Harga di tetangga lebih murah ? Bikin down deh

Ada seorang bertanya : “Pak, saya jualan produk A di web. Tapi waktu saya lihat di web lain ada yang jual lebih murah, saya jadi bingung. Gimana bisa laku produk saya kalau ada web lain yang menjual lebih murah. Padahal kan calon pembeli akan tahu soal itu”.

Pertanyaan itu terasa menggelikan memang, terutama bagi kita yang sudah lama berkecimpung di dunia marketing. Bukan bermaksud sombong lo ya ๐Ÿ™‚

Penanya tersebut sesungguhnya sedang dilanda “penyakit” yang namanya MENTAL BLOCK. Mentalnya sudah jatuh ketika melihat ada penjual lain yang harganya lebih murah. Dia berpikiran bahwa apa yang dia kuatirkan itu juga yang dirasakan oleh calon pembeli, padahal belum tentu semua calon pembeli berpikir demikian.

Bagi saya, tidak perlu kuatir ketika ada orang lain menjual dengan harga lebih murah atau bahkan memberikan diskon terlalu banyak. Yang sebenarnya terjadi adalah bahwa masing-masing penjual memberikan add valueร‚ย  (nilai tambah) yang berbeda.

Penjual A memberikan add value berupa harga yang murah. Penjual B memberikan add value berupa pelayanan yang cepat. Penjual C memberikan add value berupa layanan konsultasi gratis dan bisa dihubungi dengan mudah.

Anda termasuk yang mana? atau Anda punya add value yang lain?

Kalau saya sih lebih baik mengambil margin keuntungan yang besar, yang otomatis harganya juga lebih tinggi dari yang lain dengan tetap mengefisiensikan biaya pengeluaran. Add value yang saya berikan adalah berupa : kecepatan dalam layanan, support yang cepat dan gratis, layanan konsultasi gratis untuk klien aktif. Dan sebenarnya hal ini menguntungkan kedua belah pihak (win win solution), baik pembeli maupun penjual. Pembeli dapat support optimal, penjual dapat untung banyak ๐Ÿ™‚

Jadi jangan takut mengambil margin keuntungan yang besar dibanding yang lain. Selain itu bisa untuk manajemen risiko, Anda juga bisa gunakan profit tersebut untuk terus mengembangkan usaha Anda.

Yang penting : PeDe aja lagi…. rejeki ga akan kemana ๐Ÿ™‚

Telah dibaca :2904

1 thought on “Harga di tetangga lebih murah ? Bikin down deh

Tinggalkan komentar