteoporosis
– Mengontrol dan Mencegah Diabetes
– Melarutkan Batu Ginjal
– Melindungi Dari Radiasi UV Sinar Matahari
– Mengurangi Resiko Terkena Virus HIV

Dikonsumsi 1-2 Sendok Makan Per Hari.

Ibarat deterjen, VCO akan mencuci lemak yang menempel di pembuluh darah dan mengeluarkannya lewat sistem sekresi

 

Obesitas Sentral

Obesitas sentral adalah penumpukan lemak yang terdapat pada bagian perut. Gangguan ini bisa dilihat berdasarkan lingkar perut.

Ukuran lingkar perut yang lebih dari 90 cm pada pria dan 80 cm pada wanita merupakan pertanda paling jelas dari obesitas sentral.

“Semakin besar perut, semakin banyak risiko penyakit yang muncul,” tegas ahli gizi Prof. Dr. Made Astawan dalam temu media & blogger, Rabu 25 April 2018.

Obesitas sendiri dapat memicu berbagai risiko penyakit seperti depresi (25 persen), diabetes (50 persen), demensia (30 persen), multiple sclerosis (200 persen), gagal jantung (104 persen), tekanan darah tinggi (150 persen), dan kanker (10 persen).

 

Sudah idealkah Berat Badan Anda ?

Untuk mengetahui apakah berat badan Anda sudah ideal atau belum, bisa diukur dengan menggunakan BMI (Body Mass Index).

BMI atau Indeks massa tubuh adalah cara yang baik untuk menilai apakah berat badan Anda sehat atau tidak. Indeks massa tubuh adalah metrik standar yang digunakan untuk menentukan siapa saja yang masuk dalam golongan berat badan sehat dan tidak sehat. Indeks massa tubuh alias BMI membandingkan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda, dihitung dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat.

Misalnya, Anda ingin mencari tahu apakah Anda normal atau obesitas. Anda memiliki berat badan 90 kilogram dan tinggi 1,8 m (180 centimeter).

Pertama, kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,8 x 1,8 = 3,24. Selanjutnya, bagi angkat berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 90/3,24 = 27,7. Terakhir, bandingkan angka BMI Anda (27,7) dengan kategori berat badan yang tercantum di bawah ini:

  • Di bawah 18,5 = Berat badan kurang
  • 18,5 – 22,9 = Berat badan normal
  • 23 – 29,9 = Berat badan berlebih (kecenderungan obesitas)
  • 30 ke atas = obesitas

Dengan begitu, angka BMI alias indeks massa tubuh Anda menyatakan bahwa Anda memiliki kelebihan berat badan. Lalu berapa berat ideal Anda ?

Jika BMI ideal maksimum adalah 22,9, maka berat badan idealnya adalah = 22,9 x 3,24 = 74 Kg. Jadi karena berat badan Anda sekarang adalah 90 Kg, maka Anda harus menurunkan 16 Kg lagi.

Untuk mempermudah menghitung BMI, Anda bisa gunakan kalkulator di https://hellosehat.com/cek-kesehatan/kalkulator-bmi/

Indeks massa tubuh tak bisa jadi tolak ukur berat badan ideal

BMI adalah metode hitung-hitungan mudah yang dapat memberikan informasi dasar terhadap masalah berat badan Anda secara keseluruhan. Angka ini bisa berperan sebagai tanda peringatan bahaya dan melindungi seseorang dari kematian akibat penyakit kronis terkait obesitas.

Dilansir dari Live Science, BMI bukanlah metode pengukuran ideal dan akurat, serta tidak bisa menjelaskan penyebab dari masalah berat badan seseorang. Ketika mendefinisikan berat badan sehat, satu jenis pengukuran definitif tidak bisa diberlakukan untuk semua, tandas Dr. Rexford Ahima, profesor kedokteran dari University of Pennsylvania sekaligus co-peneliti dari jurnal terbitan Science tahun 2013.

BMI juga tidak memperhitungkan jumlah dan distribusi lemak tubuh yang penting untuk mengukur risiko seseorang terhadap berbagai penyakit kronis. Pasalnya, orang kurus mungkin saja tetap punya perut buncit atau diabetes. Dan pada beberapa kasus, postur badan tinggi besar, seperti binaragawan (yang bisa terlihat seperti kelebihan berat badan berkat massa ototnya), tidak selalu berarti buruk; banyak orang yang memiliki berat badan di atas “normal” dinyatakan sehat. Selain itu, angka BMI yang rendah mungkin diakibatkan oleh penyakit tertentu atau faktor usia lanjut.

BMI juga gagal untuk memperhitungkan perbedaan etnis dan jenis kelamin (wanita cenderung memiliki massa lemak lebih banyak daripada pria), usia, tingkat aktivitas fisik, komposisi tubuh (berapa banyak perbandingan otot dan lemak tubuh), dan ukuran pinggang (lingkar pinggang di atas rata-rata adalah indikator lain dari obesitas dan risiko penyakit terkait). Jadi, misalnya, sebagai wanita, bahkan jika indeks massa tubuh Anda termasuk dalam kategori normal, Anda masih bisa memiliki persentase lemak tubuh yang tinggi. Artinya, BMI tidak sepenuhnya mewakili diagnosis menyeluruh dari kesehatan tubuh dan risiko penyakit seseorang. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter tentang risiko dan kekhawatiran Anda mengenai kondisi kesehatan terkait dengan berat badan Anda.

Kalau sudah tahu berapa indeks massa tubuh kita, apa yang bisa dilakukan?
Jangan hanya terpaku pada BMI dan angka di timbangan berat Anda. Perhatikan pula massa otot dan lingkar pinggang guna memberikan rangkuman yang lebih komprehensif tentang kesehatan general tubuh Anda sesungguhnya. Tubuh setiap orang berbeda, maka dari itu BMI tidaklah sempurna untuk perhitungan universal.

BMI akan berguna sebagai titik acuan jika digunakan bersama dengan alat monitor lainnya. Ambil keuntungan dari perhitungan BMI dan timbangan berat badan Anda — kemudian gali lebih dalam dengan dokter untuk memastikan apakah Anda sudah berada di jalan yang benar dalam mencapai berat badan ideal Anda.

 

Omron Karada Scan Body Composition Monitor HBF-375 HBF 375

OMRON HBF 375 Karada Scan adalah alat yang dapat secara efektif menganalisa fisik tubuh Anda mulai dari berat badan, presentase lemak tubuh, presentase lemak Subkutan, tingkat lemak Visceral, dan massa otot tubuh Anda. Alat ini bisa digunakan sebagai bagian dari program manajemen berat badan yang sedang Anda lakukan. Tampilan grafis pada monitornya dapat membantu Anda memahami hasil pengukuran dengan tepat. Ditambah lagi, OMRON HBF 375 Karada Scan juga sudah dilengkapi kemampuan menganalisa usia metabolisme tubuh Anda. Alat ini sudah dilengkapi kapasitas memori yang cukup untuk menyimpan data pengukuran untuk 4 pengguna.

Alat ini menggunakan dasar penghitungan BMI (Body Mass Index) untuk menentukan apakah berat badan Anda ideal atau tidak. BMI mendasarkan perhitungannya berdasarkan rasio antara berat badan dan tinggi seseorang. OMRON HBF 375 menggunakan informasi tinggi badan yang Anda masukan ke dalam alat dan menghitungnya dengan berat badan Anda untuk menghitung nilai rasio BMI.

Dari tabel di bawah ini Anda dapat melihat hasil pengukuran dengan status berat badan Anda, apakah normal, terlalu kurus, atau kelebihan berat badan?

 

Lemak tubuh memiliki peranan penting sebagai cadangan energi dan melindungi organ vital di tubuh. Manusia memiliki dua jenis lemak di tubuhnya yakni: Lemak esensial yang berfungsi untuk melindungi organ tubuh dan Lemak Fungsional yang dapat berupa hormone steroid, Prostaglandin, berfungsi mendistribusikan vitamin ke seluruh tubuh, dan timbunan lemak yang dapat dipakai sebagai cadangan energi. Namun di samping manfaatnya yang penting untuk tubuh, jika kadar lemak terlalu banyak justru akan membahayakan tubuh Anda. Di sisi lain kadar lemak yang terlalu sedikit pada tubuh juga dapat membahayakan kesehatan Anda. Walau distribusi lemak pada pria dan wanita berbeda, OMRON HBF 375 dapat secara akurat menunjukan perhitungan kadar lemak.

Berikut ini tabel perhitungan kadar lemak untuk pria dan wanita:

OMRON HBF 375 tidak hanya dapat mengukur kadar lemak tubuh, namun juga dapat mengukur kadar lemak Visceral yakni lemak yang biasa ditemukan di sekeliling organ vital tubuh. Kelebihan Lemak Visceral dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda dan menyebabkan penyakit kolestrol, penyakit jantung, dan Diabetes Tipe 2. Selain itu, OMRON HBF 375  dapat mengukur kadar lemak Subkutan yakni lemak yang berada di bawah kulit. Jika kadar lemak Subkutan berlebih dapat mengubah bentuk tubuh Anda. Kadar lemak Visceral berkisar pada angka 0.5 – 9.5, tinggi pada 10.0 – 14.5, dan berlebih pada angka 15.0 – 30.0.

OMRON HBF 375 juga dapat mengukur massa otot tubuh Anda (Skeletal Muscle). Otot dalam tubuh terbagi dua, yakni otot yang menempel pada organ tubuh dan otot yang menempel pada tulang yang digunakan untuk menggerakan tubuh. Pengukuran massa otot tubuh dapat meningkat seiring dengan makin seringnya Anda berolahraga atau berlatih di Gym. OMRON HBF 375 menggunakan pengukuran BI (Bioelectrical Impedance) untuk mengukur massa otot. Jaga dan kembangkan massa otot tubuh Anda agar tetap tinggi supaya Anda tidak mudah terserang Obesitas atau kelebihan berat badan.

Berikut tabel pengukuran massa otot tubuh:

Fitur lain yang ditawarkan OMRON HBF 375 adalah Resting Metabolism yakni fitur yang dapat mengukur seberapa besar asupan kalori yang Anda butuhkan melakukan kegiatan sehari-hari. Terdapat juga fitur untuk mengukur usia metabolisme tubuh (usia sel). Berdasarkan hasil Resting Metabolism, berat badan, dan kadar lemak tubuh, alat ini dapat menentukan usia metabolisme tubuh Anda. Jika usia metabolisme lebih besar dibanding usia asli berarti Anda perlu berolahraga rutin agar dapat menghindari berbagai penyakit dan mengurangi penimbunan lemak di tubuh. Namun jika usia asli Anda sama atau lebih besar daripada usia metabolisme tubuh, berarti Anda sudah menjalani hidup yang sehat.

Cara Penggunaan :

Hubungkan OMRON HBF 375 dengan baterai, kemudian atur waktu dan tanggal, lalu masukan data pribadi pengguna seperti tanggal kelahiran, jenis kelamin, dan tinggi tubuh. Gunakan alat ini setelah panel layar menunjukan angka 0.0 Kg. Pilih profile Anda. Letakan telapak kaki Anda pada panel Electrodes yang disediakan, pastikan Anda tidak menggunakan alas kaki tambahan. Angkat tuas panel layar utama dengan kedua tangan Anda, dan posisikan tangan Anda sejajar dengan sudut 90 derajat dari tubuh Anda. usahakan posisi tubuh sudah benar dan badan tidak bergoyang untuk mendapat hasil pengukuran yang akurat.

 

OMRON Karada Scan Body Compositio Monitor HBF-375 :

1. Berat Badan

2. BMI (Indeks Massa Tubuh)

3. % Lemak Tubuh & Klasifikasinya

4. % lemak subkutan/dibawah kulit & % massa otot rangka (seluruh tubuh, dada, kaki, lengan)

5. Resting Metabolis (BMR)

6. Level Lemak perut (visceral)

7. Usia Tubuh

8. Grafik kemajuan

9. Multi users – 4 orang

10. Memori sampai 90 hari yang lalu

Sangat direkomendasikan untuk Anda memiliki timbangan karada scan ini.

 

Mau Kulit Terlihat GLOWING (berseri) tanpa perlu kosmetik ?

Dengan makan makanan yang sehat, maka kulit Anda juga akan tampak glowing. Jadi tidak perlu repot-repot beli kosmetik yang mahal ya? Anda cukup perlu makan makanan yang sehat.

Jadi diet bukan MENAHAN LAPAR, tapi MENGURANGI MAKANAN PADAT KALORI dengan TETAP MAKAN MAKANAN YANG SEHAT dan RENDAH KALORI!

Telah dibaca :39

Author

Purba Kuncara

Wordpress Fan & Radio Broadcasting. Founder KLIKHOST.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *