Belajar Menjadi Orang Yang Supel

Januari 28, 2018

Kemampuan untuk bisa bersosialisasi memang seharusnya dibutuhkan oleh setiap orang karena pada dasarnya kita adalah makhluk sosial yang saling bergantung satu dengan yang lain dan tidak dapat hidup sendiri. Tapi pada kenyataannya, tidak setiap orang memiliki kemampuan ini. 

Orang yang pandai bergaul atau istilahnya adalah orang yang SUPEL (luwes, pandai menyesuaikan diri/beradaptasi) tentu akan lebih disukai oleh banyak orang dan memiliki banyak teman.

Lawan kata supel adalah CUPU atau KUPER! Biasanya hal ini dialami oleh orang-orang yang mengidap inferiority (minder) dan tidak biasa bersosialisasi.

Berikut ini tips-tips agar Anda bisa menjadi orang yang SUPEL sehingga mudah diterima dan disukai oleh semua orang di sekitar Anda dan orang-orang yang baru Anda temui :

1. Rendah hati dan tidak terkesan sombong

Tidak ada rasanya yang suka bergaul dengan orang yang sombong. Biarkan orang menilai diri Anda apa adanya tanpa perlu mengumbar kehebatan atau kelebihan yang Anda miliki. Ketika ngobrol dengan orang yang kurang mampu, jangan ceritakan berapa banyak harta Anda. Ketika ketemu dengan seorang teman yang ekonominya biasa saja dan teman itu bertanya : “Naik apa tadi ke sini?”, jangan bilang terlalu jujur dan terus terang dengan mengatakan : “Naik Mobil Pajero Sport”, tetapi cukup katakan : “Oh tadi naik sepeda motor kok” sambil tersenyum ^^.

2. Suka menolong

Dalam bersosialisasi, kita juga hidup untuk saling tolong-menolong. Setiap orang tentu akan merasa terbantu jika tertolong saat sedang membutuhkan. Jadilah penolong bagi orang-orang di sekitar Anda. Ketika mereka meminjam uang dan kebetulan Anda ada, coba diberikan.. Karena Anda tidak tahu jika suatu saat nanti Anda juga akan membutuhkan uang.

3. Suka memberi

Suka memberi atau ringan tangan juga adalah sikap yang disukai banyak orang. Jangan pelit, jadilah orang yang selalu ingin berbagi berkat pada orang lain.

4. Bijaksana

Menjadi bijaksana dalam menilai atau memutuskan sesuatu sangatlah penting. Jangan menjadi orang yang plin-plan dan tidak jelas dalam mengambil keputusan. Bijaksanalah dalam bertindak.

5. Sopan dan santun

Tata krama sopan dan santun masih sangat dijunjung tinggi dalam budaya kita. Dengan selalu terapkan hal ini dalam bersosialisasi di mana pun Anda berada, maka orang lain akan lebih menghargai Anda.

6. Tidak mudah marah

Mudah terpancing emosi adalah ciri orang yang belum dewasa. Untuk itu, jangan menjadi orang yang mudah marah. Cermati dengan kepala dingin masalah yang Anda alami tanpa marah-marah. Hal ini dapat lebih memudahkan Anda dalam menyikapi dan menyelesaikan masalah.

7. Tidak suka bergosip

Menceritakan kebiasaan orang lain atau sibuk mengurusi urusan orang lain adalah kebiasaan yang tidak menguntungkan. Jangan suka bergosip jika ingin disukai orang banyak.

8. ‘Nyambung’ saat diajak berbicara

Salah satu yang membuat kita mudah disukai orang dan mudah menjadi akrab adalah ketika kita dapat ‘nyambung’ saat diajak berbicara tentang topik apapun.

9. Pintar

Ada daya tarik tersendiri dari seorang yang pintar. Tentu orang akan suka bergaul ketika kita pintar dan bukan “sok pintar”.

10. Jujur

Tidak ada orang yang menyukai seorang munafik yang suka mengumbar kebohongan. Sebaiknya Anda selalu berbicara dan bersikaplah jujur dalam bertindak.

11. Dapat menyimpan rahasia

Sangat sulit mencari teman yang dapat dipercaya. Tetapi ketika Anda dapat menjadi orang yang bisa menyimpan rahasia dan dapat dipercaya, pasti orang akan menyukai dan mempercayai Anda.

12. Tidak suka menghakimi

Banyak orang tanpa sadar sering melakukan hal ini. Niat ingin peduli justru terlihat menghakimi atau terdengar mengurusi urusan orang lain. Orang akan risih dan terganggu bahkan bisa membenci Anda akan sikap ini.

13. Sabar

Semua orang tentu suka bergaul dengan orang yang sabar. Tentu, bersabarlah seperlunya agar kesabaran Anda tidak dimanfaatkan orang yang ingin mencari keuntungan.

14. Menjadi pendengar yang baik

Setiap orang tentu akan senang jika didengarkan. Belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik, bukan yang mendominasi perbincangan… Hal ini tentu akan menimbulkan respek bagi orang lain.

 

Berikut beberapa prinsip yang bisa Anda pakai saat bergaul agar bisa menjaga perasaan orang lain :

Jangan bicara tentang hartamu dihadapan orang miskin
Jangan bicara kesehatanmu dihadapan orang sakit
Jangan bicara kekuatanmu dihadapan orang lemah
Jangan bicara kebahagiaanmu dihadapan orang yang sedang sedih
Jangan bicara kebebasanmu dihadapan orang yang terpenjara
Jangan bicara tentang anakmu dihadapan orang yang tidak punya anak
Jangan bicara tentang orangtuamu dihadapan anak yatim
Karena mereka sudah cukup terluka dengan ujiannya”
~ Imam Ali bin Abi Thalib ~

 

Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!

(Roma 12:15)

 

Slogan 3 S

Ada slogan yang bagus untuk diterapkan bagi setiap kita, yaitu : Senyum + Salam + Sapa (3S). Dan ternyata jika itu dilakukan setiap saat bertemu dengan kenalan/orang baru atau teman lama, banyak manfaatnya :
1. Tambah Sehat
2. Tambah akrab
3. Tambah berkat
4. Tambah teman
Dsb..

Bagaimana prakteknya ?

Ketika ketemu dengan orang, senyumlah, lalu kasi salam dan sapa, misal : “Selamat pagi Pak Eko”….

 

Kasihilah sesamamu seperti engkau mengasihi dirimu sendiri

Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com

Leave a Reply




Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com