Menjadi pebisnis yang berkarakter

Saya seringkali bertemu dengan beberapa orang yang secara ilmu dan hal teknis sudah mumpuni, tapi mengapa mereka tidak bisa berhasil dalam bisnisnya ? Dan ketika dia mengajarkan tekniknya itu ke orang lain yang notabene biasa saja pengetahuannya, malah orang lain itu yang lebih berhasil.

Kesuksesan dalam bisnis sesungguhnya memang tidak hanya karena skill teknis saja, tapi ada banyak hal lain yang saling mendukung dan berhubungan, salah tiganya adalah KARAKTER, MINDSET (Pola Pikir) dan ATTITUDE.

Karakter seperti apa ?

Karakter (akhlak, budi pekerti, sifat, tabiat) yang baik, tidak mudah marah, positive thinking, mau bekerja keras, pantang menyerah, memiliki ambisi postif, mau konsisten dan berkomitmen. Sedang mindset berbicara soal pola pikir yang baik, mampu melihat peluang di dalam setiap masalah, mampu melihat jalan keluar di balik segala permasalah dst.

success

 

Dari infographic di atas, ada 2 ciri-ciri orang yang sukses dan tidak sukses

Orang sukses mempunyai ciri sifat : memberi selamat atas kesuksesan orang lain, mau memaafkan kesalahan orang lain (tidak pendedam), menerima tanggungjawab atas kesalahan yang ia perbuat, menulis catatan harian, ingin orang lain sukses, mencatat daftar ingin menjadi seperti apa, membuat tujuan hidup dan mengembangkan rencana hidup, terus menerus belajar, membuat daftar tindakan, mau menerima perubahan, memancarkan sukacita, membagikan informasi dan data, berbicara tentang ide-ide, membaca setiap hari, memberikan pujian atas keberhasilan orang lain, memiliki rasa syukur.

Sedang orang yang tidak sukses mempunyai ciri sifat : suka mengkritik, menyimpan dendam, menyalahkan orang lain untuk kesalahannya sendiri, katanya menulis catatan harian padahal tidak, sok tahu, diam-diam ingin orang lain gagal, tidak tahu ingin menjadi apa, tidak pernah membuat tujuan/target, memancarkan kemarahan, menimbun informasi dan data, membicarakan orang (gosip), takut perubahan, menonton tivi setiap hari, mengambil semua hadiah untuk keberhasilannya, memiliki rasa berhak (berhak untuk marah, berhak untuk menyuruh-nyuruh dst).

Namun karakter yang baik bukan cuma dibentuk, tapi juga harus dipertahankan.

Ada seorang atlit tinju yang sangat terkenal tiba-tiba menggegerkan dunia karena menggigit telinga lawan tandingnya…. Benar-benar kejadian yang tidak terduga.. Anda tentu tahu siapa dia yang mendapat julukan “si leher beton” itu. Karena dia tidak bisa membentuk dan mempertahankan karakter yang baik, pupus juga apa yang sudah dimulainya dengan baik.

Seringkali pula seorang yang sudah berhasil dalam hidupnya akhirnya jatuh gulung tikar karena tidak bisa membentuk dan mempertahankan karakter yang baik… Bukan karena kolesterol atau stroke, tapi karena WANITA atau PRIA idaman lain…. hehehe

Talents and charisma can take you to the top, but only character can keep you there.

Talenta dan kharisma dapat membuat Anda berada di puncak kesuksesan, tapi hanya karakter yang dapat membuat Anda tetap di sana

Mari menjadi seorang pebisnis yang BERKARAKTER!

Telah dibaca :244

1 thought on “Menjadi pebisnis yang berkarakter

  1. Wah, akur banget sama mas purba. Kalau melihat dari spek diatas, kayaknya aku belum termasuk orang sukses nihh.. Makasih banyak. Ini pekat bener, ilmunya bikin MELEK

    [Reply]

Tinggalkan komentar