Mitos-Mitos Yang Salah Tentang Mac

Oktober 10, 2014

Kali ini saya akan memberikan review tentang salah satu produk apple yang bernama Macbook Pro. Bayangan saya sebelumnya terhadap produk ini adalah : mahal, mudah rusak, harga komponennya mahal, terlalu eksklusif, software susah didapat, semua software harus berbayar (tidak bisa pakai bajakan), tidak bisa menjalankan windows dll. Mungkin Anda juga punya bayangan seperti itu ya ? Mari kita buktikan mitos tersebut satu persatu πŸ™‚

https://i2.wp.com/i.imgur.com/C3ZaVru.png

1. Mac itu mahal

Memang produk komputer jinjing mac itu mahal-mahal buanget. Yang paling murah saja untuk macbook Air mulai 11 juta rupiah. Dan akan lebih terasa mahal lagi kalau mac hanya Anda gunakan untuk mengetik, browsing dan download saja. NOT WORTH IT!

Kalau buat ngetik, browsing, download, bikin powerpoint, bikin aplikasi android dengan eclipse, NGEBLOG, fesbukan, twitteran, kaskusan ==> pakai netbook ASUS eeepc 1025 sudah cukup buangettttt…. Murah dan ringan lagi, bisa dibawa kemana-mana dengan gampang. Asal tidak untuk HEAVY DUTY ya… tidak untuk pekerjaan berat!

 

“Berarti memang mahal ya?”

Mahal murah itu sebenarnya relatif. Mahal kalau hanya untuk kegiatan office di atas tadi. Dan lebih terasa mahal lagi kalau tidak punya uang untuk membelinya πŸ™‚ Kalau punya uang sih NO PROBLEM!

Tapi sebenarnya apa sih yang menyebabkan mac itu punya nilai lebih dibanding leptop windows biasa ?

Yaitu terletak pada interface OS X (operating system X). Tampilannya keren banget. Beda sama w**dows 10 sekalipun … *ini menurut saya ya*

Jadi kalau Anda memerlukan tampilan dekstop yang elegant, USER EXPERIENCE TERBAIK, nyaman di mata, casingnya terbuat dari aluminium, Anda bisa memilih macbook, baik macbook Air maupun macbook Pro.

Air dan pro itu bedanya adalah : Air lebih murah, ditujukan hanya untuk pekerjaan ringan saja karena spesifikasinya yang paling rendah di antara produk mac lainnya. Sedangkan Pro itu ditujukan untuk kegiatan profesional, seperti mendesain, mengedit video, mengedit foto, membuat aplikasi iOS dll.

Sampai di sini paham ya?

Dan lagi salah satu alasan kenapa orang mau beli mac adalah karena butuh untuk bikin aplikasi iOS. (Memang sih dg cara virtualisasi juga bisa membuat aplikasi iOS di windows.)

Dan ada lagi, yaitu untuk mendukung PRESENTASI. Jika Anda presentasi kepada klien dengan menggunakan mac, wah si klien akan berpikir kalau Anda ini cukup serius, tidak ecek-ecek. Ya setidaknya ini akan memberikan Anda nilai lebih di mata klien. πŸ™‚

Untuk multimedia, seperti foto, webcam, video, musik, saya acungi 4 jempol untuk mac dibanding dengan leptop windows dengan harga setara (Sebenarnya sih ga bisa dibandingkan keduanya karena bagaikan langit dan bumi). Anda akan dimanjakan, apalagi jika layarnya RETINA. Wow!

Menurut saya, harga mac itu sebanding dengan apa yang Anda dapatkan! Tinggal anda bisa memaksimalkan atau tidak.

Leptop mac Anda hilang ? kemungkinan ditemukannya masih ada karena ada fitur GPS yang memungkinan Anda bisa mengetahui leptop Mac ketika dinyalakan.

Baterei macbook Pro 2014 bisa bertahan hingga 4 – 7 jam.

Oh ya, harga mac second itu jatuh buangettttt….. Misal macbook pro tahun 2012 seharga 20 juta misalnya, 2 tahun kemudian harga secondnya mungkin cuma 8-10 juta. 50% lebih lah… Anda bisa cari di bandung dan jakarta. Tanya aja di forum-forum.

 

2. Mac itu ringan

Berat macbook Pro 13 Inch sekitar 1,5 Kg. Saya memang belum pernah menimbangnya, tapi jujur saja terasa berat untuk dibawa. Beda sama ultrabook yang cukup ringan dan tipis.

Kalau buat kerja mobile, kurang cocok sih menurut saya… Masih ringan netbook ASUS 10 inch ataupun ultrabook.

 

3. Software Mac susah dicari

Gampang banget kok menemukan software-software untuk mac, apalagi ada app storenya. Dan cukup banyak aplikasi bertebaran di google. Anda tinggal mengetikkan saja apa yang Anda butuhkan.

Interface aplikasinya sih ga jauh beda sama di windows, cuma berdasarkan yang saya baca sih (karena belum nyobain semua) tampilannya lebih elegant karena apple sangat menyarankan para developer untuk menjunjung tinggi estetika dan pedoman dari apple.

Untuk aplikasinya juga banyak yang gratis. Dan untuk aplikasi bajakan apakah bisa diinstal ??? Hihihi, bisa banget bos. Banyak bertebaran di google. Tenang saja jika budget Anda masih minim. Tapi menginstal software bajakan itu tidak disarankan ya. Selain kemungkinan disusupin virus, juga hargai jerih lelah programmer.

 

4. Tidak ada virus di Mac

Ini anggapan yang salah. Virus tetap ada di OS X, cuma sedikit sekali bahkan jarang. Begitu ada bug, akan ada free update dari apple. Jadi Anda tidak perlu kuatir, tapi juga harus tetap waspada!

 

5. Aplikasi windows dan linux tidak bisa jalan di Mac

Bagi Anda yang masih membutuhkan aplikasi-aplikasi yang hanya bisa jalan di windows, jangan kuatir! Anda bisa menginstal windows xp, 7, vista, 8 maupun 10 di mac dengan menggunakan PARALLEL DEKSTOP FOR MAC. Harga software ini 80 dollar. Tapi Anda jangan buru-buru beli, cobalah trialnya dulu.. Setelah trial habis, Anda akan dapat email 2-4 minggu setelahnya yang memberitahukan bahwa Anda dapat diskon yang cukup fantastis.

Anda bisa menjalankan aplikasi windows bersamaan dengan mac. Jadi bener-bener seolah-olah Anda sedang menjalankan windows di lingkungan mac tanpa perlu REBOOT. Windows dan mac bisa berjalan bersamaan.

 

6. Mac tidak pernah hang / macet

Tidak ada operating system yang sempurna, demikian pula pada OS X (operating system untuk mac). Ada kalanya juga ngehang, khususnya saat memori RAM sudah mulai habis (overload). Ngehangnya biasanya berupa FREEZE (diam), tapi jarang sampai blue screen atau bahkan restart sendiri seperti di windows.

Kalau di windows, mungkin Anda harus sering melakukan ritual inul (install ulang) setiap tahunnya kalau komputer sudah sering blue screen. Di mac, hal ini tidak perlu lagi dilakukan.

 

7. Mac susah digunakan

Mac justru dirancang untuk mempermudahkan kerja Anda. Easy use. Anda akan dimanjakan dengan teknologi multi-touch. Anda harus mencobanya! Tapi memang Anda harus membiasakan diri awal-awalnya, dan itu tentu butuh perjuangan πŸ™‚

Tenang saja, untuk USB juga ada kok di Mac. Dan untuk presentasi ke LCD Projector juga ada konektornya (sekitar 390ribu harganya).

Tapi memang aksesoris-aksesoris mac lumayan mahal karena memang mac ini tergolong barang MEWAH!

 

Berikut ini fitur-fitur macbook Pro tahun 2014 :

Memperkenalkan MacBook Pro 13″. Dengan prosesor Intel Core i5 memberikan performa yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya. Lakukan semua pekerjaan komputasi Anda dengan mudah dan tanpa jeda dengan prosesor yang lebih cepat serta tampilan grafis yang memukau. Dengan desain yang ramping dan ringan, kini Anda tak perlu khawatir untuk membawanya kemanapun Anda membutuhkannya. MacBook Pro seri ini hadir dengan berbagai spesifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda yang tak perlu diragukan lagi performanya.

 

Desain Elegan & Unibody Alumunium

MacBook Pro menampilkan presisi casing unibody crafted dari satu blok dari aluminium. Desainnya tipis dan ringan dari generasi sebelumnya, serta lebih kuat dan lebih tahan lama. Dilengkapi juga dengan layar berukuran 13″ beresolusi 1280 x 800 pixel danΒ  dengan lampu berteknologi LED yang dapat menampilkan gambar dengan sangat terang. Anda juga tak perlu khawatir untuk bepergian karena daya tahan baterainya dapat bertahan hingga 7 jam.

 

Performa Mengagumkan

Pada MacBook 13 inch seri high-end, didukung dengan prosesor Intel Core i5, 2.8 GHz berteknologi chipset Haswell dengan memori RAM DDR3 8 GB serta SSD 512GB yang memberikan kecepatan dan kelancaran dalam kegiatan komputasi tanpa hambatan. Untuk memori grafisnya, dikemas prosesor grafis yaitu Intel Iris Graphics yang memberikan Anda tampilan grafis menawan ketika bermain games ataupun mengedit video. Untuk urusan konektivitas, seluruh MacBook Pro seri ini telah dibekali dengan Wi-Fi 802.11n, Bluetooth 4.0, SDXC card slot, 2 port USB 3.0 serta port FireWire 800. Anda pun dapat melakukan video chatting ataupun Skype dengan kerabat Anda menggunakan 720p FaceTime HD camera.

 

Teknologi Hyper-Threading

Teknologi Hyper-Threading Intel memungkinkan setiap inti prosesor untuk bekerja pada dua tugas pada saat yang sama, memberikan kinerja yang Anda butuhkan untuk melakukan multitasking. Anda juga dapat menikmati serangkaian fitur-fitur baru untuk pengalaman visual yang menakjubkan dan mulus tanpa hardware tambahan. Prosesor grafis juga secara otomatis meningkatkan kecepatan clock untuk beban kerja yang lebih tinggi, dan baterai yang tahan lama ketika Anda sedang menonton DVD atau film.

 

Teknologi Multi-Touch Terbaik

Teknologi multi-touch merupakan bagian tak terpisahkan dari hampir setiap produk Apple. Merupakan cara terbaik dan paling pribadi untuk berinteraksi dengan perangkat Anda. Cara yang optimal untuk menggunakan multi-touch adalah melalui trackpad. Trackpad pada MacBook Pro sangat luas, terbuat dari lapisan glass tanpa tombol. Dengan multi-touch gestures, Anda bisa berinteraksi dengan dengan MacBook Pro dengan cara yang lebih intuitif dan responsif dari sebelumnya.

 

Teknologi Thunderbolt

Teknologi baru Thunderbolt memungkinkan Anda untuk mentransfer data melalui port dengan kecepatan sangat tinggi, bahkan hingga 10Gbps atau dua kali lebih baik dari USB 3.0. Thunderbolt juga dapat dikoneksikan melalui Mini Display Port. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan transfer file video dengan performa tinggi, dan tampilan beresolusi tinggi menggunakan DisplayPort, DVI, HDMI, atau koneksi VGA dengan adaptor yang tersedia.

 

iCloud

iCloud menyimpan musik, foto, dan dokumen secara nirkabel. Jadi bila Anda membeli lagu, membeli foto, atau mengedit kalender pada iPad Anda. iCloud akan secara otomatis menampilkan pada Mac Anda, iPhone, atau iPod touch juga tanpa Anda perlu menekan apapun.

 

 

Kesimpulan :

1. Belilah macbook Pro kalau cuma mau gaya-gayaan karena PUNYA UANG LEBIH dan DEMI PRESTISE, ingin mendapat user experience yang mantaf, ataupun ingin menjalankan software-software video editing seperti final cut pro yang cukup digandrungi di dunia video editing.

2. Tidak perlu beli mac kalau butuhnya buat kerja, apalagi cuma buat ngeblog πŸ™‚ … Dan apalagi kalau ga ada uang… Mending beli ultrabook saja, 5-9 juta sudah dapat yg bagus dan tipis.

3. Belilah macbook Air yang sangat ringan jika Anda cuma buat kegiatan office yang ringan dan untuk kegiatan presentasi (meningkatkan prestise dan user experience).

4. Hati-hati! Setelah menggunakan mac, biasanya orang-orang sudah malas untuk menggunakan jenis leptop yang lain! Dan mereka akan jadi pengguna mac yang FANATIK!

Telah dibaca :6706

8 Responses to “Mitos-Mitos Yang Salah Tentang Mac”

  1. Jadi ngiler lek… pengen beli blm ada uang

    [Reply]

    Purba Kuncara Reply:

    Nabung sek lek :v

    [Reply]

  2. hitungannya tulisan ini sudha mau setahun umurnya.. tapi masih relevan dan enak dibaca ulasannya πŸ˜€

    cukup membantu buat yang lagi galau mau beli mac atau enggak (Y)

    [Reply]

    Purba Kuncara Reply:

    Terima kasih kunjungannya kang tatang πŸ™‚

    [Reply]

  3. mau tanya bang.,., misalnya kita mau mendesign spanduk menggunakan adobe ilustrator di macbook..,
    petanyaan: bisa atau tidak kita membuka flyer tadi di adobe ilustrator pada windows??

    [Reply]

    Dody Priyatmono Reply:

    @Songgo,
    saya bantu jawab ya. untuk file dari adobe illustrator bisa di buka di semua OS. baik windows atau mac. karena format/ekstensi file sama, yaitu AI. jadi gak masalah kalau mau desain di mac lalu buka di windows, atau kebalikannya.

    [Reply]

  4. Cukup inspiratif, dan menarik, maklum baru pegang macbook asli (beli cm 3,5jt), selama ini hanya gunakan hackintos aja…
    jadi teringat si T*&^%$nt kalo ngomongin masalah software, kalo ada info si T*&^%$nt yang masih lengkap dan idup, mohon infonya aja ke email (maaf aga merepotkan).
    Terima kasih dan salam kenal

    [Reply]

  5. Cak, share forum-forum yang jual macbook secont yang terpercaya

    [Reply]

Leave a Reply