Bahaya Gosok Gigi dengan Tangan Kanan

Otak kita dibagi menjadi dua bagian (hemisfer), yaitu otak kanan dan otak kiri dengan fungsi yang berbeda.

Otak Kanan

Otak kanan berfungsi dalam perkembangan EQ (Emotional Quotient), seperti hal persamaan, khayalan (imajinasi), kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna, berpikir lateral (paralel), berpikir intuitif dan feeling, tidak terstruktur, dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu mendetail.

Daya ingat otak kanan bersifat jangka panjang (long term memory). Bila terjadi kerusakan otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi misalnya.

Otak Kiri

Otak kiri berfungsi sebagai pengendali IQ (Intelligence Quotient) seperti hal perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan, analitis, matematis, sistematis, linear, rapi, tahap demi tahap, dan logika.

Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa dan matematika.

Secara sederhana, otak kanan merupakan gudangnya kreativitas dan spontanitas. Sedangkan otak kiri adalah otak yang suka menganalisis dan banyak pertimbangan.

Lalu apa hubungannya dengan menggosok gigi dengan tangan kanan ?

Menurut para ahli, sebagian besar orang di dunia hidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya. Kenapa ? Dari kecil kita di sekolah diajar berhitung, berpikir dengan logika, berbahasa. Sedikit sekali pelajaran musik, melukis dll. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan, yaitu lebih dominan otak kiri dibanding otak kanan. Padahal kita hidup butuh dua-duanya untuk berfungsi maksimal.

Jika demikian, potensi otak kanan akan lemah dan semakin lemah. Untuk itu, semua guru, dosen, mentor, trainer ketika mengajar haruslah menggunakan strategi pelibatan otak kiri dan kanan siswanya.

Salah satu kegiatan sederhana bagi kita yang sudah dewasa untuk melatih otak kanan adalah dengan menggosok gigi dengan tangan kiri.

Kenapa tangan kiri ?

Tangan kiri dikendalikan oleh otak kanan, sedang tangan kanan dikendalikan oleh otak kiri.

Jika Anda menggosok gigi dengan tangan kanan, itu sama saja dengan menambah dominasi yang tidak perlu pada otak kiri Anda. Bahaya bukan?

Cara sederhana lainnya yaitu mengambil barang, menulis, membuka pintu, memegang remote, menggerakan mouse, mengetik di HP, menyalakan tombol TV dan kegiatan lainnya dengan tangan kiri.

Dan setelah melakukan itu semua, rasakan bedanya. 

Biasakan melakukan kegiatan dengan tangan kiri supaya otak kanan Anda juga bisa berkembang maksimal

Telah dibaca :57634

14 thoughts on “Bahaya Gosok Gigi dengan Tangan Kanan

  1. Apa masi perlu juga dilakukan oleh orang orang yang usianya sudah mulai menua nih gan, taruhlah 30++ atau 40++ ? 😀

    [Reply]

    admin Reply:

    ini merupakan strategi menyeimbangkan otak kanan dan kiri gan… jd ga peduli brp umur agan

    [Reply]

  2. Saya orang yang suka menganalisis dan banyak pertimbangan (otak kiri), namu “spesialisasi” saya ada di otak kanan ? ada penjelasan mas ???

    [Reply]

    admin Reply:

    intinya kan keseimbangan boz….. kebanyakan org lbh dominan otak kiri krn alasan spt di atas. Nah, masalahnya bgmn spy bs seimbang. Gt aja

    [Reply]

  3. makasih shareny terutama untuk masalah kesehatan, terus terang saya orang yg sering sakit2tan, jd info yg ada d blok ini sungguh sangat berguna untuk saya, saya baru tahu blok ini dengan kata kunci d google ‘lemak hati’, eh infony yg d dalem blog ini berguna semua untuk saya

    [Reply]

  4. setuju sih

    Tapi ???
    kira2 kegiatan melakukan sesuatu dgn tangan kiri bertentangan tdk yah dengan ajaran islam yg mengajarkan melakukan sesuatu dgn tangan kanan ??

    [Reply]

    admin Reply:

    @nike indah, untuk masalah itu sebaiknya tanyakan ke Pak ustad.

    [Reply]

Tinggalkan komentar