Home Kedokteran, Kesehatan Minum Obat Tepat Waktu Dengan Menggunakan Aplikasi Smart Waker
KedokteranKesehatan

Minum Obat Tepat Waktu Dengan Menggunakan Aplikasi Smart Waker

Meminum obat, apalagi OBAT ANTIBIOTIK, maka harus TEPAT WAKTU agar bisa membunuh kuman dengan tuntas. Jangan sampai misalnya harus minum 3 kali sehari, maka obatnya diminum pagi, siang dan sore… Yang betul jika 3 kali sehari, maka 24 jam dibagi 3, yaitu per 8 jam. Misalnya : jam 8 pagi, jam 4 sore dan 12 malam.

Ada orang yang karena kelupaan minum antibiotik, misal siang harusnya minum, maka malamnya dia dobel minum antibiotik. Itu berbahaya!!! Obat kalau kelebihan dosis bisa jadi racun, apalagi jika indeks terapinya sempit.

Antibiotik harus diminum dalam jangka waktu yang ditentukan oleh dokter, misal harus dihabiskan dalam 5 atau 7 hari. Jangan sampai karena merasa sudah enakan, baru 2 hari obatnya dihentikan. Ini akan menyebabkan kumannya jadi KEBAL atau resisten.

Ada pula orang-orang tertentu yang karena “merasa pintar”, maka ketika sakit tenggorokan langsung meminum antibiotik amoxiclav. Dan setiap kali sakit apa, dia selalu minum antibiotik yang sama. Hal ini akan menyebabkan kuman jadi kebal. Harusnya tidak boleh menggunakan antibiotik tanpa ada indikasi atau resep dokter. Dan penggunaan antibiotik harusnya diselang-seling, artinya tidak boleh hanya satu jenis itu-itu saja yang dipakai. Tujuannya agar kuman tidak resisten. Makanya penting bagi dokter untuk membaca riwayat rekam medis pasien untuk membaca obat apa saja yang pernah digunakan. Misalnya : 3 bulan yang lalu sakit dan diberi antibiotik X. Maka ketika sakit berikutnya dan memerlukan antibiotik, maka bisa diberikan antibiotik Y.

Kebetulan anak pertama saya saat ini batuk-batuk sudah 1 bulan. Saya pikir itu alergi, karena batuknya paling sering hanya saat pagi hari saat masih tidur. Setelah diperiksakan ke dokter spesialis THT, ternyata ada infeksi di sinusnya. Maka harus minum antibiotik. Agar saya tidak kelewatan memberikan obatnya, maka saya buat alarm dengan menggunakan aplikasi android “Smart Waker”. Aplikasi ini sangat membantu sekali.

Anda bisa menginstalnya di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.smartwaker

Pengobatan adalah kerjasama antara dokter dan pasien. Maka dari itu, penting untuk meminum obat sesuai anjuran yang telah ditetapkan.

Selamat mencoba!

Telah dibaca :159

Author

Purba Kuncara

Wordpress Fan & Radio Broadcasting. Founder KLIKHOST.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *