Cara Memasak Mie Instant Yang Baik dan Benar

Juni 4, 2013

Ada kalanya mungkin Anda pingin sekali makan mie instant yang berkuah. Ya, kalau sesekali sih tidak apa-apa, tapi kalau setiap hari ya sebaiknya jangan.

Selama ini kalau Anda memasak mie instant yang berkuah bagaimana caranya ? Mungkin umumnya dengan cara mengisi air ke dalam panci, memasukkan mienya, lalu menyalakan kompornya. Setelah mendidih baru ditaburkan bumbunya, diangkat, taruh ke dalam mangkok. Betul demikian ?

Atau dengan cara memasak air sampai mendidih di panci, lalu memasukkan mienya, campur dengan bumbu, lalu ditaruh di mangkok beserta airnya.

Sekarang cobalah memasak mie dengan cara yang nomer 1 di atas. Setelah mendidih, angkat dulu mienya, lalu amati air yang ada di dalam panci. Bagaimana, apakah ada sesuatu yang aneh? kuning-kuning seperti lilin ? apakah Anda mau meminum air seperti itu ?

Tenyata Mie Instant memang mengandung lilin yang tentu saja berbahaya bagi tubuh. Kandungan lilin tersebut yang membuat mie tidak lengket satu sama lain. Sementara itu tubuh kita mengalami kesulitan untuk mencerna zat lilin tersebut. Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna lilin sekitar 2 hari. Hal ini tentu saja bisa menyebabkan ganguan kesehatan pada pencernaan dan bahkan bisa berujung pada pembentukan sel-sel kanker.

Jika anda terpaksa untuk  mengkonsumsi Mie instant, maka ikuti tips berikut  cara memasak Mie Instant yang baik dan benar :

  • Masak 2 gelas air hingga mendidih di panci.
  • Ambil 1 gelas air yang sudah mendidih tersebut (atau secukupnya saja) lalu tuangkan ke dalam mangkok untuk dijadikan kuah.
  • Masukkan mie ke dalam sisa air di dalam panci tadi, dan terus masak hinga matang.
  • Setelah mie matang, angkat dan tiriskan. Taruh mie di atas penyaring lalu alirkan air bersih untuk membersihkan sisa lilinnya.
  • Setelah bersih, baru tuangkan mie ke dalam mangkok. Setelah itu baru masukkan bumbunya dan aduk-aduk hingga merata.
  • Ada baiknya jika Anda menambahkan sayuran segar berwarna hijau sebagai antioksidan alami.

Ah, ternyata ribet juga ya. Biarpun instant ternyata harus diberikan perlakuan khusus. Selain itu, mie instant juga memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secara terus menerus. Jika berlebihan maka anda bisa mengalami resiko terkena usus buntu, kanker, dan ginjal. Lagi pula, kandungan gizi, vitamin, dan protein yang terkandung dalam mie tidak bisa menggantikan nasi dan lauk pauk lengkap.

Referensi : http://www.sahabatsehat.info/2012/12/bahaya-mie-instan-bagi-kesehatan-tubuh.html

Telah dibaca :6533

Incoming search terms for the article:

,cara membuat mie gelas

One Response to “Cara Memasak Mie Instant Yang Baik dan Benar”

  1. Ternyata demikian, selama ini aku mengikuti cara yang tidak diperbolehkan, terima kasih infonya

    [Reply]

Leave a Reply