Bercak Putih Pada Mulut Bayi dan Cara Mengobatinya

Oktober 28, 2017

Jika Anda menemukan bercak putih dalam mulut bayi dan sulit dibersihkan, kemungkinan adalah jamur atau dalam dunia medis disebut dengan “candidiasis oral” atau “Oral Trush”. Namun jika bercak keputihan yang Anda temukan di pipi bagian dalam, bibir, gusi, dan lidah berupa selaput tipis berwarna putih, serta hanya menutup lidah, rata, dan tidak berbercak, itu bukan jamur, tetapi bekas susu.

Candidiasis oral disebabkan oleh jamur candida. Jamur tersebut normal berada dalam mulut, usus, dan daerah genital yang lembap, serta basah. Jika jamur ini hanya berjumlah sedikit, Anda tidak perlu khawatir, karena tidak berbahaya dan tidak menyebabkan gangguan. Tetapi, jamur candida terkadang menjadi banyak, hingga dapat terlihat dengan jelas dan menyebabkan gangguan.

Jamur candida biasanya menetap selama beberapa minggu pada mulut bayi. Sementara lapisan putih karena susu biasanya hilang-timbul, meski dapat menetap juga untuk beberapa hari. Candidiasis oral tidak menular dari bayi ke bayi, karena berasal dari jamur di dalam tubuhnya sendiri. Namun, bayi dapat tertular melalui jalan lahir, puting susu atau dot yang terinfeksi jamur candida.

Jika Si Bayi mengalami candidiasis oral, segera bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pengobatan candida juga bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Pemberian bakteri baik, seperti lactobacillus, bifidobacteria, atau sejenisnya yang akan menghambat pertumbuhan jamur candida.
  • Diberikan Nystatin, sejenis obat anti-jamur dalam bentuk drops. Bisa dioleskan di lidah, kemudian ditelan oleh bayi. Obat ini harus diresepkan oleh dokter.
  • Sterilkan dot, empeng, dan alat-alat makan bayi selama 20 menit di dalam air mendidih.
  • Cuci mainan yang masuk ke dalam mulut dengan air dan sabun yang aman untuk bayi.
  • Segera obati luka akibat jamur di sekitar puting jika Anda masih menyusui, agar bayi tidak tertular.
  • Bila tidak mempan dengan Nystatin, boleh berikan gentian violet yang berwarna biru ungu. dalam bentuk larutan 0,25-0,5% ke puting susu dan lidah bayi. Sekali sehari sudah cukup. Gentian violet aman, tetapi warna birunya dapat mengotori kemana-mana. Olesi bibir dengan vaselin agar gentian violet tidak melekat ke bibir. Suatu penelitian mencurigai kemungkinan hubungan gentian violet dengan kanker mulut.

Bagaimana mengobati puting susu?

  1. Obati bayinya
  2. Ibu juga makan acidofilus
  3. Setiap selesai menyusui, oleskan ASI di puting dan sekitarnya, biarkan mengering sendiri atau berikan krim nystatin 2-3 kali sehari setelah menyusui

 

Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com

Leave a Reply




Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com