Penyebab Global Warming dan Cara Menguranginya

Global Warming atau pemanasan global sudah menjadi issue penting dalam 2 dekade terakhir ini. Peristiwa peningkatan suhu pada atmosfer bumi yang di timbulkan oleh efek rumah kaca. Penyebab Global Warming sendiri bukan lain adalah ulah dari manusia. Adanya global waming ini menjadikan bumi semakin panas, udara pada siang hari tidak seperti panas yang sebelumnya.

Beberapa Penyebab Pemanasan Global

1. Meningkatnya Gas Rumah Kaca

Adanya gas rumah kaca ini terjadi karena pembakaran minyak bumi. Bahan bakar batu bara dan juga pembakaran gas alam. Semua hal tersebut menyebabkan adanya pemanasan yang terpantul tidak diteruskan ke luar angkasa, tapi kembali lagi ke bumi. Gas yang paling berpengaruh adalah karbon dioksida (CO2).

2. Polusi Udara Karena Bahan Bakar Bensin

Bahan bakar mesin dari kendaraan bermotor, mobil dan kendaraan lainya menghasilkan gas karbon dioksida (CO2). Adanya gas ini menjadikan panas tidak bisa diteruskan keluar angkasa, sehingga panas akan mengendap di bumi.

3. Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca ini menjadikan panas yang berada di bumi tidak dapat dipantulkan ke luar angkasa, akan tetapi terperangkap di atmosfer. Sebenarnya efek rumah kaca ini bisa bermanfaat untuk kehidupan manusia. Tapi, jika berlebihan akan menjadikan efek pada iklim dan cuaca yang ada di bumi (climate change).

4. Adanya pengguaan CFC yang berlebihan

Perlu anda ketahui bahwa CFC ini merupakan bahan kimia yang diproduksi untuk berbagai peralatan rumah tangga seperti AC dan kulkas.

5. Adanya Penggundulan Hutan

Hutan menjadi salah satu penyadap karbon dioksida yang ada dibumi. Jika hutan sudah semakain digunduli, maka karbon dioksida juga semakin lama tidak ada yang bisa menguranginya lagi.

6. Adanya Polusi Metana Karena Peternakan, Pertanian Dan Juga Perkebunan.

Selain karbon dioksida, yang berperan paling besar dalam menyebabkan global warming adalah gas metana. Adanya gas metana ini berasal dari bakteri yang kekurangan oksigen untuk memecah bahan-bahan organik. Selain itu juga karana adanya pemupukan yang berlebihan.

Untuk menanggulangi adanya Dampak Pemanasan Global dibutuhkan beberapa hal yang bisa mengatasinya.

Beberapa cara untuk mengatasi global warming

1. Melakukan Reboisasi

Hal ini menjadi salah satu cara untuk mengatasi adanya karbon dioksida yang berlebihan. Pohon ini sangat berguna untuk penyerapan karbon dioksida. Jika pohon semakin banyak, kemungkinan adanya global warming juga bisa teratasi. Perlu Anda ketahui juga bahwa satu pohon itu bisa menyerap sekitar satu ton karbondioksida selama dia tumbuh.

2. Mengajak Orang Lain Untuk Menghemat Energi

Salah satu caranya Cara Mengatasi Pemanasan Global yaitu mematikan lampu yang sudah tidak digunakan lagi. Selain itu anda juga bisa mematikan komputer yang tidak terpakai, mematikan televisi dan video player yang tidak digunakan.

3. Membeli Peralatan Hemat Energi

Seperti halnya membeli peralatan rumah tangga, pilihlah model yang hemat energi. Contohnya anda membeli lampu LED. Lampu ini menghasilkan energi yang lebih hemat dari lampu penerangan biasa, tapi cahanya yang dihasilkan juga terang.

4. Mengurangi Kendaraan Pribadi

Sekarang sudah banyak orang yang memiliki kendaraan pribadi, bahkan satu keluarga itu bisa memiliki dua atau tiga mobil. Tidak hanya itu saja, masih ada tambahan sepeda motor juga. Nah semakin banyak kendaraan pribadi yang Anda gunakan, semakin banyak juga polusi yang akan disebabkan. Tidak hanya itu saja, kemacetan juga akan semakin terjadi.

 

Demikian tadi beberapa Cara Mencegah Global Warming yang bisa anda lakukan mulai dari hal yang terkecil. Hemat energi listrik dan juga energi lainnya. Jika bukan kita yang memulainya siapa lagi? Kita semua butuh kesadaran akan hal ini untuk menciptakan bumi yang bisa ditinggali dengan nyaman bagi generasi mendatang.

Rerefensi : https://uniteforchange.com/en/blog/climate-change/global-warming-difference/

342 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: