Cara Mudah Membersihkan AC Split di Rumah dan Kantor Secara Mandiri

April 10, 2017

Menjadi generasi Z dengan semboyan “do-it-yourself” memiliki banyak manfaat bagi Anda. Salah satunya adalah menghemat pengeluaran Anda secara signifikan. Ingin menjadi generasi mandiri yang mampu melakukan semua pekerjaan sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain? Mulailah dari hal-hal yang paling sederhana. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memilih peralatan elektronik yang awet dan mudah dirawat, sehingga Anda tidak perlu memanggil teknisi saat akan membersihkannya. Dengan berbagai macam pilihan desain dan harga AC, Anda harus cermat memilih AC dengan desain yang efektif dan mudah perawatannya.

Dengan berbagai macam pilihan desain dan harga AC, pilih AC dengan bentuk segitiga yang memiliki filter AC lebih lebar dan mudah dibuka, sehingga filter AC dapat dengan mudah dibersihkan sendiri tanpa perlu memanggil teknisi. AC Anda tetap dingin karena mudah dibersihkan dan Anda pun dapat hemat sampai 600 ribu Rupiah per tahunnya.

Dengan tingkat polusi yang sangat tinggi di Indonesia, membersihkan filter AC secara teratur merupakan hal yang sangat penting. Karena jika tersumbat, performa AC Anda akan menurun. Hal itu bisa ditandai dengan AC yang bersuara, kurang dingin dan lebih boros listrik. Dan jika Anda memanggil teknisi untuk selalu melakukan hal ini, pengeluaran Anda bisa membengkak. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara membersihkan filter AC Anda sendiri.

Selain tumpukan debu yang tampak kasatmata dan bau apek yang keluar dari AC, suara berisiknya juga mengindikasikan bahwa AC Anda sudah waktunya dibersihkan. Walau begitu, AC yang tetap beroperasi seperti biasa dan tidak menunjukkan tanda apa pun, tidak selalu berarti bersih. Idealnya, AC perlu dibersihkan 3-6 bulan sekali untuk pemakaian wajar 6-12 jam sehari.

Di sisi lain, seringkali kita merasa privacy sedikit terganggu dimana AC indoor yang terpasang di ruang – ruang pribadi kita, seperti kamar tidur, ruang kerja pribadi, ruang keluarga harus dibersihkan oleh teknisi atau tenaga ahli di bidang perawatan AC. Terkadang harus ada perabotan rumah tangga anda yang harus di geser agar teknisi lebih leluasa melakukan pembersihan AC di rumah Anda.

Terlepas dari itu semua, agar hal ini tidak terjadi, ada baiknya sebelum anda memasang AC baru sebaiknya anda pertimbangkan letak atau lokasi terpasangnya AC indoor Anda. Usahakan dipasang di daerah yang mudah dijangkau oleh petugas perawatan AC tanpa harus menggeser perabotan rumah tangga Anda.

Jika  Anda memiliki waktu luang dan keinginan untuk belajar, ada solusi lain yang bisa Anda ambil untuk mengatasi masalah privacy anda tersebut, yaitu dengan mempelajari Cara Mudah Membersihkan Sendiri ( Perawatan ) AC Di Rumah Anda. Jika Anda berminat, Anda bisa terlebih dahulu menyaksikan video tutorial berikut ini yang berisi tentang langkah – langkah yang harus anda lakukan untuk proses Membersihkan Sendiri ( Perawatan ) AC Di Rumah anda. Selamat menyimak…

Berikut Uraian Singkat Tentang Cara Mudah Membersihkan Sendiri ( Perawatan ) AC Split Di Rumah Anda

Membersihkan AC rumah hanyalah memerlukan kemauan saja dan Anda pasti dapat melakukannya. Tidak banyak peralatan yang diperlukan. Membersihkan atau menyemprot AC rumah tangga hanya memerlukan semprotan air bertekanan saja, bahkan tidak perlu dengan tekanan tinggi, yang penting bisa disemprotkan.

Pada umumnya pemilik AC takut terjadi kerusakan saat menyemprotkan air ke outdoor maupun indoor. Padahal sebenarnya outdoor di desain sedemikan rupa sehingga air tidak akan masuk ke sistem kelistrikan. Bahkan banyak diantara mereka menyemprotkan air bertekanan saat AC masih hidup, dan jelas akan muncrat airnya kalau baling-balingnya tengah berputar 🙂

Kemungkinan lain alasan orang-orang tidak mau membersihkan AC sendiri adalah tidak mau ribet dengan plastik yang biasanya dimasukkan ke indoor ac ruangan saat disemprot air bertekanan. Padahal sebenarnya bagian indoor tidak harus disemprot air bertekanan. Dengan membersihkan filter juga sudah cukup, karena filter AC sangat lembut dan rapat, maka debu tidak akan masuk ke kipas blower. Sehingga plastik panjang untuk menutup indoor sebenarnya nyaris tidak diperlukan.

Sebelum anda membersihkan filter udara indoor, maka Anda buka dahulu tutup indoor sebelah atas. Tutup indoor ini dapat dibuka dengan menarik sedikit karena hanya dikunci dengan sistem klem.
Ambil filter udara indoor dan bersihkan dengan air. Saat membersihkan filter udara indoor, disarankan jangan disikat karena terbuat dari bahan plastik lembut yang mudah robek. Cukup disemprot dengan air bertekanan rendah saja. Setelah itu bersihkan perangkat AC indoor anda dengan kuas agar debu – debu yang menempel di kipas blower bisa di bersihkan.

Sekarang giliran membersihkan bagian outdoor. Namun untuk berjaga jaga sebaiknya matikan AC dan cabut stop kontak biar aman. Langkah selanjutnya semprot dengan air bertekanan ( tidak perlu tinggi ) hingga bersih pada baling-balingnya.

Sangat gampang bukan ????

Apa ?? Masih takut ?? Bingung ???

Okay, simak terus pembahasan di artikel ini…

Membersihkan AC rumah tangga tidak perlu terlalu sering, cukup 3-6 bulan sekali sudah cukup. Kecuali jika rumah anda dipinggir jalan yang ramai, banyak debu. Dengan membersihkan AC rumah anda sendiri, paling tidak anda dapat menghemat biaya dan tentu saja menambah pengalaman dan keahlian Anda bukan? Biaya pembersihan AC di Kota Kediri Jawa Timur sebesar Rp. 50.000,-. Ya cukup lumayan sebenarnya.

 

Cara Kerja Teknisi AC Profesional

Secara teknis, teori membersikan AC yang di lakukan para teknisi profesional sangat gampang sekali. Anda bisa mempelajari, siapa tahu ini menjadi inspirasi bagi anda untuk mengambil profesi ini sebagai mata pencaharian alternatif Anda.

Sebelum mencuci AC kita harus mempersiapkan alat – alat yang diperlukan, yaitu sebagai berikut :

Alat yang diperlukan :

  1. Tangga Lipat
  2. Obeng untuk membuka tutup indoor
  3. Catcher ( Alat untuk menyemburkan air / untuk mencuci ) + selang
  4. Plastik penutup Indoor
  5. 2 buah timba, pertama untuk menampung kotoran saat membersihkan AC indoor, dan yang kedua berisi air bersih untuk disemprotkan menggunakan catcher
  6. Kanebo (untuk membersihkan air yang tersisa di indoor setelah dibersihkan)
  7. Kabel listrik / stop kontak minimal 10 meter

Sebelum memulai proses pencucian, kita harus mempersiapkan alat terlebih dahulu yang digunakan untuk mencuci yaitu mempersiapkan catcher, caranya adalah sebagai berikut :

Cara untuk mempersiapkan Catcher :

  1. Siapkan catcher dengan cara mengeluarkan dari kotaknya
  2. Pasang pipa besar di tempat yang telah tersedia
  3. Pasang pipa putih/pipa kecil di atas pipa besar tersebut
  4. Pasang pipa untuk menyedot air dari dalam bak
  5. Sambungkan catcher dengan aliran listrik

Setelah mempersiapkan catcher, maka cucilah AC tersebut. Cara mencucinya ada 2, yaitu mencuci indoor dan outdoor. Caranya adalah sebagai berikut :

Cara mencuci Indoor :

  1. Matikan AC dan cabut kabelnya dari sumber listrik.
  2. Baca buku petunjuk AC Anda untuk mengetahui cara melepas dan cara membersihkan filter AC tersebut.
  3. Lepaskan dulu casing nya, lalu buka casing dari indoornya
  4. Sebelum mencuci, pasang plastik sesuai area semprot anda agar tidak kotor pada temboknya. Anda juga harus menutupi bagian komponen pcb dengan sebuah kantung plastik, agar air tidak mengenai komponen pcb, karena apabila air mengenai komponen PCB akan mengakibatkan kerusakan dan ac split tidak akan berfungsi/mati total.
  5. Lepas filter AC, lalu bilas di bawah aliran air. Jika sangat kotor, cuci dengan sabun cuci piring cair, seperti Sunlight, kemudian bilas hingga kotorannya luruh.
  6. Keringkan filter di tempat teduh tanpa menjemurnya di bawah terik matahari.
  7. Cucilah indoor dengan cara ke atas kebawah  untuk mencegah fin (jaring – jaring Refrigatornya tidak membengkok )
  8. Kalau sudah bersih, maka tutup lagi indoornya. Lalu bersihkan sisa air dengan kanebo
Mesin catcher / steam yg merknya terkenal dapat secara otomatis ke posisi off bila pada ujung spray gun ditutup. Tapi bila mesin steam anda tidak otomatis, saya sarankan pada waktu pencucian AC, anda meminta bantuan seseorang untuk mengoperasikan mesin steam dan menambahkan air kedalam bak yg susut karena terhisap oleh mesin steam. Lakukan penyemprotan pada evaporator bagian atas dulu, lalu turun kebagian bawah dan lakukan berulang-ulang sampai evaporator bersih dari kotoran dan lumut.
untuk itu pergunakan selang yg panjangnya 50 cm yg diameternya lebih kecil dari lubang pembuangan air, agar selang dapat masuk ke lubang pembuangan air dan semprotkan selang tersebut agar kotoran/lumut yg berada pada selang pembuangan air dapat dibersihkan/dikeluarkan.
setelah bagian evaporator dibersihkan, beralih kebagian blower yg berada dibawah evaporator. Lakukan penyemprotan sampai air yg mengalir keluar melalui terpal menjadi bening/bersih.
lakukan lagi penyemprotan pada bagian evaporator dan bagian blower sampai benar-benar indoor unit menjadi bersih.

Cara mencuci Outdoor :

  1. Cucilah outdoor menggunakan catcher dengan cara ke atas kebawah agar fin pada outdoor tidak membengkok. Semprotkan bagian condenser (kipas) yang dipenuhi oleh debu, cuci outdoor sampai debunya bersih. Kalau kipas ditutupi debu tebal dan menghitam, itu artinya outdoor sangat kotor.
  2. Setelah outdoor dinyatakan bersih, lalu nyalakan AC dan bersihkan sisa air yang menetes di lantai.

Sangat Mudah Bukan???

Selalu bergantung pada teknisi untuk melakukan perawatan AC Anda? Saatnya berubah!!! Jadilah generasi mandiri yang dapat melakukan semuanya sendiri. Hemat pengeluaran Anda hingga 600 ribu Rupiah per tahun dengan cara membersihkan filter AC Anda sendiri secara teratur. Mudah dan hemat, tunggu apa lagi? Anda pun pasti dapat melakukannya.

 

Sumber :

  1. http://distributorbanradial.com/elektronik/mengapa-anda-tidak-belajar-mencuci-ac-rumah-sendiri/
  2. http://panduanservice.com/service-ac/

Incoming search terms for the article:

,cara mencuci ac,membersihkan blower ac split,bentuk plastik untuk cuci indor ac split,cara bersihkan aircon,cara membersihkan ac outdoor,cara membersihkan ac split indoor,cara membersihkan kipas AC

Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com

Leave a Reply




Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com