Review Software Untuk RT/RWnet Menggunakan Radius

Internet sudah menjadi kebutuhan banyak orang saat ini. ISP besar seperti indihome, biznet, CBN, firstmedia berlomba-lomba menjual paket internet dengan bandwidth cukup besar, akan tetapi harganya umumnya di atas Rp. 200.000. Sedangkan untuk kebutuhan dalam rumah sebenarnya bandwidth 10-20 mbps sudah mencukupi.

Untuk itulah peluang usaha RT/RWnet masih cukup menjanjikan. Dengan modal mulai 10 juta sudah cukup untuk memulai usaha ini. Tentu saja Anda harus menggunakan bandwidth dedicated dari ISP legal yang memberikan PKS / kemitraan.

Seperti yang kita ketahui bahwa Routerboard keluaran terbaru untuk jenis Router Indoor seperti hAP series, RB750r Series memiliki kapasitas NAND Storage yang minimalis. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh bagi kita yang ingin melakukan konfigurasi routerboard dengan mengaktifkan service-service yang mana akan memakan banyak resource dari NAND tersebut. Misalnya jika kita ingin menggunakan service hotspot + usermanager dan juga PPP Tunnel. Supaya dapat menggunakan service tersebut kita juga diharuskan menambahkan data-data untuk sistem autentikasi.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut kita bisa memanfaatkan sebuah server autentikasi (RADIUS) eksternal. Ada sebuah aplikasi RADIUS Server opensource yang sudah support dengan Mikrotik dan juga paling banyak digunakan, yaitu FreeRadius. Tapi juga ada yang menjual layanan berbasis radius untuk memudahkan Anda dalam administrasi dan manajemen sekaligus. Ada 3 yang cukup dikenal, yaitu rlradius.id, radboox.com dan payreless.com. Dengan RADIUS, selain mempermudah administrasi, juga menurunkan beban mikrotik secara signifikan!

Berikut ini kami paparkan perbedaan keduanya :

1. RLRADIUS.ID

RL Radius adalah aplikasi billing MikroTik untuk PPPoE, DHCP dan Hotspot yang dikembangkan dengan PHP dan Radius.

Billing RL Radius sangat cocok digunakan sebagai billing untuk Mikrotik RTRWNET atau ISP yang memiliki banyak MikroTik dan lokasi yang berbeda, tetapi dengan database terpusat pada satu server. Pelanggan Anda hanya membutuhkan 1 akun untuk terhubung ke jaringan Anda, apa pun routernya. jika proxy terhubung ke server RL Radius.

User Online adalah batas maksimal klien yang bisa terhubung ke RL Radius dengan flag Radius (R) di mikrotik, meliputi : PPPoE, DHCP dan Hotspot

Harga untuk RLRADIUS mulai dari 100.000 per bulan.

Tutorial lengkap di https://www.youtube.com/playlist?list=PLVA91M9nFgiyTfSrQctnx2vBdnp7IRsYJ

 

2. RADBOOX.COM

RadbooX adalah aplikasi server Radius untuk pengguna Mikrotik yang mengimplementasikan sistem Authentication, Authorization, and Accounting (AAA) pada jaringan PPPoE dan Hotspot sebagai akses jaringan.

Dengan harga per bulan, sewa radbook mulai dari 100rb/bulan.

3. PAYRELESS.COM

Payreless adalah aplikasi billing pembayaran tagihan internet berbasis android yang terintegrasi dengan engine radius server dan web panel dashboard yang berfungsi untuk user manager, membuat tagihan / invoice, melihat report keuangan, riwayat tagihan pelanggan dan masih banyak fitur lainnya.

Untuk bisa menggunakan modul otomatis bank transfer dan WA notifikasi, maka Anda harus membeli Addon dan tentu saja ada tambahan biayanya yang tidak sedikit.

 

Dari ketiga layanan radius server dan billing system di atas, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Payreless bagus di aplikasi android, tapi kekurangannya Anda harus menambah biaya untuk menggunakan Addon mutasi bank yang cukup lumayan. RLradius sudah ada OLT integration merek HSGQ, akan tetapi jumlah router dibatasi tiap paketnya. Radboox jumlah router tidak dibatas, tapi khusus paket starter tidak semua fitur tersedia (seperti contohnya payment gateway tidak ada di paket starter). Dari semua ini, saya lebih cenderung merekomendasikan : RadBoox!

Selamat mencoba dan memutuskan!

688 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: