Seni Membangun Relasi

Setiap orang yang ingin mencapai kesuksesan membutuhkan relasi atau hubungan yang baik dengan banyak pihak. Bagaimana Anda menjalin hubungan dengan orang lain, baik itu klien, rekan kerja, bawahan maupun atasan, sangat menentukan keberhasilan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi pedoman Anda:

Kepercayaan diri
Jika Anda ingin membangun hubungan dengan orang lain, Anda harus menunjukkan kepercayaan diri. Anda harus kenal jati diri Anda yang sesungguhnya. Orang tidak akan memperhatikan suara orang asing, untuk itu Anda harus jadi diri sendiri.

Jujur dan Tulus

Anda harus menyampaikan pujian yang jujur, menolong dengan tulus dan menjaga agar hubungan Anda dengan orang-orang yang Anda kenal dengan penuh kasih.

Beradaptasi
Robohkan tembok pemisah. Bicaralah dengan bahasa lawan bicara, sesuaikan diri Anda dengan budaya, latar belakang, pendidikan dlsb. Sesuaikanlah diri Anda dengan orang tersebut, jangan memaksa orang lain menyesuaikan diri dengan Anda.

Pusatkan perhatian kepada mereka
Ini adalah sebuah rahasia keberhasilan setiap orang sukses: mereka menempatkan orang lain lebih penting dari dirinya. Dengan cara pandang tersebut, mereka menjadikan orang lain sebagai pusat perhatiannya, bukan menjadikan dirinya sendiri sebagai pusat perhatian orang-orang di sekitarnya. Setiap orang senang menjadi pusat perhatian, dilayani dan diperhatikan.

Beri kepercayaan
Cara membangun hubungan yang baik adalah dengan mempercayai. Dengan cara ini kita dapat membantu orang tersebut menunjukkan potensi yang ada didalam dirinya. Rasa percaya Anda, dapat membantu orang tersebut semakin memaksimalkan kehidupannya.

Tawarkan bantuan dan harapan
Tidak ada seorangpun yang dapat hidup sendiri di dunia ini. Semua orang membutuhkan bantuan orang lain. Untuk itu, tawarkanlah pertolongan kepada orang-orang di sekeliling Anda. Berilah mereka harapan. Dengan menawarkan harapan, Anda memberikan mereka masa depan.

Sebuah relasi jika dibangun dengan benar akan membentuk sebuah siklus saling memberi dan menerima


Disadur dari : 21 Hukum Kepemimpinan Sejati; John C Maxwell

Telah dibaca :14132

2 thoughts on “Seni Membangun Relasi

Tinggalkan komentar