Hindari Berteman Dengan 5 Tipe Orang Ini

Jaman dulu orang tua kita berkata “jangan pilih-pilih teman”. Konteks kalimat itu adalah jangan membedakan teman yang dari anak orang kaya dan yang miskin. Tapi dalam konteks membuat kita sukses dan bahagia, maka kita harus pilih-pilih teman, mana yang bisa membuat kita maju atau malah membuat kita mundur.

Mau jadi apa kita 5 tahun ke depan, itu ditentukan oleh 3 hal :

  1. Buku apa yang kita baca (siapa yang kita subscribe atau follow)
  2. Dengan siapa kita bergaul (yang sering kita ajak ngobrol)
  3. Kebiasaan apa yang kita lakukan sekarang

Kalau kita bergaul dengan tukang parfum, kita akan ketularan wangi. Kalau kita bergaul dengan pande besi, meski kita tidak kena apinya, kita akan kena baunya. Tapi kalau kita berteman dengan orang sombong, maka kitapun juga akan ketularan jadi sombong. Untuk itu, kita harus pilah-pilah dengan siapa kita berteman kalau kita mau sukses dan bahagia. Hal ini untuk memproteksi diri kita dari energi negatif.

Hindari 5 tipikal orang ini agar Anda bisa sukses dan bahagia :

1. Suka mengeluh

Mengeluh itu biasa ya, tapi SUKA MENGELUH itu yang tidak wajar. Apa-apa dikeluhkan. Makan di suatu tempat dibilang makannya ga enak. Makanannya enak, dibilang tempatnya yang ga enak. Makanan dan tempatnya enak, dibilangnya pelayanannya yang kurang ramah. Makanan, tempat dan pelayanan bagus, dibilangnya tempatnya jauh. Pokoknya apa-apa dikeluhkan. Selalu mencari MASALAH di setiap SOLUSI, bukan mencari SOLUSI di setiap MASALAH.

Kita itu manusia biasa yang butuh teman yang sama-sama memberikan motivasi dan membangkitkan semangat. Tapi kalau Anda berteman dengan orang yang suka mengeluh, semangat Anda juga akan naik turun. Sehingga hal itu akan menguras energi dan membuang waktu Anda saja.

2. Orang yang suka mengatur / nge-bossy

Merasa paling benar dan perfect. Semua orang diatur sama dia.

3. Orang yang ga tahu diri

Suka pinjam barang ga dibalikin. Suka pinjam uang tapi ngebalikinnya lama atau pura-pura lupa.

4. Orang yang tidak tepat waktu

Orang yang tepat waktu setidaknya dia menghargai 3 hal : menghargai waktu yang diberikan oleh Tuhan, menghargai waktunya orang lain, dan menghargai dirinya sendiri.

Kalau orang tidak tepat waktu, hal itu kemungkinan bahwa janjian dengan Anda tidaklah menjadi prioritasnya.

5. Orang yang suka gosip dan banyak drama

Orang-orang seperti ini suka kritik dan jadi pusat perhatian. Orang-orang yang suka membawa kabar gosip ke Anda, bukan tidak mungkin ia juga menggosipkan diri Anda ke orang-orang lain.

Pekerjaannya adalah mengorek-ngorek informasi lalu menyebarkan, seperti “pusat siaran radio”.

Doyan banget “menjual omongan”, sehingga kita musti hati-hati dalam berbicara dan mendengarkan orang tipe ini.

Selain itu, orang-orang yang suka bertengkar, suka melabrak orang, suka mencacat orang lain (padahal orang yang dicacat itu sudah berjasa dalam hidupnya), menghasut orang lain, menyebarkan fitnah, bukan tidak mungkin Anda juga akan jadi korban dan dibuangnya suatu ketika. Hidupnya memang penuh drama dan polemik yang diakibatkan oleh egoisme dan asumsi yang dibangunnya sendiri.

Kelima tipe di atas adalah tipe ORANG TOKSIK yang bisa meracuni jiwa Anda. Jauhi orang-orang seperti itu.

 

Hubungan pertemanan yang sehat seharusnya seperti ini :

1. Menyegarkan jiwamu

2. Mengarahkanmu ke hal positif

3. Mempertajam keahlian dan passionmu

4. Tetap mendukungmu saat suka maupun duka, saat naik maupun jatuh

 

YouTube video
109 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan komentar