Tips mengatasi rasa malas

Mungkin Anda sudah sering membaca artikel dengan judul seperti ini. Tapi ijinkan saya untuk berbagi sekali lagi tentang mengatasi kemalasan versi saya untuk kehidupan sehari-hari.

Kebetulan di rumah saya belum ada pembantu. Jadi kadang-kadang harus dilakukan sendirian. Sebagai contoh ketika membuang sampah di dapur untuk dibuang ke depan. Rasanya malas sekali … Apalagi saya orangnya tidak suka dengan sesuatu yang kotor.

Suatu ketika istri saya marah-marah dan bilang : “pa, buang sampah itu ga sampai satu menit juga selesai!!!”

Saya orang yang mau belajar memperbaiki diri. Dari situ saya pelajari bahwa ternyata kemalasan itu bisa diatasi dengan berubah pola pikir atau mindset.

Ada lagi ketika malam hari menjelang tidur, malas banget kan kalau harus cuci muka, kaki, tangan, gosok gigi dan ganti baju tidur? Apalagi kalau sudah ngantuk banget pulang dari luar rumah langsung tepar di tempat tidur.

Padahal penting sekali lo melakukan ritual seperti itu untuk masa tua kelak. Ga mau kan waktu tua giginya ompong ?

Tapi mengerti saja bahwa itu baik untuk dilakukan ternyata tidak cukup untuk mengubah perilaku kita.

Saya bagikan sekarang rahasia ini ke Anda. Jika Anda suka malas untuk gosok gigi, mandi dll, bujuk otak Anda dengan mengatakan : “ah, ga sampai satu menit saja lo… Ayo lakukan”. Ketika otak berhasil dibujuk dengan kesenangan atau hal yang mudah dan tidak menyakitkan, maka seketika otak memerintahkan anggota tubuh untuk bergerak.

Otak manusia cenderung mendekati kenikmatan dan menjauhi kesengsaraan. Pegang hal ini.

Trik seperti ini bisa Anda aplikasikan untuk mengatasi kemalasan Anda yang lain.

Tiga kali anda lakukan hal yang sama secara berturut-turut, maka akan jadi PERILAKU. Dan dari perilaku ini akan menjadi KEBIASAAN.

Jika sudah menjadi kebiasaan, maka Anda telah berhasil mengatasi kemalasan tersebut.

Selamat mencoba!

Telah dibaca :28839

1 thought on “Tips mengatasi rasa malas

  1. Saya sependapat dengan bang kuncara. dengan kata lain saya asumsikan sendiri bahwa ;
    1. Bila ada hal sekecil apapun bila bisa dikerjakan sendiri, kerjakanlah jangan sampai menunggu atau menunda mengerjakannya besok, besok lusa, besoknya lagi…!
    2. Bila Untuk apa kita minta bantuan kepada orang lain bila hal ingin kita kerjakan masih sanggup mengerjakannya toh kita tidak sibuk sama sekali. Bila sibuk waktu yang tidak memungkinkan merupakan keabsahan mutlak kita minta bantuan mereka tentunya kita berikan imbalan yang pantas. Maap bila ada kurang berkenan,bang kuncara. Minta tegurannya kalo ada 🙂

    [Reply]

Tinggalkan komentar