Cara Menampilkan Compliance Test di Ubiquiti (UBNT)

Agustus 12, 2017

UBNT atau ubiquiti merupakan produk yang mudah digunakan, dibanding kompetitor sekelasnya seperti mikrotik. Bisa disetting lewat web browser dengan menu yang mudah dipahami. Tapi sayangnya, ada kendala pada besarnya power dbm jika Country dipilih Indonesia. Maka dari itu, kebanyakan orang memilih Country United State agar bisa menggunakan power maksimal.

Setelah Country dipilih United State, kendala berikutnya adalah keterbatasan lebar frekuensi. Padahal di daerah tertentu, sangat banyak interferensi, sehingga dibutuhkan super channel.

NOTE: Sebelum Anda membaca lebih lanjut, tutorial ini tidak bermaksud untuk membuat Anda melanggar undang-undang yang ada di Indonesia, tapi hanya sebagai referensi saja. Jika Anda tetap melakukannya, tanggungjawab dan risiko tetap ada di tangan Anda!

Di versi yang lama, kendala di atas bisa diatasi dengan cara memilih Country yaitu Compliance Test. Compliance Test memungkinkan kita memilih frekuensi yang lebih lebar dan power maksimal. Tapi sayangnya, setelah update firmware versi terbaru, yaitu AirOS versi 5.x.x dan 6.x.x, Compliance Test tidak ditampilkan lagi.

Manfaat Compliance Test Pada Ubnt

Compliance Test ini diperlukan untuk mempermudah saat melakukan pointing. Karena saat ini sudah banyak sekali jaringan wireless bertebaran di kota- kota bahkan sudah sampai masuk desa yang nantinya semakin banyak pengguna frekuensi maka akan berdampak pada radio kita interfensi. Nah batasan inilah yang dibuat ubnt agar tidak terjadi interferensi sesama radio akses point kita. Jadi pemilihan frekuensi juga sangat penting dalam terjadinya interferensi tersebut. Saya mengalami banyak kasus interferensi salah satunya adalah pada pengaturan frekuensi dan juga power dbm nya. Jadi pilihlah frekuensi yang sedikit mungkin kemungkinan dipakai radio lain agar tidak mudah terjadi interferensi.

 

Cara Memunculkan Compliance Test di Ubiquiti yang sudah di update

Seperti yang saya katakan tadi bahwa update terbaru firmware yang dikeluarkan ubiquiti berbeda sama versi sebelumnya. Untuk versi terbaru yaitu XM-v5.5.8 sampai dengan XM-v5.5.10 pada semua produk air OS nya. Dan versi terbaru inilah yang banyak dikeluhkan para pemain rt rwnet atau teknisi jaringan internet. Karena mereka merasa kesulitan dalam menggunakan radio tersebut. Masalah ini berdampak pada sulitnya melakukan koneksi antar radio ubiquity. Karena tidak adanya pemilihan Compliance Test pada pilihan country. Sedangkan untuk versi dibawahnya masih terdapat fitur Compliance Test pada pilihan country.

Nah jadi solusinya jika ingin radio ubiquiti saling terhubung pada firmware XM-v5.5.8 , XM-v5.5.9 , dan XM-v5.5.10 berikut solusinya :

Langkah awal :

– Pastikan kalian telah miliki tool remote seperti PUTTY. Jika belum punya silahkan Download disini
PUTTY || DOWNLOAD
– Selanjutnya tinggal remote radio via IP Adressnya dengan pilihan SSH
– Apabila ip anda masih default berarti ya masukkan 192.168.1.20 port :22

Putty UBNT

Putty UBNT

– Open, nanti akan ada pemberitahuan tinggal YES aja
– Login sesuai dengan radio anda. Apabila masih default ya tinggal masukkan user : ubnt dan pass : ubnt
– Kemudian pada console SSH ketikkan command berikut ini :
– Ada beberapa perbedaan untuk memunculkan Complience test.

Untuk Memunculkan Compliance Test pada Firmware XM-v5.5.8

seperti dibawah ini. Anda tinggal copy paste aja.

echo “radartool cactime 1000″ > /etc/persistent/rc.poststart
echo “echo ‘

atau bisa juga dengan command dibawah :

n’ >> /etc/ccodes.inc” >> /etc/persistent/rc.poststart
chmod +x /etc/persistent/rc.poststart
cfgmtd -w -p /etc/
reboot

Untuk Memunculkan Compliance Test pada Firmware XM-v5.5.9 dan XM-v5.5.10

touch /etc/persistent/ct
save
reboot

– Setelah proses selesai maka radio akan restart. Tunggu hingga beberapa detik sampai hidup kembali. Silahkan login melalui browser dan lihat pada pilihan Country nya.

– Selamat anda sudah berhasil memunculkan Compliance Test. Jika anda belum berhasil ulangi lagi seperti awal lagi, semoga berhasil.

Itulah tadi sekilas tentang cara memunculkan compliance test pada ubnt yang sudah di update firmware terbaru. Semoga artikel ini membantu anda sekalian dalam pemasangan jaringan wireless. Terimakasih. Saran dan kritik selalu kami terima.

Telah dibaca :630

Incoming search terms for the article:

,cara menampilkan CT pada litebeam AC,compliance test ubnt putty,ct ubnt,memunculkan compalien test pada ubnt 6 1 dg putti,Memunculkana compliance test ubiquiti

Leave a Reply