Cara Mengatasi Air Bocor Keluar di bagian Indoor AC

Agustus 19, 2017

Indoor AC Anda keluar air  ??? Wah ternyata banyak juga yang mengalami hal ini ya… Jadi jangan kuatir dan jangan terlalu risau. Anda harus membaca artikel ini agar tidak jadi KORBAN oknum tukang AC yang NAKAL. Karena sesungguhnya Anda bisa menangani sendiri, atau setidaknya Anda tahu penanganannya agar tidak tertipu oleh ulah tukang AC yang nakal. Jangan sampai Anda kena tipu seperti yang saya alami.

Berikut ini pengalaman saya saat salah satu AC kamar meneteskan air :

Istri saya memberitahukan bahwa AC kamar anak saya keluar airnya, sehingga harus dikasi ember agar airnya tidak membasahi tempat tidur. Kebetulan ACnya dipasang di atas tempat tidur.

Sebenarnya saya tahu cara menanganinya, tapi saya belum ada waktu untuk membetulkan sendiri. Mengingat juga berat badan saya yang lumayan berat, jadi takut tangganya ga kuat.. hehehe. Akhirnya istri saya telfon tukang AC yang sudah beberapa kali mencuci AC saya. Kata tukang ACnya, itu terjadi karena kurang freon. Jadi saat datang, orangnya sudah bawa tabung freon. Saya cek tertulis freonnya R32. Weitttt… AC saya ini R410A atau R32 ya? saya kok ya ga terlalu memperhatikan… hmmm

Setelah tukang AC datang, ia langsung menuju indoor AC, lalu mengecek. Saya disuruh istri untuk mengawasi, tapi rupanya tukang AC ini sepertinya kurang komunikatif, saya tanya tapi tidak mau jawab. Kesel deh ketemu tukang AC yang model begini. Dan saya ini orang yang malas berhadapan dengan orang seperti itu.

Setelah ia membersihkan pipa buangan indoor, lalu saya tinggal sebentar keluar. Tahu-tahu, dia sudah mengecek tekanan freon di outdoor, dan katanya sudah menambah tekanan freon. Hah ???? Saya tanya, ini berapa bayarnya ??? Katanya R32 mahal, 200rb. Saya cek di online, rata-rata 250rb. Oke deh. Setelah ia selesai, lalu saya tanya : “kenapa kok harus isi tekanan freon lagi? apa ada kebocoran??”. Katanya, setiap tahun pasti akan menurun tekanan freonnya. Tadi dicek 70 kurang, seharusnya 120. Karena males berdebat, ya sudah dibayar saja.

Setelah ia pulang, saya cek lagi, ternyata AC saya menggunakan freon R410A. Berarti dia tadi bohong bahwa sudah mengisi freon. Kalaupun diisi, kemungkinan bisa rusak. Lalu saya telfon : “Pak tadi tabungnya R32 kok diisikan ke AC saya yang harusnya R410A??”. Jawabnya : “Iya, itu tabungnya memang R32, tapi isinya R410A”. Saya rasa dia berbohong. Saya awalnya percaya, masak mana mungkin bulan puasa begini kok dia berani berbohong, batal kan puasanya ? Eh ternyata setelah saya tanyakan ke pembantu saya, rupanya dia tidak puasa. Wah, pantes! Mungkin lagi kejar setoran sebelum lebaran.. hehehe

Bapak/ibu, sebagai pengguna AC, Anda sebaiknya memahami cara kerja AC, apa itu freon yang digunakan, cara perawatan dll. Jenis freon AC ada tertulis biasanya di bagian bawah indoor maupun outdoor. Jadi kalau ada tukang AC yang bawa tabung freon R32, sementara AC Anda menggunakan freon R410A, berarti dia NGIBUL!!! Jangan mau jadi korban penipuan seperti saya.

Setelah saya tanyakan ke temen-temen, apakah sering terjadi hal seperti ini? ternyata tukang AC yang nakal itu memang cukup banyak. Dan modus “isi tekanan freon” ini adalah MODUS LAMA!!!

Ada seorang teman saya punya pengalaman, ada tukang AC yang bilang : “Pak, saya tambah ya tekanan freonnya???”. Lalu ia jawab : “La kenapa??? ga usah!!!”. Makanya harus diawasi kalau ada tukang AC, biar tidak tiba-tiba dia meminta uang 200rb untuk menambah tekanan freon tanpa konfirmasi kita.

 

Apakah tekanan freon bisa berkurang ???

Freon AC harusnya tidak berkurang, kecuali ada kebocoran pipa. Yang kemungkinan rusak duluan justru unit OUTDOOR yang sudah kelelahan. Umumnya baru rusak setelah 10-20 tahun. Kalau unit outdoor rusak, mending beli AC baru saja, ga usah dibelikan sparepartnya.

 

Lalu kenapa bisa keluar air di unit indoor ?

Hal ini sesungguhnya tidak selalu berhubungan dengan freon. Hal itu umumnya terjadi karena saluran pembuangannya buntu tertutup lendir. Jadi cara mengatasinya ya harus dibuka tutup indoornya, lalu dicari lubang pembuangannya, ditiup atau disedor menggunakan selang.

Jadi kalau Anda tahu bahwa ternyata itu permasalahannya dan Anda tidak bisa mengatasinya, tinggal panggil tukang ACnya untuk membersihkan salurannya. Biayanya 50rb. Dan bilang dari awal kalau tidak usah menambah tekanan freon. Ingat ini! Kalau AC sudah tidak bisa dingin lagi, baru deh menambah freon, dan tentu saja harus dicari penyebabnya dimana. Kalau AC sudah dibersihkan filternya, tapi masih tidak dingin, mungkin ada kebocoran di pipanya.

Jika AC Anda keluar air dan suhunya juga tidak bisa sedingin dulu, disertai terbentuknya bunga es, umumnya hal ini terjadi karena tekanan freon yang turun. Pada kondisi ini membutuhkan pengisian tekanan freon (menambah tekanan freon ya, bukan mengganti isi freon!). Tapi perlu diingat :

  1. Perhatikan jenis freon AC Anda. Cocokkan dengan tabung refrigant yang dibawa oleh tukang AC.
  2. Minta pengukuran tekanan pada waktu sebelum dan sesudah harus DIFOTO!

Kalau tekanan freon turun, maka akan terbentuk bunga es pada pipa karena udara membeku di sekitar pipa. Kotor pada kondensor atau evaporator, bocor, atau kompresor udah mulai turun kinerjanya.

Untuk AC dengan freon R22, tekanan freon normal rata-rata pada AC normal biasanya berkisar antara 70 – 90 PSI.

Untuk AC dengan freon R410a dan R32 : Rata-rata normalnya berkisar antara 120 – 140 PSI.

Jika freon sudah berada dalam tekanan tersebut, maka AC Anda tidak memerlukan pengisian freon.

Klo keluar es nya berarti bocor dan mesti tambah tekanan freon. Tapi harus dibuktikan dulu dengan pengukuran yang bisa Anda lihat sendiri dan harus dicari penyebab kebocorannya dimana. Untuk mencari penyebab kebocoran memang terkadang rumit jika pipa ada di atas plafon.

Freon Tidak Perlu Ditambah tekanan, seharusnya

Sebenarnya freon itu lama sekali habisnya dan tidak perlu sering-sering isi, kecuali kalau bocor, biasanya di selangnya mampet, baru ganti selang saja. AC nggak dingin ternyata mampet di selang, akhirnya cuma ganti selang saja. Kalau tukang AC lain pasti diisi freonnya deh.

Ada tukang AC yang nakal, tiap bersihin ac mesti isi freon. Umumnya korbannya adalah perempuan yang kurang paham tentang AC.
Memang adakalanya pipa pipa di indonesia gak kuat, jadi suka bocor. Apalagi kalo pipanya bawaan dari proyek apartment. Tukang pasang AC yg baik akan menunjukkan ke customer kalau tidak ada kebocoran dg cara ngasi air sabun. Kalau ada kebocoran pasti akan ada gelembung di luar pipa
Kalau sempat diisi tanpa dikuras freon dan olinya, biasanya nggak sampai setahun bakal rusak kompressornya, karena komposisi freon/oli nggak sama…Kalau soal tekanan freon, pura2 ngukur, tapi malah dikeluarin freonnya, gampang banget, kaya ngempesin ban sepeda, tinggal tekan pin pakai obeng..

Kecuali bisa menunjukkan lokasi kebocoran, dan bisa diperbaiki sebelum kuras dan isi freon..
Biasanya kalau disuruh tunjukin lokasi kebocoran, gelagapan cari-cari alasan lain..

AC 1PK sd 2 PK rata-rata tekanan 60 sd 80, jadi kalau tekanan 120 berarti sdh diatas 3 PK. Tukang AC seperti ini berikutnya tak usah dipakai lagi.

Disebabkan terjadinya kondensasi(pengembunan).Kondensasi terjadi krn temp. udara di mulut (sisi keluar udara) indoor sesuai dgn titik embun udara ruang.Ini kemungkinan disebabkan adanya penyumbatan pd mulut indoor

Indoor unit kadang mengeluarkan tetesan air atau ’berkeringat’. Tapi bila sampai terjadi kebocoran, berarti ada yang kurang beres dengan AC Anda. Hal ini bisa disebabkan karena AC kotor sehingga mengganggu saluran pembuangan air. Penyebab lainnya adalah karena posisi indoor yang tidak rata atau posisi saluran pembuangan air kurang baik. Bila semuanya sudah diperiksa tapi kebocoran tetap ada, berarti terjadi kerusakan pada saluran penampungan air.

Ketika ac split dioperasikan, 15 menit kemudian air menetes dari bawah sisi indoor unit (ac split dalam kondisi normal/dingin) talang air/selang pembuangan air pada indoor unit sudah penuh dengan lumut, cuci ac dengan mesin steam.

Pada ac split yg menggunakan evaporator leter L, berarti mempunyai dua talang air yaitu diatas yg menyatu pada body indoor unit dan satunya berada dibawah yg bisa anda lepaskan dari indoor unit.
bila talang air yg dibagian bawah sudah dibersihkan tetapi yg atas tidak dibersihkan kebocoran air masih saja tetap terjadi.

Seperti sudah kita ketahui bahwa kandungan udara atmosfer terdiri dari 20.9% O2 (Oksigen), 79% N2 (Nitrogen –>sifatnya dingin), sisanya CO2 (karbondioksida) dan gas yang lainnya. Di dalam atmosfer juga terdapat kandungan molekul2 air (H2O), kita bisa mengukur kandungan air tersebut dengan alat dewpoint meter. Semakin tinggi derajat pengukuran berarti semakin banyak kandungan molekul air nya.
Ketika udara melewati coil pendingin terjadi penurunan suhu. Pada proses pendinginan ini kerapatan molekul2 air tsb menjadi sangat rapat dan menjadi terkondensasi atau membentuk menjadi air. Karena berat air menjadi lebih besar dari udara maka air terpisah ke bawah dan dialirkan menuju selang pembuangan, biasanya di bungkus jadi satu dengan pipa freon kemudian di buang agar menghindari kerusakan pada unit pendingin atau indoor. Jika saluran pembuangan tersumbat karena kotoran, maka air ini akan keluar melalui indoor AC.

AC mengeluarkan udara dingin (kering)
Karena udara mengalami kondensasi di dalam sistem AC, maka udara yang keluar dari indoor mengalami penurunan kadar molekul air atau yang disebut udara kering. Inilah yang keluar dari sistem AC ke dalam ruangan.

Kebocoran air pada unit Indoor AC sering terjadi akibat tersumbatnya aliran pembuangan air dari AC. Penyebab tersumbatnya adalah adanya kotoran debu yang mengeras dan menggumbal pada alur aliran air pembuangan.

Cara mengatasi lubang drain air yang tersumbat tersebut adalah dengan melakukan penyemprotan pada bagian lubang pembuangan air pada indoor AC.

Netesnya air bisa juga terjadi akibat tersumbatnya aliran indoor AC pada bagian belakang indoor, untuk menanggulangi tersumbatnya aliran AC pada bagian belakang di sarankan untuk melakukan “pencucian besar “ mencuci dengan menurunkan semua bagian indoor AC. Untuk melakukan hal ini tentunya harus di lakukan oleh seorang teknisi AC. Karena akan ada proses pelepasan pipa pada sambungan di indoor.
Sebagai langkah awal anda bisa melakukan penyemprotan pada bagian lubang depan indoor.

Langkah-langkah menyemprot pipa pembuangan air dari atas (unit indoor AC) adalah sebagai berikut:

1. Cabut steker listrik untuk menghindari konslet .

2. Buka Cassing  AC indoor.

3. Cari lubang drain air, lalu pasang selang kecil sebagai alat untuk menyemprotkan tekanan air.

4. Semprot atau tiup selang dengan menggunakan air

5. Ulangi beberapa kali sampai yakin kotoran yang menyumbat sudah bersih. Bila kita lihat pipa drain di bawah akan terlihat gumpalan kotoran yang menyumbat lubang pembuangan air.

6. Setelah selesai lalukan pemasangan cassing indoor seperti semula.

Experience is the best teacher
Referensi :
https://www.accalls.co.id/blog/ac-bocor-air-di-indoor-ini-solusinya/
http://dutaserviceac.com/cara-mencegah-ac-bocor-air/
http://www.ciriseo.net/2017/01/cara-mengetahui-ac-bocor-keluar-air.html
http://www.ekamas.co/?p=456
https://teachintegration.wordpress.com/hvac-forum/basic/pengecekan-tekanan-refrigeran-pada-pendingin-udara-ruangan/
https://www.accalls.co.id/blog/mengapa-ac-membeku-dan-menimbulkan-bunga-es/
https://www.accalls.co.id/blog/bunga-es-di-pipa-ac-ini-penyebabnya/

Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com

Leave a Reply




Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com