Gejala Kanker Usus Besar

Kanker usus besar adalah jenis kanker yang dimulai di usus besar (kolon). Kanker usus besar kadang disebut kanker kolorektal, yang merupakan istilah yang menggabungkan kanker usus besar dan kanker rektal, yang dimulai di rektum. Usus besar adalah bagian akhir dari saluran pencernaan.

Kanker usus besar dapat terjadi di bagian manapun dari usus besar. Pemeriksaan seluruh usus besar dengan menggunakan selang panjang dan fleksibel yang dilengkapi dengan kamera (kolonoskopi) merupakan salah satu cara untuk mendeteksi kanker usus besar dan polip.

Kanker usus besar biasanya menyerang orang dewasa yang lebih tua, meski bisa terjadi pada usia berapa pun. Biasanya dimulai sebagai gumpalan sel kecil yang tidak bersifat kanker (jinak) yang disebut polip yang terbentuk di bagian dalam usus besar. Seiring waktu beberapa polip ini bisa menjadi kanker usus besar.

Polip mungkin kecil dan menghasilkan sedikit gejala. Untuk alasan ini, dokter merekomendasikan tes skrining rutin untuk membantu mencegah kanker usus besar dengan mengidentifikasi dan menghilangkan polip sebelum berubah menjadi kanker.

Jika kanker usus besar berkembang, banyak perawatan yang tersedia untuk membantu mengendalikannya, termasuk pembedahan, terapi radiasi, dan perawatan obat, seperti kemoterapi, terapi target, dan imunoterapi.

Gejala kanker usus besar

  1. Perubahan kebiasaan buang air besar yang terus-menerus, termasuk diare atau konstipasi atau perubahan konsistensi tinja
  2. Pendarahan dubur atau darah di tinja Anda
  3. Ketidaknyamanan perut yang terus-menerus, seperti kram, gas, atau nyeri
  4. Perasaan bahwa usus Anda tidak benar-benar kosong
  5. Kelemahan atau kelelahan
  6. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Banyak orang dengan kanker usus besar tidak mengalami gejala pada tahap awal penyakit. Saat gejala muncul, kemungkinan akan bervariasi, tergantung pada ukuran dan lokasi kanker di usus besar Anda.

Kapan harus ke dokter ?

Jika Anda melihat gejala terus-menerus yang membuat Anda khawatir, buatlah janji dengan dokter Anda.

 

Sumber : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/colon-cancer/symptoms-causes/syc-20353669

264 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: