Obat-obat yang dilarang saat Hamil

September 23, 2013

Biasanya ibu hamil akan was-was kalau sakit. Dia takut minum obat sehingga penyakitnya terkadang tambah parah. Harusnya hal ini bisa dikonsultasikan dengan dokter kandungan ataupun bidan, tapi apa daya terkadang ada saja halangannya untuk periksa, seperti suami bekerja, tidak punya uang dll.

Memang saat awal kehamilan biasanya daya tahan tubuh akan mengalami penurunan. Kondisi seperti ini dapat memicu datangnya penyakit flu, radang tenggorokan, ataupun penyakit ringan lainnya. Meski begitu, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi sembarangan obat karena dapat mempengaruhi janin dalam kandungannya. Sebaiknya ibu hamil yang menderita penyakit tertentu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan.

Berikut ini daftar beberapa obat yang aman dan yang perlu dihindari saat hamil :

Obat yang Relatif Aman

  • Obat alergi : obat semprot hidung.
  • Obat anti-mual : vitamin B6 (sampai 100 mg per hari).
  • Obat sembelit : pelunak feses.
  • Pencegah flu : vaksin flu (jika ibu alergi terhadap telur atau daging ayam sebaiknya tidak melakukan vaksin flu sebab dalam vaksin terkandung bahan protein telur).
  • Obat sakit maag : antasida dan anti-ulkus
  • Multivitamin : pilihlah produk yang diformulasikan khusus untuk wanita hamil dan menyusui.
  • Pengurang rasa sakit : acetaminophen atau tylenol.
  • Anti-jamur : krim vagina.
  • Antibiotik : golongan penicilin, cephalosporin, erythromycin, clindamycin.
  • Obat asma : obat inhalasi yang mengandung steroid.
  • Antidepresan : obat golongan SSRI (Selective Serotonin Reuptake Inhibitor) dan golongan trisiklik antidepresan seperti imipramine dan amitriptyline.
  • Obat hipertensi : golongan metildopa.

Obat yang Harus Dihindari Agar Tak Berpengaruh Pada Janin

1. Obat Anti-Inflamasi Nonsteroid seperti asam mefenamat harus dihindari terutama pada usia kehamilan ketujuh sampai kesembilan bulan, kecuali mendapat pertimbangan dokter karena manfaatnya lebih besar ketimbang risiko terhadap janin.

2. Obat Cacing Mebendazol, sebaiknya hindari obat itu karena belum diketahui aman atau tidaknya bagi ibu hamil.

3. Obat Asma Salbutamol belum diketahui persis tingkat keamanannya bagi ibu hamil. Bagi penderita asma yang sedang hamil sebaiknya gunakan obat asma yang disemprot ke hidung (inhalasi) untuk meminimalkan dampak buruk terhadap janin.

4. Obat Analgesik seperti antiplatelet asetosal dan antipiretik sebaiknya dihindari terutama pada usia kehamilan ketujuh sampai kesembilan. Obat ini bisa meningkatkan risiko pendarahan ketika proses persalinan. Penggunaan dalam dosis tinggi bisa mengakibatkan hipertensi yang menetap pda bayi yang baru lahir.

5. Penggunaan obat antimabuk seperti dimenhidrinat (Antimo) pada ibu hamil dan menyusui harus atas persetujuan dokter terlebih dahulu.

6. Obat pengurang rasa sakit seperti aspirin yang dosisnya lebih dari 81 mg dan obat-obat lainnya yang mengandung ibuprofen serta obat anti-inflamasi non steroid.

7. Obat sembelit seperti mineral oil.

8. Obat migren golongan ergotamin.

9. Obat rematik

10 Obat jerawat seperti roaccutane serta vitamin A oral lainnya.

 

Rujukan blog lain :

http://medicastore.com/penyakit/572/Obat-obat_Yang_Dilarang_Digunakan_Selama_Kehamilan.html

http://keluargasehat.wordpress.com/2008/09/23/ibu-hamil-hati-hati-konsumsi-obat/

Telah dibaca :111460

Incoming search terms for the article:

,antimo untuk ibu hamil,bolehkah ibu hamil minum antimo,asam mefenamat untuk ibu hamil,pil binari untuk menggugurkan kandungan,obat warung penggugur kandungan,obat warung yang bisa menggugurkan kandungan,bolehkah ibu hamil minum obat maag,obat yang dilarang untuk ibu hamil muda,bahaya minum bodrex saat hamil,obat bodrex bisa menggugurkan kandungan,ibu hamil minum antimo,obat warung menggugurkan kandungan,efek samping antimo bagi ibu hamil,asam mefenamat untuk ibu hamil amankah,bodrex untuk ibu hamil,bolehkah ibu hamil minum obat cacing,minum antimo saat hamil,obat maag untuk ibu hamil muda,obat paramex bisa menggugurkan kandungan,obat warung yang dapat menggugurkan kandungan,obat warung yg bisa menggugurkan kandungan,minum bodrex saat hamil muda,bolehkah ibu hamil minum obat,https://purbakuncara com/obat-obat-yang-dilarang-saat-hamil/,ibu hamil boleh minum obat maag,cara menggugurkan kandungan dengan obat warung,laxing untuk ibu hamil,kenapa bodrex dan sprite bisa menggugurkan kandungan,antasida untuk ibu hamil,obat obatan warung yang bisa menggugurkan kandungan,obat cacing untuk ibu hamil,antimo untuk ibu hamil muda,apakah ibu hamil boleh minum antimo,gastrucid untuk ibu hamil,jenis obat yang dapat menggugurkan kandungan,amankah antimo untuk ibu hamil,obat maag yang bisa menggugurkan kandungan,bolehkah ibu hamil minum bodrex,obat antimo untuk ibu hamil,obat yang dilarang untuk ibu hamil,bahaya ibu hamil minum bodrex,laxing menggugurkan kandungan,ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi obat apa saja,obat maag saat hamil muda,bolehkah minum asam menefamat saat hamil,ada kah pengaruh kejanin diawal kehamilan minum paramek,Reaksi hamil satu bulan minum pil binari,obat cacing bisa menggugurkan kandungan,produk tolak angin yang menyebabkan keguguran,Komix untuk gugurkan kandungan,apakah bodrex bisa dominum orang hamll,bahayakah minum paramex saat hamil,Bodrek bag,bodrex untuk ibu hamil muda,Boleh kah ibu hamil minum an,boleh kan bodrek di minum ibu hamil,bolehkah minum obat bodre ketika hamil,Dampak obat paramek bagi ibu ham,efek samping antimo bagi bumil,efeksamping antimo untuk ibu hamil,apakah tolak angin bisa menggugurkan kandungan,Ibu hamil boleh minum an,ibu hamil boleh minum bodrex,apakah antimo boleh di konsummsi ibu hamil

3 Responses to “Obat-obat yang dilarang saat Hamil”

  1. keren infonya gan.. semoga sangat bermanfaat buat ibu hamil terutama obat antimonya

    [Reply]

  2. Apakah ibu hamil minggu pertama boleh minum obat nyeri dan obat mual untuk lambung?bahayakah huat janin?

    [Reply]

  3. Apakah aman minum antimo saat hamil, apakah tdk berpengaruh sama janin..

    [Reply]

Leave a Reply