Tidak Ada Makan Siang Gratis

Maret 4, 2013

Hari ini saya bertemu dengan seorang pelanggan yang mengaku beberapa hari yang lalu coba-coba mendaftar domain .com secara gratis. Domain tersebut baru berjalan 8 hari, eh hari ini akunnya disuspend dan tidak bisa diapa-apakan lagi. Menghubungi contact support domain tersebut juga tidak dijawab-jawab. Padahal domain itu bukan untuk sekedar iseng, tapi untuk sebuah instansi. Waduh…. Maunya menghemat malah begini jadinya. Padahal sewa domain juga ga lebih dari Rp. 100.000,-/tahun.

Banyak kejadian serupa itu di Internet. Ada yang menawarkan komisi gratis, investasi gratis, tapi ujung-ujungnya tetap bayar juga. Sering hal ini mengecoh para pemula di bisnis internet.

Hal ini juga pernah saya alami 5 tahun yang lalu. Saat itu saya lagi “demam” bisnis online. Saya mencoba mengikuti program survey dimana daftarnya secara gratis. Belum sampai mau payout, saya sudah membaca di blog-blog tertentu yang membahas tentang program tersebut. Ternyata banyak yang tidak dibayar. Nah lo… Untungnya belum sampai mau payout.

Kalau ada yang bilang bahwa bisnis internet itu perlu modal sedikit, tidak perlu kerja keras… Yes, itu memang benar. Hal itu akan terjadi jika sudah expert. Tapi untuk mencapai itu semua butuh waktu dan kerja keras.

Saya sendiri per tahunnya menghabiskan biaya 100-300 juta untuk investasi di bisnis internet. Bukan uang yang sedikit menurut saya. Tapi syukur pada Tuhan, semua itu bisa tercukupi, bahkan berlebih.

Jadi sebenarnya tidak ada “makan siang gratis di internet”. Semua butuh modal dan waktu yang tidak sedikit. Tentunya jika Anda sudah bisa membangun sistemnya, maka pekerjaan Andapun akan jauh lebih ringan.

Telah dibaca :3587

Leave a Reply