RCBO : Alat anti kebakaran dan anti kesetrum listrik PLN

Mei 5, 2018

ELCB atau Earth Leakage Circuit Breaker secara fisik mirip dengan MCB pada umumnya. Namun perbedaan utama dari unit tersebut adalah membatasi kebocoran listrik ke ground yang biasanya terjadi karena seseorang tersengat listrik atau terjadi kontak dengan baja konstruksi saat pemasangan.

RCBO adalah alat proteksi terhadap bahaya sengatan listrik / arus bocor (berfungsi sebagai ELCB) sekaligus proteksi beban lebih (berfungsi sebagai MCB) dalam 1 komponen. Besarnya yg hanya sebesar 1 modul MCB membuat mudah untuk diaplikasikan sebagai modul tambahan maupun yang ingin meng upgrade MCB menjadi Berfungsi ganda.

Jadi RCBO = MCB + ELBC

 

RCBO slim (MCB + ELCB) 1P+N 30mA Schneider Merlin Gerin – DOM12522

Spesifikasi :
Proteksi beban lebih : 6, 10, 16 Ampere dst
Proteksi Arus Bocor : 30mA (untuk proteksi terhadap manusia)

  • Perlindungan terhadap beban lebih (MCB)
  • Perlindungan terhadap bahaya sengatan listrik dan arus bocor (ELCB: 30mA)
  • Perlindungan dari potensi bahaya kebakaran
  • Perlindungan terhadap hubung singkat (konslet)

Cocok untuk aplikasi distribusi akhir untuk rumah, apartemen, gedung dll.

 

 

Perbedaan Fungsi ELCB Dengan MCB Umum Serta Kelebihannya

Tadi sudah kita bahas tentang RCBO yang merupakan gabungan antara ELCB dan MCB. Lalu apa perbedaan ELCB dan MCB ?

ELCB atau Earth Leakage Circuit Breaker secara fisik mirip dengan MCB pada umumnya. Namun perbedaan utama dari unit tersebut adalah membatasi kebocoran listrik ke ground yang biasanya terjadi karena seseorang tersengat listrik atau terjadi kontak dengan baja konstruksi saat pemasangan. Unit tersebut lebih bersifat pengaman terhadap manusia dari pada sekedar pembatas besarnya arus.

Jika pada MCB, arus hanya akan diputus jika arus listrik yang melaluinya melampau rating yang tertera pada MCB, sehingga pada instalasi listrik yang besar, fungsi pengaman untuk manusia tidak banyak bermanfaat. MCB baru akan memutus listrik jika telah mencapai arus maksimal yang diijinkan. Padahal, manusia tidak akan bertahan dalam kondisi tersengat listrik hingga arus tertentu sebelum MCB bekerja.

Pada ELCB memiliki fungsi yang berbeda, yaitu mendeteksi kebocoran listrik ke ground. Bila seseorang tersetrum listrik dalam jaringan tersebut, arus akan dengan sendirinya dibuang ke tanah melalui tubuh. Fungsi ELCB adalah untuk mendeteksi kondisi tersebut.

Bila seseorang mengalami tersengat listrik, maka unit ini akan dapat bekerja dalam waktu kurang dari 0.1 detik untuk memutus arus listrik. Selain melindungi manusia, ELCB juga sangat berguna untuk melindungi peralatan yang sangat sensitif terhadap kebocoran listrik akibat kesalahan instalasi maupun kerusakan instalasi karena berbagai hal.

Dari segi harga, RCBO lebih mahal dari pada MCB umumnya, yaitu berkisar 200rb-400rb.

Perbedaan fungsi RCBO dengan MCB umum serta kelebihannya inilah yang menyebabkan unit ini menjadi standar pemasangan listrik di berbagai negara yang mengisyaratkan keamanan konsumen.

Unit tersebut sangat banyak dipasang pada instalasi umum, hotel, taman dan berbagai fasilitas umum yang mengharuskan keamanan yang lebih ketat untuk keamanan manusia.

Segera amankan listrik di rumah Anda dengan mengganti MCB di rumah dengan RCBO!

 

Cara pemasangan RCBO

Bagian atas RCBO adalah incoming dari meteran PLN, yaitu Live (+) dan Netral. Sedang bagian bawah adalah outcoming yang akan menuju ke alat-alat di rumah Anda, yang terdiri dari Live (+) dan Netral. Jangan terbalik ya…

Cara pasangnya sangat gampang!!!

 

Tes kesetrum pada manusia

Incoming search terms for the article:

,pasang rcbo dengan mcb,pemasangan rcbo

Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com

Leave a Reply