Cara Murah Mengecilkan Perut Buncit

Januari 8, 2014

Anda mungkin tersasar ke artikel ini karena salah baca sebagai “Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit“. Ya memang artikel ini juga membahas cara murah dan mudahnya mengecilkan perut buncit.

Memang perut buncit ini masih jadi masalah bagi banyak orang, terutama bagi ibu-ibu yang ber-KB atau laki-laki yang terlalu banyak duduk dan kurang olahraga. Kalau dibiarkan terus tentunya tidak akan baik bagi kesehatan.

Bagaimana cara agar perut buncit / njembling bisa kecil ?

Mungkin dari Anda sudah membeli alat treadmill yang harganya 5 juta ke atas, atau rajin datang ke fitness center. Tapi kok ga kecil-kecil ya perutnya???

https://i0.wp.com/i.imgur.com/wB13hsQ.png

Gambar di atas adalah treadmill di rumah yang jarang saya pakai… Karena 5 menit saja sudah bener-bener bikin capek dan bosan… Apalagi kondisi rumah yang sepi…*Arrggghhhh ALASANNNN SAJA!!!!* 🙂

Memang jogging di treadmill, apalagi yang manual, jauh lebih capek dibanding dengan jalan biasa. Lebih berat karena dibuat menanjak terus. Itulah yang terkadang bikin jadi tidak teratur dan cepat bosan. Akibatnya perut juga tidak kecil-kecil.

Daripada Anda keluar mahal-mahal untuk membeli treadmill, ada baiknya Anda baca terus artikel ini.

Nah, mungkin pula Anda sudah mencoba cara instant dengan membeli supplement seperti susu maupun tablet yang harganya berjuta-juta juga. Ini memang bisa menjadi solusi “sementara” bagi Anda yang tidak mau berolahraga. 2 bulan pertama mungkin akan turun berat badannya dan perutnya kimpes (mengecil), tapi setelah supplement berhenti, maka berat badan akan kembali seperti semula bahkan lebih naik lagi.

 

Betul-betul, saya sudah melakukan dua hal di atas, dan saya stress sekarang. Saya butuh solusi yang mudah, murah serta jangka panjang. Kasi saya solusi!!!

Tenang dulu…. Yang kita fokuskan adalah pada PERAMPINGAN PERUT / PENGECILAN PERUT. Jangan fokus pada penurunan berat badan karena malah akan membuat Anda frustasi. Buatlah diet Anda senyaman dan semudah mungkin hingga Anda sangat senang melakukannya. Tentu Anda sudah tahu bahwa otak manusia cenderung mendekati kenikmatan dan menjauhi penderitaan.

Dalam penurunan berat badan, yang kita mau turunkan adalah lemak tubuh, bukan air atau massa otot. Menurunkan lemak harus dengan cara dibakar.  Pembakaran lemak bisa dengan olahraga dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Masalahnya ketika orang sudah rajin olahraga, terkadang lupa menjaga asupan kalori makanannya. Makannya sembrono, semua dilahap, dan kurang istirahat.

Jadi ada 3 yang harus dilakukan :

1. Rajin olahraga untuk membakar lemak, terutama lemak pada PERUT

2. Atur pola makan (diet gisi seimbang dan bervariasi) sesuai kebutuhan kalori sehari-hari

3. Istirahat yang cukup (jam 10 malam – 5 pagi harus istirahat)

Untuk 3 hal di atas, kita memang harus disiplin. Inilah resolusi saya tahun 2014, yaitu mendisplinkan diri saya hingga berat badan turun 25 kg. Dulu memang sudah pernah turun berat badannya, tapi karena malas sekali berolahraga, akhirnya naik lagi… Jadi saya pernah mengalami seperti yang Anda alami 🙂

1. Olahraga teratur

Ya, aturan pertama adalah olahraga teratur untuk membakar lemak. Selain membuat berat badan turun, juga membuat kita lebih bugar.

Olahraga yang murah dan mudah adalah jalan kaki. Murah karena anda tidak perlu membeli alat atau obat, cukup jalan kaki / jogging, tanpa perlu berlari-lari. Jalan santai …

Jam 4.30 pagi Anda bangun, buka mata terlebih dahulu, minum air putih, buka leptop dulu barangkali ada email yang masuk semalam 🙂  Atau baca-baca renungan dan doa.

Jam 5 berangkat ke gunung atau tempat yang biasa dibuat untuk jogging… Kenapa harus di tempat yang biasa untuk jogging ? biar anda ada temannya sehingga lebih menyenangkan 🙂

https://i2.wp.com/img849.imageshack.us/img849/6628/rnhh.png

Bagus kan pemandangannya ?? masih alami… Ada suara burung-burung dan hewan lainnya… Oke banget deh.

https://i1.wp.com/img197.imageshack.us/img197/3149/wbr0.png

Dua orang di atas adalah mertua saya. Istri saya tidak menemani karena sedang hamil 6 bulan.

Lakukan jogging ini secara rutin setiap hari.. Ga usah lama-lama, cukup 1 jam saja…

 

2. Pola makan yang teratur

Ada ibu-ibu yang rajin setiap hari berolahraga di tempat jogging di atas… Sudah bertahun-tahun… Tapi kok tetep gemuk ya??? Apanya yang salah ini ??

Olahraga saja masih gemuk begitu, apalagi ga olahraga? Mungkin lebih gemuk lagi 🙂

Nah, yang sering kita lupakan adalah mengatur pola makan. Percuma olahraga kalau asupan kalori kita tetap berlebih.

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya Anda kurangai dan hindari  :

– Makan goreng-gorengan

– Makanan bersantan (Sayur lodeh, nasi padang)

– Minuman manis (kopi/teh manis)

– Mie instant (gizinya kurang)

 

Dan yang harus Anda tambah adalah :

– Sayur-sayuran secara bervariasi setiap hari (berganti-ganti menu)

– Nasi merah / oat (berserat tinggi dan menurunkan kadar lemak tubuh)

– Minum air putih 3 liter/hari.

 

3. Istirahat yang teratur

Jam 10 malam harus sudah tidur biar badan bisa istirahat.

 

Cobalah 3 hal di atas selama 3 bulan dulu secara intenst dan disiplin. Jika Anda lolos, maka badan akan terasa enteng, lebih sehat, perut jadi kempes, tidak gampang ngantukan. Dan itu akan jadi kebiasan atau gaya hidup Anda.

Sekali lagi, cobalah selama 3 bulan …. Kalau tidak berhasil, silahkan datang kembali ke sini

Selamat mencoba aturan angka 3 di atas!

Telah dibaca :29970

2 Responses to “Cara Murah Mengecilkan Perut Buncit”

  1. Saya memiliki masalah yang sama dengan bang kuncara sampai sekarang perut saya buncit kayak badut di mall kebanyakan. hehehe. terimakasih untuk tipsnya ya bang kuncara dan sukses selalu dan jangan pantang menyerah. Ayo semangat.

    [Reply]

  2. Kalo untuk berhenti / mengurangi merokok ada tips dok ?

    [Reply]

Leave a Reply