Ukuran Kabel Listrik Sesuai Beban Arus Yang Dilewati

Jika Anda menggunakan alat-alat yang membutuhkan watt listrik yang besar, sedang Anda hanya menghubungkannya dengan kabel listrik yang tidak memadahi, maka yang terjadi adalah kabelnya lama-lama panas. Panas inilah yang menyebabkan pemborosan energi listrik. Bukan hanya itu, bahkan hal ini bisa memicu terjadinya hal yang sangat berbahaya, yaitu KEBAKARAN akibat panas ataupun ngefong. Untuk itu, gunakan kabel yang sesuai dengan arus yang akan dilewati.

Berikut ini adalah beberapa merk kabel standar SNI :
1. Supreme << the best menurut orang listrik
2. Kabelindo
3. Tranka
4. Metal

Ukuran kabel dan batas pemakaian yang aman menurut pengalaman;
1.Kbel 1,5 mm=1300watt/6A
2.Kbel 2,5mm=2500watt/10A-16A
3.Kbel 4mm=5000watt/25A-32A
4.Kbel 6mm=7000watt/32A-40A
5.Kbel 10mm=10.000watt/50A-70A.dst

Ada baiknya Anda menggunakan kabel yang melebihi beban yang dilewati agar lebih aman dan mengantisipasi jika terjadi penambahan daya listrik ke depannya. Misalnya jika beban 5000 watt, maka ada baiknya jika Anda menggunakan ukuran kabel 10mm supaya lebih bagus.

 

Jenis-jenis kabel
Kabel listrik adalah media untuk menyalurkan energi listrik. Sebuah kabel listrik terdiri dari isolator dan konduktor. Isolator adalah bahan pembungkus kabel yang biasanya terbuat dari karet atau plastik, sedangkan konduktor terbuat dari serabut tembaga atau tembaga pejal.

Kemampuan hantar sebuah kabel listrik ditentukan oleh KHA (kemampuan hantar arus) yang dimilikinya dalam satuan Ampere. Kemampuan hantar arus ditentukan oleh luas penampang konduktor yang berada dalam kabel listrik.

Sedangkan tegangan listrik dinyatakan dalam Volt, besar daya yang diterima dinyatakan dalam satuan Watt, yang merupakan perkalian dari : “Ampere x Volt = Watt”

Pada tegangan 220 Volt dan KHA 10 Ampere, sebuah kabel listrik dapat menyalurkan daya sebesar 220V x 10A = 2200 Watt.

 

1. KABEL N.Y.A

Di masyarakat, kabel ini dikenal dengan istilah KABEL ENGKEL. Biasanya digunakan untuk instalasi rumah dan sistem tenaga. Dalam instalasi rumah, digunakan ukuran 1,5 mm2 dan 2,5 mm2. Berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, dan seringnya untuk instalasi kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. Kabel tipe ini umum dipergunakan di perumahan karena harganya yang relatif murah. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air dan mudah digigit tikus.

Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup, sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.

Berbicara mengenai konduit, pengertiannya adalah suatu selubung pelindung. Ada yang berupa pipa besi, tetapi yang paling umum digunakan adalah pipa PVC/paralon (tetapi berbeda dengan pipa PVC untuk air). Konduit ini selain bertujuan melindungi kabel dari gangguan luar, juga untuk memudahkan dalam hal pekerjaan penggantian atau penambahan kabel, karena hanya tinggal ditarik atau didorong saja. Bandingkan bila kabel tersebut ditanam dalam tembok tanpa konduit, tentu akan butuh pekerjaan tambahan berupa pembongkaran tembok.

Karena itu, sesuai tujuannya penggunaan konduit sebenarnya tidak terbatas pada jenis kabel NYA saja, tetapi bisa dipakai untuk kabel NYM atau NYY.

 

2. KABEL N.Y.M

Digunakan untuk kabel instalasi listrik rumah atau gedung dan sistem tenaga. Kabel NYM berinti lebih dari 1, memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Jadi seperti beberapa kabel NYA yang dijadikan satu dan ditambahkan isolasi putih dan selubung karet.

Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis (isolasi PVC dan selubung karet), sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA) dan lebih kuat. Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam.

Pemasangannya pada instalasi listrik dalam rumah bisa tanpa konduit (kecuali dalam tembok sebaiknya menggunakan konduit seperti yang dijelaskan sebelumnya). Kabel ini dirancang bukan untuk penggunaan di bagian luar (outdoor). Tetapi penggunaan konduit sebagai pelindung bisa juga dipertimbangkan bila ingin dipasang di luar ruangan. Harganya yang jelas lebih mahal dari tipe kabel NYA.

 

3. KABEL N.Y.Y

Memiliki lapisan isolasi PVC ganda (biasanya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYY dipergunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah), dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus.

Karena lebih kuat dari tekanan gencetan dan air, pemasangannya bisa untuk outdoor, termasuk ditanam dalam tanah. Kabel untuk lampu taman dan di luar rumah sebaiknya menggunakan kabel jenis ini. Harganya tentu lebih mahal dibanding dua jenis kabel sebelumnya.

 

Kuat Hantar Arus (KHA)

Kabel listrik mempunyai ukuran luas penampang inti kabel yang berhubungan dengan kapasitas penghantaran arus listriknya. Dalam istilah PUIL, besarnya kapasitas hantaran kabel dinamakan dengan Kuat Hantar Arus (KHA).

Ukuran kabel dan KHA-nya sebaiknya kita pahami dengan baik untuk menentukan pemilihan kabel yang sesuai dengan kapasitas instalasi listrik rumah kita. Besar kapasitas daya listrik dalam suatu instalasi listrik rumah berhubungan dari berapa besar langganan listrik dari PLN. Dalam hal ini adalah berapa besar rating MCB yang terpasang di kWh meter. Besarnya KHA kabel harus lebih besar dari rating MCB, karena prinsipnya adalah MCB harus trip sebelum kabelnya terkena masalah.

Arus listrik yang melebihi KHA dari suatu kabel akan menyebabkan kabel tersebut menjadi panas dan bila melebihi daya tahan isolasinya, maka dapat menyebabkan rusaknya isolasi. Kerusakan isolasi bisa menyebabkan kebocoran arus listrik dan akibatnya bisa fatal seperti kesetrum pada manusia atau bahkan mengakibatkan terjadinya kebakaran.

Faktor lain dalam menentukan pemilihan kabel dengan KHA-nya adalah mengenai peningkatan kebutuhan daya listrik di masa depan. Bila dalam beberapa tahun ke depan ternyata ada penambahan daya listrik langganan PLN, tentu lebih baik sedari awal dipersiapkan kabel dengan ukuran yang sedikit lebih besar untuk mengakomodasi peningkatan kebutuhan daya listrik ini sehingga menghindari pekerjaan penggantian kabel. Tetapi perlu diperhatikan juga bila umur kabel ternyata sudah melewati 10 tahun. Pada kasus ini, pemeriksaan kondisi kabel dengan lebih teliti sebaiknya dilakukan untuk memastikan kabel masih dalam kondisi baik.

PUIL 2000 memberikan ketentuan mengenai besarnya diameter dari penghantar kabel dan maksimum KHA terus-menerus yang diperbolehkan pada kabel tipe NYA, NYM dan NYY.

%image_alt%

Besar kabel di atas dalam ukuran mm2, jadi itu adalah luas penampang, bukan diameter. Untuk mencari diameter kabel, Anda harus menggunakan rumus matematika. Misalnya untuk luas penampang 4 mm2, maka diameternya sebesar 2,25mm. Sedang untuk luas penampang 10 mm, maka diameternya sekitar 3,5 mm.

Disarankan pemakaian kabel selalu menggunakan conduit/pipa paralon (PVC) untuk lebih aman dan menghindari gigitan tikus. Serta setiap jalur yang ditarik selalu menggunakan pembatas / MCB (mini cirkuit breaker) berfungsi sebagai pemutus arus apabila terjadi korsleting dan beban yang berlebih. Untuk jalur/tarikan yang banyak di harapkan menggunakan panel supaya aman dan terbagi rapi.

(Box Panel yang berisikan MCB, arrester, VU meter dll)

Agar terhindar dari arus petir melalui PLN, sebaiknya dipasang arrester yang dihubungkan dengan grounding yang bagus.

Telah dibaca :60794

Incoming search terms for the article:

,ukuran kabel listrik 1300 watt,ukuran kabel listrik dan kekuatannya,ukuran kabel listrik,ukuran kabel,https://purbakuncara com/ukuran-kabel-listrik-sesuai-arus-yang-dilewati/,standar ukuran kabel instalasi listrik rumah,ukuran kabel nym,ukuran kabel untuk daya 900 watt,ukuran kabel berdasarkan ampere,kabel standar pln,ukuran kabel nyy,kabel instalasi listrik standar pln,tabel ukuran kabel 3 phase,ukuran kabel 3 phase,ukuran kabel NYA,tabel ukuran kabel listrik vs ampere,dimensi kabel 4x16 mm,25 ampere 3 phase berapa watt,kabel tanam ukuran 3x4,Gambar kabel sni dan ukuran,tabel daya untuk penggunaan mcb 1 phase,akibat ukuran kabel yg beragam pada menginstal,jenis kabel dan ukuran buat beban 4000 watt,tabel kabel,ukuran standart kabel pln,ukuran SNI kabel untuk rumah,jenis ukuran kabel,kabel ukuran penampang 2 5 sampai berapa ampere,Kekuatan kabel ampere,tabel daya dan ukuran kabel,ukuran kabel sr daya 23000,ukuran beban kabel 4x10,standar ukuran kabel,ukuran kabel ganda isi tunggal listrik standart PLN,kabel buat 25 ampere,ukuran kabel listrik 4x4,standar kabel listrik yang diterapkan di indonesia,ukuran kabel beban 35mm

12 thoughts on “Ukuran Kabel Listrik Sesuai Beban Arus Yang Dilewati

  1. Cara untuk menentukan besarnya kabel penghantar dari sebuah genset dan jarak dari genset ke perumahan tersebut sangatlah jauh. Tolong kasih masukan gan untuk menentukannya.

    [Reply]

  2. Terima kasih infonya sangat bermanfaat gan.

    Ada yang ingin saya ketahui, apakah Panjang kabel dan suhu lingkungan mempengaruhi kapasitas kabel tersebut.

    Jika Ya, sampai berapa turunya ampere kapasitas kabel tersebut ?

    [Reply]

Tinggalkan komentar