Kisah si jenggot dan si kumis

Alkisah ada dua orang penebang kayu bernama si jenggot dan si kumis. Mereka menghabiskan waktu yang sama di hutan. Sama-sama 8 jam sehari. Namun, dari sisi hasil, kayu si kumis selalu lebih sedikit daripada kayu si jenggot. Padahal, si kumis bekerja full 8 jam non stop menebang pohon sana-sini. Sedangkan si jenggot, tampak santai di 2 jam pertama.

 

Kenapa si jenggot yang menunda-nunda untuk menebang pohon selama 2 jam bisa dapat kayu lebih banyak ?

Ternyata si jenggot menghabiskan dua jam pertama untuk mengasah kapaknya dan sisanya baru mulai menebang pohon. Sedangkan si kumis kerja keras menebang pohon dg kapak tumpul.

 

Apa pelajaran yang bisa dipetik dari cerita di atas ?

Kapak yang diasah itu ibaratnya adalah OTAK dan KETRAMPILAN yang diasah. Diasah dengan apa ? Diasah dengan ILMU dan PENGALAMAN.

Seseorang membalas email saya : “Saya ga mau ikutan workshopnya dulu mas, mau nyiapin produknya dulu”.

Seringkali seseorang tidak bisa dengan cepat sukses karena ada masalah di MIND SET (Pola Pikir) dan MENTAL.

Mental ini merupakan penyakit yang tidak terlihat jelas tapi dampaknya sebenarnya sangat luar biasa. Karena mental, seseorang takut untuk mencoba hal-hal baru. Karena mental, seseorang tidak mau membuat usahanya berkembang semakin besar. Karena mental pula, seseorang tidak mau belajar ilmu yang lebih tinggi karena merasa masih pemula atau merasa belum siap.

Saya masih ingat tahun 2007 saya ga tahu mau bisnis apa, tapi ketika waktu itu ditawari ada sebuah seminar 2 hari fullday, saya langsung daftar. Kenapa ? karena saya ingin merubah hidup saya. Waktu itu, saya memang menghadapi masalah dengan diri saya, yaitu RASA MINDER yang BERLEBIHAN. Saya kurang bisa percaya diri, apalagi berjualan produk.. hehehe… Sebenarnya inti dari seminar tersebut hanya mengajari untuk berani berbicara di depan umum, untuk berani menyampaikan apa yang menjadi cita-cita. Dan bersyukur, apa yang saya ungkapkan saat itu, sudah mulai saya petik hasilnya dari tahun 2012. Semua ini berkat Tuhan tentunya. Nama seminar itu adalah VERTICAL LEAP.

Sebenarnya itu merupakan bagian dari investasi leher ke atas… Maksudnya adalah investasi OTAK atau pengetahuan untuk memperbaharui mindset dan menghancurkan mental blocking.

Sukses adalah bertemunya PELUANG dengan KESIAPAN. Siapkan diri Anda dengan pengetahuan, ilmu, wawasan dan pengalaman, sehingga saat PELUANG itu tiba-tiba datang, Anda siap meraihnya, bahkan Anda bisa menciptakan PELUANG. Jangan sampai kompetitor Anda yang meraihnya duluan dan Anda hanya bisa gigit jari 🙂

Seorang entrepreneur lahir tidak terlepas dari keberanian bertindak. Maka percuma saja belajar, baca buku, ikut seminar, ikut workshop, ikut mentoring JIKA TIDAK MAU PRAKTEK!

Telah dibaca :255

Tinggalkan komentar