Tips Agar Sabar Melayani Pelanggan

Maret 4, 2013

Di industri jasa seperti hosting dan streaming, hampir setiap hari klikhost.com mengalami komplain. Bukan karena produknya yang bermasalah, tapi lebih karena user yang kebingungan atau melakukan kesalahan.

Misal saja ada pelanggan video streaming yang komplain. Sebelum saya meluncurkan produk video streaming, sebenarnya saya sudah menduga bahwa bakalan lebih banyak memberikan support dibanding radio streaming. Sudah bandwidthnya memakan lebih banyak, masalahnyapun akan lebih banyak.

Tapi untungnya sih ternyata produk video streaming lumayan banyak peminatnya. Jadi pengeluaran untuk sewa lisensi dan sewa server sudah hampir tertutupi.

Karena mulai banyaknya user yang menyewa layanan video streaming, maka komplainpun berdatangan. Mulai dari ada yang sering telfon, ada pula yang sering ping – ping BBM 🙂

Nah, ada kasus dimana ada seorang user sering ping – ping BBM. Jujur saja ketika memberikan support secara langsung, saya paling tidak suka kalau diping di BBM maupun di buzz di YM, karena itu kesannya seperti “memaksa”.

Tapi kali ini saya belajar sebuah kesabaran. Bayangkan jika yang ping ping itu adalah orang tua Anda atau keluarga Anda yang sangat gaptek. Bagaimana perasaan Anda jika mereka itu tidak mendapat pelayanan yang maksimal saat menyewa sebuah jasa tertentu ? Tentu Anda akan marah atau menganggap layanan itu tidak profesional.

Jadi jika Anda juga menjual jasa seperti saya ini, bersabarlah terhadap klien yang mungkin sering komplain karena kebingungan mereka. Bayangkan jika itu orang tua Anda, maka dengan sabar Anda akan membantunya.

Telah dibaca :2520

Leave a Reply