Perbandingan Shure SM 58 Vs Beta 58

November 28, 2017

Shure adalah salah satu merek microphone legendaris buatan mexico. Hingga saat ini yang jadi primadona untuk mic vocal shure ada 2 di antaranya, yaitu : SM58 dan Beta58A.

Shure’s SM58 dan Beta 58A adalah dua mikrofon terkemuka yang terkenal di seluruh dunia. Kedua mic terkenal karena kualitas suaranya yang indah dan kinerja yang dapat dihandalkan. Meskipun kedua mikrofon ini terlihat hampir serupa, ada beberapa perbedaan penting. Beta 58A  juga lebih mahal dibanding SM58.

Berikut perbedaan antara Shure SM58 dan Beta 58A :

 

POLAR PATTERN:

 

Mungkin perbedaan yang paling jelas adalah pola polar mikrofon. SM58 memiliki pola pickup polar cardioid, sedangkan Beta 58A adalah supercardioid. Pola polar kemudian mempengaruhi bagaimana Anda harus menggunakan mikrofon dan mana yang paling sesuai.

Seperti yang dapat Anda lihat dari diagram, mikrofon cardioid akan menolak lebih baik sinyal dari sisi belakang, sementara mikrofon supercardioid akan menolak sinyal lebih baik dari samping kedua sisi. Kedua mikrofon mengambil suara terbaik dari depan, tapi pola kutub supercardioid memiliki keuntungan tambahan karena lebih terarah dan karena itu kurang rentan terhadap umpan balik saat menggunakan monitor panggung yang benar.

 

OUTPUT LEVEL:

Karena magnet neodymium, Beta 58A memiliki sensitivitas yang lebih tinggi dan output 4dB lebih besar dari pada SM58. Ini yang membuat beta 58A gain-nya lebih besar sehingga lebih sensitif.

 

FREQUENCY RESPONSE:

Beta58 memiliki frekuensi respon atas dan tengah lebih baik dibandingkan dengan SM58 yang membuatnya lebih terang (bright) dan memungkinkannya untuk memotong campuran lebih banyak. Ini tidak berarti Beta58 lebih baik, dan tergantung pada karakteristik gaya / tonal suara Anda, karena Anda mungkin tidak mendapatkan keuntungan dari respons frekuensi yang diperluas pada Beta58A. Kalau buat yang suaranya betat, beta58 lebih oke, waktu teriak juga tidak pecah.

Hal ini tergantung pada penyanyi itu. Beta58A bekerja dengan baik untuk sebagian besar penyanyi wanita dan beberapa penyanyi pria yang lebih halus, tapi juga memiliki efek membuat beberapa penyanyi terdengar sangat keras dan kurus.

Jadi saat memilih antara SM58 atau Beta 58A, penting untuk menyesuaikan dengan Genre Musik dan jenis vokal. Karena ini akan mempengaruhi performa mikropon dan bagaimana suaranya.

 

HANDLING NOISE:

Beta 58A lebih rendah noise daripada SM58 karena sistem mount shock pneumatiknya yang canggih.

 

GRILLE:

Beta 58A memiliki kisi-kisi yang lebih keras, yang membuatnya lebih sulit peyok saat jatuh.

 

Kesimpulan :

Seseorang tidak dapat menyangkal bahwa spesifikasi Beta58A sebagian besar lebih unggul dari pada SM58, namun dalam beberapa kasus, fitur Beta 58A tidak diinginkan. Misalnya, jika Anda seorang penyanyi di band heavy metal dan Anda berteriak dan berteriak ke mikrofon, sensitivitas dan rincian ekstra dari Beta 58A tidak diinginkan. Sebagai gantinya, menggunakan SM58 akan menjadi solusi yang jauh lebih baik. Lagi pula, ini soal selera dan situasi.

 

SM58
Pattern: Cardiod
Freq: 50-15K Hz
Output: 1.85mV
Weight: 10.5 oz / 297 gram

Beta 58A
Pattern: Supercardiod
Freq: 50-16K Hz
Output: 2.6mV
Weight: 9.92 oz / 281 gram

 

Penilaian saya pribadi : Harga SM58 original sekitar 1,35jt, sedang Beta 58A sekitar 2 juta. Terpaut cukup lumayan. Untuk hasil testing, Beta 58A memang gain lebih besar dan suaranya lebih treeble. Saya pribadi kurang menyukai Beta 58A karena jadi tidak flat suaranya. Untuk siaran di radio, saya lebih condong memilih SM58 karena suara vokal lebih terasa detail karena treeble tidak berlebihan.

 

Incoming search terms for the article:

,shure beta 58a

Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com

Leave a Reply




Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com