Penyebab “Retak Rambut” Pada Dinding Rumah

Juli 6, 2015

Rumah baru tentu menghadirkan keceriaan bagi Anda. Namun bagaimana jika retak rambut pada dinding mulai bermunculan pada dindingnya? Pasti akan ada rasa kecewa. Untuk mencegahnya, mari kita ulas penyebab dan cara mengatasi retak rambut pada dinding rumah baru tersebut.

Retak pada dinding rumah pada umumnya ada 2 macam, yaitu retak rambut dan retak struktur.

1. Dinding Retak Rambut (non struktural)

• Retakan bercabang-cabang
• Ukuran retakan < 1mm
• Terjadi akibat:
– Pekerjaan acian yang tidak sempurna, misalnya aplikasi saat dinding dalam kondisi panas sehingga ikatan acian belum sempat menyatu dengan plesteran sudah kering terlebih dahulu
– Acian semen yang tipis dan belum kering kemudian dilapisi lagi dengan acian
– Cat yang digunakan tidak memiliki elastisitas yang baik.

Mengatasi dinding rumah retak diatas dengan lakukan penyiraman air sampai jenuh terlebih dahulu pada bidang-bidang yang akan di aci agar kondisi dinding lembab.

retakrambut

retak rambut

2. Dinding Retak Struktur

• Retakan lebar
• Ukuran retakan > 1mm
• Terjadi akibat pergerakan tanah dibawah pondasi, misalnya : pondasi bangunan tidak stabil akibat satu bagian menurun. Ditandai dengan retak secara diagonal (miring dari atas ke bawah)
• Bila retakan > 2 mm, harus dilakukan perbaikan dengan merenovasi konstruksi fisik bangunan rumah

 

Karena yang paling sering terjadi adalah retak rambut, maka kita akan bahas lebih detail tentang retak rambut di sini.

Retak rambut adalah retak yang kecil sekitar 1 mm. Meskipun kecil, biasanya retak rambut pada bangunan ini memanjang dan berpotensi menjadi retakan yang lebih besar. Sebelumnya perlu dipastikan dahulu, retak tersebut merupakan retak sturktural atau non-struktural dengan cara membobok bagian yang retak. Jika hanya sampai plester, dipastikan itu hanya retak non-struktural atau tidak berpengaruh pada struktur sehingga penanganannya tidak memerlukan bantuan ahli, Anda pun mampu memperbaikinya.

Banyak hal yang dapat menyebabkan retak rambut non-struktural, yaitu pada saat proses pengerjaan plesteran komposisi (campuran) adukan semen, pasir dan air tidak dalam takaran perbandingan yang pas; pasir dengan kadar organik yang tinggi; pasangan bata belum kering atau terlalu kering; atau aplikasi pada cuaca panas terik.

Cara untuk memperbaiki retak rambut pada dinding tembok rumah baru adalah dengan menambal bagian yang retak dengan menggunakan mortar acian, yaitu campuran antara semen dan air.

Sebelumnya, buka lapisan dalam yang retak, dengan lebar permukaan atau jarak dari kiri ke kanan sekitar 5 cm. Lalu siram permukaan dinding dan diamkan selama beberapa menit, lalu mulailah menambal bagian yang retak dengan mortar acian, dengan ketebalan sesuai dinding sebelah kiri dan kanan yang tidak retak. Setelahnya, tunggu hingga 14 hari (2 minggu) agar mongering sempurna, lalu lakukan pengecatan dengan warna cat yang sama dengan cat sebelumnya. Jika retak cukup banyak, sebaiknya buka lapisan plesteran dengan area lebih luas, lakukan dengan cara yang sama di atas satu area dinding sehingga hasil cat-nya lebih homogen.

Telah dibaca :25

Incoming search terms for the article:

,solusi dan penyebab bangunan,kenapa dinding rumah retak

4 Responses to “Penyebab “Retak Rambut” Pada Dinding Rumah”

  1. Trimakasih infonya sangat membantu, rumah sy yang baru jadi dinding retak semua. Yang uniknya lagi dinding retak rambut hampir dialami seluruh warga desa yang rumahnya baru selesai dibangun.

    [Reply]

    Purba Kuncara Reply:

    apakah tukangnya sama?

    [Reply]

  2. Saya bingung ng mas, rumah baru saya retak rambut lalu saya menghubungi pemilik sebelumnya utk dibetulakn lalu dkt blum ada 1 bln sdh retak rambut lg, sebenarnya penyebab n solusinya Gmn y

    [Reply]

    Purba Kuncara Reply:

    @Tio, kalau retak rambut itu sebabnya karena aciannya yang kurang tepat… atau campuran plesternya yg kurang tepat. Cari tukang aja yg pinter

    [Reply]

Leave a Reply