Tanaman Obat Untuk Penyakit Darah Tinggi, Gula dan Asam Urat

Desember 3, 2018

Dewasa ini trend penderita darah tinggi atau hipertensi dan Diabetes (DM / Gula / Kencing Manis) terus meningkat. Bukan hanya menyerang orang Gendut (obesitas), Orang Kaya, tapi juga orang kurus dan ekonomi di bawah rata-ratapun kena. Umumnya juga disertai dengan asam urat yang tinggi.

Di artikel ini kita tidak sedang membahas bagaimana itu bisa terjadi, tentu kita semua sudah tahu bahwa sebagian besar selain memang ada keturunan yang menderita yang sama, juga penyebab paling utama adalah GAYA HIDUP yang TIDAK SEHAT. Kerja keras tanpa kenal waktu, istirahat yang kurang, makan yang tidak teratur, makan sembarangan (apa yang ada disikat saja, bahkan sayuran yang tidak fresh lagi alias BLENDRANG), tidak pernah OLAHRAGA, dan PIKIRAN YANG TIDAK SEHAT / BELUM MATANG!

Saya pernah ketemu dengan 2 orang nenek-nenek yang usianya sudah di atas 95 tahun. Saya tanya apa resepnya kok bisa tetap ke ladang, matanya masih bisa melihat dengan cukup jelas, bahkan mandinya di sungai yang jaraknya sekitar 500 meter dari rumah… Saudara-saudaranya sudah pada meninggal, sedang nenek itu hidup sebatang kara. Berikut kebiasaan-kebiasaan 2 nenek tersebut tiap harinya :

  1. Makan nasi hanya 2 sendok. Tidak berlebih.
  2. Kemana-mana jalan kaki tanpa alas kaki / sandal
  3. Pikirannya sederhana, selalu happy karena ada radio yang menemani (Saya lihat raut muka mereka yang selalu tersenyum saat diajak ngobrol).

Efek dari hipertensi / darah tinggi yang berkepanjangan (kronis) jika dibiarkan saja tanpa diobati akan bisa berakibat pada komplikasi penyakit lain, yaitu : Gagal Ginjal, Stroke (baik sumbatan maupun perdarahan), Jantung bengkak. Penyebab hipertensi sendiri salah satunya karena tingginya kolesterol dalam darah yang lama-lama akan membentuk PLAK di permukaan dalam pembuluh darah, sehingga lama-lama akan timbul sumbatan.

Berikut beberapa tips gaya hidup untuk mencegah dan mengobati hipertensi, DM dan asam urat :

Hipertensi

  • Daun kelor dibuat sayuran 2 hari sekali
  • Labu digodok
  • Mentimum digodok
  • Daun ginseng dibuat sayuran (digodok)
  • Nasi putih cukup di pagi hari saja untuk porsi setengah kepal tangan. Sedang siang bisa menggado sayuran dan buah potong, atau ditambah nasi 4 sendok saja. Untuk sore hari maksimal makan jam 6 sore, yaitu berupa nasi goreng atau makanan apapun dengan porsi setengah saja, tidak perlu sampai kenyang.
  • Bisa ditambah dengan sambel pecel dengan jumlah yang secukupnya saja (jangan berlebih, karena kacang juga bisa menyebabkan asam urat meningkat)
  • Jika tensi tiba-tiba meninggi > 180, coba resep ini : 7 daun ciplukan + 7 daun sirsak + 2 gelas air putih, direbus hingga tersisa 1 gelas. Cek tensi setelah 12 jam, jika menurun berarti Anda cocok menggunakan resep ini.
  • 1 siung bawah putih setiap hari, bisa dicampur dengan makanan

Diabetes Melitus

  • Kacang panjang mentah dibersihkan dengan cara merendam di dalam air yang diberi garam secukupnya. Kemudian dijus untuk sarapan dipagi hari.
  • Makan siang dengan buah potong (pepaya) dan jus (apel / wortel / tomat)
  • Makan sore bisa makan apa saja tapi secukupnya saja atau maksimal 1/2 porsi saja. Dan cek gula darah… Kalau memang cepat tinggi karena nasi, berarti Anda harus minum obat/suntik insulin dulu sebelum makan nasi.
  • Daun insulin / daun afrika sebanyak 7 lembar + air 2 gelas, direbus hingga jadi 1 gelas.
  • Biji rambutan disangrai, lalu dihaluskan, kemudian tambahkan air hangat hingga dingin, lalu diminum.
  • Menginjak-injak gagang sapu sambil goyang-goyang mendengarkan musik selama 15 menit atau sekuatnya, ini juga akan menurunkan gula darah dengan merangsang saraf pangkreas. Kalau ada masalah di pankreas pasti akan terasa sakit saat menginjak-injak, tapi efeknya bisa dirasakan kemudian (gula darah turun, badan jadi lebih enak).
  • Senam diabetes (bisa dilihat videonya di youtube)

Asam urat

  • Kacang panjang mentah dibersihkan dengan cara merendam di dalam air yang diberi garam secukupnya. Kemudian dijus untuk sarapan dipagi hari.
  • Daun salam direbus lalu diminum

Masih banyak tips yang akan saya tambahkan di artikel ini, tapi pada dasarnya selain menjaga POLA MAKAN, yang tidak kalah penting adalah MEMPERBAHARUI POLA PIKIR. Pola pikir bahwa sehat itu MAHAL, makanya harus DIJAGA. “Kalau saya makan ini, maka efeknya akan ini, mending ga usah berarti”…. “Kalau saya memilih makan sayur ini lebih sehat, maka saya akan makan ini”… Ini yang namanya CONSCIOUS DIET (diet sadar). Jadi tidak harus selalu kita menghindari makanan-makanan yang ENAK ya…. Makan daging boleh saja, tapi cukup dirasakan saja sedikit.. Jangan pada waktu PESTA, mumpung kesempatan (aji mumpung) mengisi satu piring isinya daging semua meski nasinya cuma sedikit. Lebih baik nasi cuma 4 sendok tapi sayurnya yang banyak dan bervariasi. Dan untuk menu sayuranpun dibuat bervariasi setiap hari agar tidak bosan dan memberikan efek terapi yang berbeda-beda.

Selain itu, juga harus disertai dengan OLAHRAGA.. Tidak harus olahraga berat, cukup yang ringan-ringan saja seperti jalan cepat 1 KM setiap hari…

Ada 3 penyebab penyakit :

  1. Tuhan ijinkan terjadi
  2. Karena ulah kita (gaya hidup)
  3. Karena penyebab di luar kita (wabah, kecelakaan, kondisi lingkungan)

Yang nomer 2 bisa kita kendalikan. Tidak selalu setiap penyakit harus dengan obat kimia (farmakoterapi), tapi juga bisa dengan non farmakoterapi, yaitu olahraga, menenangkan pikiran, menjaga pola makan dll.

 Ada 2 buah cerita untuk kita renungkan berikut ini….

“Ranjang Termahal”

Aku tahu RANJANG “termahal” di dunia adalah “RANJANG Rumah Sakit” yang tidak sanggup saya beli. Hanya boleh saya “Sewa Harian” dengan Harga yang terkadang tidak sanggup ku bayar.

Baiklah dengarkan tutur Mr. Steve Jobs dibawah ini :

Kekayaan Alm. Steve Jobs pemilik Apple Computer Rp. 67 Triliun.

Kata-kata terakhir Steve Jobs sebelum meninggal :

“Dalam dunia bisnis, aku adalah simbol dari kesuksesan, seakan-akan harta dan diriku tidak terpisahkan, karena selain kerja, hobiku tak banyak. Saat ini aku berbaring di rumah sakit, merenungi jalan kehidupanku, kekayaan, nama dan kedudukan, semuanya itu tidak ada artinya lagi.

Malam yang hening, cahaya dan suara mesin di sekitar ranjangku, bagaikan nafasnya maut kematian yang mendekat pada diriku.

Sekarang aku mengerti, seseorang asal memiliki harta secukupnya untuk digunakan dirinya saja itu sudah cukup. Mengejar kekayaan tanpa batas itu bagaikan monster yang mengerikan.

Tuhan memberi kita organ-organ perasa, agar kita bisa merasakan cinta kasih yang terpendam dalam hati kita yang paling dalam. Tapi bukan kegembiraan yang datang dari kehidupan yang mewah — itu hanya ilusi saja.

Harta kekayaan yang aku peroleh saat aku hidup, tak mungkin bisa aku bawa pergi. Yang aku bisa bawa adalah kasih yang murni yang selama ini terpendam dalam hatiku. Hanya cinta kasih itulah yang bisa memberiku kekuatan dan terang.

Ranjang apa yang termahal di dunia ini? Ranjang orang sakit. Orang lain bisa bukakan mobil untukmu, orang lain bisa kerja untukmu, tapi tidak ada orang bisa menggantikan sakitmu. Barang hilang bisa didapat kembali, tapi nyawa hilang tak bisa kembali lagi. Saat kamu masuk ke ruang operasi, kamu baru sadar bahwa kesehatan itu betapa berharganya.

Kita berjalan di jalan kehidupan ini. Dengan jalannya waktu, suatu saat akan sampai tujuan. Bagaikan panggung pentas pun, tirai panggung akan tertutup, pentas telah berakhir.

Yang patut kita hargai dan sayangi adalah hubungan kasih antar keluarga, cinta akan suami-istri dan juga kasih persahabatan antar-teman.”

HARGAI SETIAP DETIK
DALAM KEHIDUPAN KITA, ISI HIDUP KITA DENGAN PERKARA PERKARA YANG TIDAK BISA DIBELI DENGAN UANG.

 

“Ironi Kehidupan”

Di sebuah Kebun Binatang. Di pintu masuk tertulis : Tarif tiket Rp 50.000,-/orang.

Karena beberapa lama tidak ada pengunjung, maka harga tiket diturunkan menjadi : Rp 25.000,-/orang. Namun masih tidak tidak ada juga pengunjung yang datang. Akhirnya kembali ia turunkan tarif tiket menjadi hanya : Rp 10.000,-/orang. Dan tetap tidak ada pengunjung yang mau masuk!

Akhirnya ditulislah pengumuman : “MASUK GRATIS”. Dan tiba-tiba banyak orang yang berebutan masuk. Ketika pengunjung di dalam penuh, sang pawang membuka semua pintu kandang binatang buas seperti Singa, Harimau, Serigala, Ular, dsb. Pengunjung pun sontak pada PANIK ! Ketakutan ! Kemudian pintu keluar DIKUNCI.

Lalu di pintu keluar itu dia tulis : “Keluar Bayar Rp 500.000,-” Ternyata BANYAK orang berebut untuk membayar.

Inilah ironi kehidupan.

Ketika ditawarkan HIDUP SEHAT :
~ Makan yg sehat
~ Tidak merokok
~ Istirahat yg cukup
~ Olahraga, dsb
Demi menjaga kesehatan sebagai upaya pencegahan penyakit banyak orang enggan, TIDAK MAU…

Tapi kalau sudah masuk Rumah Sakit, berapapun mahal biayanya PASTI dibayar asal bisa sembuh, sekalipun harus jual ASSET dan bahkan BERHUTANGGGGG !

Jack Ma bilang :
Jika pisang dan uang diletakkan di hadapan seekor monyet, maka monyet akan memilih pisang, karena monyet tidak mengerti bahwa uang bisa digunakan untuk membeli banyak pisang. Dalam kenyataan hidup, jika uang dan kesehatan diletakkan dihadapan orang, acap kali orang akan memilih uang, karena terlalu banyak orang yang tidak mengerti bahwa kesehatan dapat berguna mendapatkan lebih banyak uang dan kebahagiaan.

Semoga tulisan ini menyadarkan kita akan sangat berharganya kesehatan…

Sumber renungan : dari broadcast whatsapp

Incoming search terms for the article:

,cara pasang 3x1 5 kabel instalasi standar pln

Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com

Leave a Reply