BisnisKepemimpinan

Perbedaan 5 Generasi Dalam 1 Abad Terakhir

Kita saat ini hidup di jaman yang serba cepat dan modern. Hal ini juga turut andil dalam menciptakan generasi baru yang berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Pola pikir dan karakter setiap generasi ditentukan oleh berbagai faktor.

Setidaknya ada 5 generasi yang ada dalam kurun waktu 1 Abad terakhir ini. Termasuk generasi yang manakah Anda?

#1 Baby Boomers (Lahir Pada Rentang Tahun < 1960)
Generasi ini terlahir pada masa-masa dimana berbagai perang telah berakhir, sehingga perlu penataan ulang kehidupan dan banyak keluarga yang memiliki banyak anak.

Di samping itu, perekonomian dan pertumbuhan penduduk sedang mulai meningkat. Adat istiadat masih dipegang teguh dan bahasa slank belum berkembang.

Orang-orang pada masa itu masih cenderung “kolot” dan sangat matang dalam pengambilan keputusan.

Karakteristik Khusus pada generasi ini adalah  : Anti peperangan, Anti pemerintah, menganggap bahwa tak ada yang tak mungkin, menjunjung kesetaraan hak dan kesempatan, sangat setia kepada keluarga (terutama anak-anak – familyman), dapat mempengaruhi orang lain, optimis dan ambisius, fokus pada pengembangan diri, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, berorientasi pada kelompok.

Lingkungan Kerja yang Disukai adalah : Hierarki perusahaan cenderung datar, demokratis, memberikan kesempatan yang sama pada para pekerjanya, suasana hangat dan ramah di kantor, mengharapkan semua pekerja menjadi workaholics, tidak menyukai konflik, tidak suka dengan perubahan, cenderung menghakimi saat merasa tidak sependapat dengan rekan kerja, Self–centered, mementingkan kualitas dalam bekerja, mementingkan efisiensi kerja

Dalam hal berkomunikasi, suka berbicara ’empat mata’ dibandingkan melalui telepon atau email, saat ditanya akan menjawab seperlunya dan berharap ditanya lebih lanjut. Tidak suka dengan manipulasi bahasa dan diplomatis.

Generasi Baby Boomers cenderung tidak suka menerima kritik. Uang dan pengakuan dari lingkungan adalah target mereka. Gengsi menjadi urutan pertama dalam kehidupan sosial.

Pandangan akan pekerjaan dan kehidupan pribadi para Baby Boomers tidak seimbang, dimana generasi ini menganggap bahwa hidup untuk bekerja. Namun demikian, loyalitas dan dedikasi dalam bekerja menjadi poin positif bagi Baby Boomers.

Bagi Anda yang terlahir sebagai Generasi Baby Boomers, tentunya Anda sedang menikmati masa-masa-masa pensiun, bukan?

#2 Generasi X (Tahun Kelahiran 1961-1980)
Generasi ini cenderung suka akan risiko dan pengambilan keputusan yang matang akibat dari pola asuh dari generasi sebelumnya, Baby Boomers.

Generasi ini terlahir pada masa-masa adanya gejolak dan transisi serta menyaksikan berbagai konflik global seperti Perang Dingin, Perang Vietnam, jatuhnya Tembok Berlin. Generasi ini cenderung lebih toleran, menerima berbagai perbedaan yang ada.

Selain itu, dari segi teknologi informasi, generasi ini mulai mengenal yang namanya komputer, sehingga generasi ini mulai berpikir secara inovatif untuk mempermudah kehidupan manusia.

Karakteristik Khusus dari generasi ini adalah : mandiri, pragmatis, mementingkan kesinambungan, menyenangkan, berpikiran luas, suka dengan keragaman, memiliki jiwa pengusaha, memiliki ekspektasi kerja tinggi, ebih menyukai pekerjaan yang tidak formal, cenderung skeptis

Lingkungan Kerja yang Disukai oleh generasi ini adalah : Suasana kantor yang tidak kaku, jenjang karier yang jelas dan cepat, suasana kantor dengan cara kerja yang efisien dan fleksibel, informasi yang jelas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan manajemen perusahaan, tidak menyukai kekuasaan dari pihak tertentu, tidak suka dengan persyaratan kerja yang kaku, tidak sabar, sinis, menolak aturan, tidak memiliki prospek jangka panjang.

Etika Dalam Bekerja : Skeptis, mandiri, bekerja pintar – efisiensi cara dan waktu – dengan hasil yang bagus. Menyukai struktur yang jelas dalam perusahaan. Meminimalisir pekerjaan

Komunikasi : Tidak suka berbasa-basi. Daripada penjelasan melalui personal chat, generasi ini lebih suka melalui email. Cara berkomunikasi yang informal. Suka berbicara lugas dan langsung pada inti pembicaraan

Generasi X sangat terbuka dengan kritik dan saran agar lebih efisien dalam bekerja. Pandangan mereka adalah bekerja untuk hidup, bukan hidup untuk bekerja sehingga kehidupan antara pekerjaan, pribadi, dan keluarga cenderung seimbang.

#3 Generasi Y – Generasi Millennial (Tahun Kelahiran 1981-1994)
Di era ini, selain komputer sudah menjamur, ditambah lagi dengan berkembangnya video games, gadget, smartphones dan setiap kemudahan akan fasilitas berbasis computerized yang ditawarkan serta kecanggihan internet, membuat Generasi Y menjadi suatu generasi yang mudah mendapatkan informasi secara cepat.

Pola pikir dan karakter generasi ini dapat dikatakan generasi penuh ide-ide visioner dan inovatif untuk melahirkan generasi yang memiliki pengetahuan dan penguasaan IPTEK.

Bagi Anda yang saat ini menginjak usia 20-30 tahun, tentunya Anda adalah Generasi Y dan kini sedang dalam masa akhir perkuliahan dan memasuki dunia kerja. Manfaatkan usia Anda untuk segera memiliki perencanaan keuangan yang mapan sebagai persiapan menuju usia 30 an.

Karakteristik Khusus generasi Y adalah : Realistis, disiplin, mementingkan prestasi kerja, penuh keinginan, memiliki kepercayaan diri yang baik, memanfaatkan teknologi, suka dengan perbedaan, memiliki toleransi yang tinggi.

Lingkungan Kerja yang Disukai : Suasana kerja yang kekeluargaan, fleksibilitas, selalu memberikan tantangan baru, kolaborasi antara rekan kerja yang baik

Dalam bekerja : pekerja keras, berekpektasi tinggi, bematuhi deadline, membutuhkan struktur yang jelas dalam bekerja, berorientasi pada cara kerja, lembur bukan masalah besar, tempat kerja adalah rumah kedua, ambisius dan multitasking, selalu mencari tantangan, suka membangun usaha sendiri, giat dan ulet bekerja.

Ketika hal yang diperbincangkan sangat serius, lebih baik bicara empat mata walaupun diawali dengan chat personal. Meski sopan, namun tidak suka dengan pembicaraan dengan gaya serius.

Generasi Y cenderung bertanya dan meminta kritik serta saran untuk kemajuannya. Mereka menganggap bahwa rewards terbaik adalah perasaan ketika pekerjaannya dinilai berarti bagi hal-hal tertentu.

Keseimbangan gaya hidup dan pekerjaan menjadi hal yang paling penting bagi mereka Generasi Y. Karenanya, mereka cenderung mencari pekerjaan yang dapat menunjang gaya hidup. Jika tidak, mereka cenderung berhenti dari pekerjaan tersebut.

#4 Generasi Z (Tahun Kelahiran 1995-2010)
Generasi ini adalah peralihan dari Generasi Y dimana teknologi sedang berkembang. Pola pikir mereka cenderung serba ingin instan.

Namun masih belum banyak yang dapat disimpulkan karena usia mereka saat ini masih menginjak remaja. Kehidupan mereka cenderung bergantung pada teknologi, mementingkan popularitas dari media sosial yang digunakan.

#5 Generasi Alpha (Tahun Kelahiran 2010-Sekarang)
Generasi ini adalah lanjutan dari generasi Z dimana mereka sudah terlahir dengan teknologi yang semakin berkembang pesat. Di usia mereka yang sangat dini, mereka sudah mengenal dan sudah berpengalaman dengan gadget, smartphone dan kecanggihan teknologi yang ada.

Selain itu, kebanyakan mereka terlahir dari keluarga dengan masa Generasi Y yang juga terlahir pada masa-masa awal perkembangan teknologi.

Pola pikir mereka yang terbuka dengan perkembangan serta transformatif dan juga inovatif akan mempengaruhi perkembangan anak-anak generasi Alpha.

Dengan menyadari setiap perbedaan generasi, kita dapat semakin mengenal pola pikir, karakteristik dan bahkan paradigma hidup masing-masing. Anda dapat saling memahami dan memaklumi setiap kelebihan bahkan kekurangannya.

Telah dibaca :296

Tinggalkan komentar