Tombol-tombol Shortcut pada Mac dan Windows

Anda yang tengah beralih dari windows ke mac, mungkin harus membiasakan diri lagi dengan tombol-tombol shortcut pada mac, karena tidak semua kebiasaan di windows bisa diterapkan di mac.

Perintah shortcut menawarkan kepraktisan seperti yang kebanyakan dari kita mengetahui, dengan menekan tombol Control (Ctrl) + tombol P pada keyboard digunakan untuk memunculkan perintah Print cepat. Ini jelas akan mempercepat kerja kita.

Berikut ini shortcut-shortcut yang paling sering digunakan :

1. Menambah dan menyimpan bookmark

Ketika sedang menggunakan sebuah browser, dapat dengan mudah menyimpan sebuah halaman web tersebut sebagai bookmark hanya dengan memencet tombol berikut ini.

PC : Ctrl + D

Mac : Command/tombol Apple + D

Jika ingin menyimpan halaman web bukan sebagai bookmark akan tetapi sebagai koleksi supaya dapat dibuka kembali walaupun sedang tidak mengakses internet, tentu dengan perintah Ctrl + S pada PC.

 

2. Hapus File/Folder Permanen

Ketika anda ingin menghapus sebuah file secara permanen tanpa dibuang dulu ke Recycle bin. Bisa dengan menekan tombol dibawah ini.

PC: Shift + Delete pada file/folder

 

3. Menutup Browser Anda

Untuk menutup browser anda dengan cepat ketika ada hal-hal yang tidak terduga atau supaya tidak ingin diketahui oleh orang lain, ada cara yang cepat untuk melakukannya dengan. PC: Alt + F4 Mac: Ctrl + Q *

 

4. Menunjukkan Desktop

Desktop adalah halaman utama dalam komputer anda, yaitu window yang berisi shortcut icon, taskbar dan start menu.

Ketika anda sedang membuka banyak program/dokumen dan ingin cepat melihat tampilan desktop/halaman utama komputer tanpa harus menutup/minimize satu per satu program/dokumen anda bisa dilakukan dengan cara.

PC : tombol Window +D

Mac : Alt + F11

 

5. Mencari file atau folder

Ketika anda ingin mencari sebuah file/folder saat lupa dimana tempat menyimpannya, hal ini dapat membantu anda dengan mudah menampilkan perintah Find.

PC : tombol Window + F

Mac : Command + F

 

6. Mengubah ukuran tampilan (zoom)

Pada halaman web atau di sebuah program untuk mengetik, anda dapat mengubah ukuran tampilan anda sesuai dengan yang diinginkan dengan cara.

PC : Ctrl + gulir tombol roda mouse anda

Mac : Command + tanda plus  atau Command + tanda minus

 

7. Membuka tab browser yang baru tertutup

Ketika dengan tidak sengaja menutup tab browser atau ingin melihat kembali tab tersebut pada halaman browser, dapat menggunakan perintah ini.

PC : Ctrl + Shift + T

 

8. Pindah diantara program yang berjalan

Mengatur semua program yang sedang dibuka secara bersamaan akan membuat kita bingung. Permudahlah untuk pindah-pindah diantara semua program anda dengan trik cepat ini.

PC : Alt + Tab

Mac : Command + Tab

 

9. Mengambil foto/gambar (screen shoot) dari tampilan layar

Untuk mengambil sebuah foto/gambar dari tampilan layar komputer anda pada program/dokumen apapun yang sedang dibuka sehingga anda bisa dengan mudah meng-copy atau meng-paste nya. Gunakanlah perintah ini.

PC : Print Screen ( kemudian paste [Ctrl+V] di sebuah halaman word document)

Mac : Command +Shift +3   atau   Command + Shift + 9 jika menggunakan lightshot

 

10. Refresh sebuah halaman web

Baik anda sedang menunggu sebuah email baru atau sebuah berita yang terbaru untuk ditampilkan di sebuah halaman web, cobalah meng-refresh halaman anda dengan mudah menggunakan tombol dibawah ini.

PC: F5, atau Ctrl + R

Mac: Command+ R

Telah dibaca :3546

Incoming search terms for the article:

,jika ingin menambahkan tombol halaman maka digunakan tombol

Tinggalkan komentar