Fungsi Spooring dan Balancing Ban Mobil

Ban mobil adalah salah satu faktor dalam keamanan dan kenyamanan berkendara. Anda harus selalu memperhatikan kondisi ban, baik ban itu sendiri, maupun dalam sistem koordinasinya dengan mobil Anda. Hal ini menjadi semakin penting bila Anda banyak melalui jalan dengan kondisi yang tidak bagus. Jalanan yang rusak akan merubah presisi ban Anda. Pada kondisi inilah Anda harus melakukan spooring dan balancing untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara.

Roda mobil merupakan salah satu komponen yang tidak fixed dan memerlukan settingan khusus agar ban mobil menapak sempurna pada permukaan aspal jalan. Settingan ini sewaktu – waktu dapat berubah dikarenakan penggunaan sehari – hari. Perubahan settingan ini biasanya tidak bisa diperkirakan kapan waktunya. Semuanya kembali lagi kepada kondisi jalan yang anda lewati dan juga cara Anda mengemudikan kendaraan. Jika anda lebih sering melewati jalanan dengan permukaan aspal jalan yang kurang bagus, settingan tadi akan lebih cepat mengalami perubahan.

Karena waktunya tidak bisa ditentukan, maka dari itu kita harus mengetahui gejala – gejala yang timbul akibat mobil jarang melakukan service spooring. Gejala – gejala yang sering terjadi biasanya dapat dirasakan ketika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, misalnya stir mobil bergetar dan atau mobil terasa seperti cenderung berbelok ke salah satu arah.

 

Fungsi Spooring dan Balancing Ban Mobil

Fungsi spooring mobil sebenarnya untuk meluruskan roda antara bagian depan dengan bagian belakang, agar kembali lurus sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh sipembuat mobil. Mengembalikan settingan keempat roda kepada settingan awal, agar sesuai dengan angka yang dianjurkan oleh pabrikan pembuat mobil tersebut.

Service balancing ban mobil biasanya dilakukan berbarengan dengan spooring. Biasanya balancing dulu baru spooring. Balancing ban mobil sendiri berfungsi untuk menstabilkan putaran ban mobil, memastikan apakah ban sudah seimbang pada titik pusat rodanya atau belum. Dilakukan dengan menambahkan pemberat (besi tempel) pada velg mobil, ban menjadi lebih stabil dan pastinya akan menambah kenyamanan anda ketika berkendara.

Kapan perlu balancing dan spooring ?

Karena service ini merupakan service yang sangat penting pada kendaraan, biasanya service spooring ini dilakukan setiap 6 bulan sekali. Namun, terlepas dari 6 bulan tersebut, biasanya banyak sekali faktor atau hal – hal yang dapat menuntut anda untuk melakukan service spooring lebih awal. Salah satu faktor yang dapat menuntut anda untuk melakukan spooring lebih awal yaitu kondisi jalan yang kurang bagus. Kondisi ini akan mempercepat settingan roda mobil berubah. Selain itu juga jarak tempuh yang biasa dilalui. Jika anda sering sekali melakukan perjalann jauh, anda bisa berpatokan kepada maksimal jarak tempuh untuk melakukan spooring yaitu setiap 10.000km sekali.

Bagi orang awam tentunya mengetahui kapan harus spooring dan balancing merupakan satu hal yang tidak mudah. Bahkan pasti ada yang bertanya apakah mobil saya perlu untuk spooring dan balancing ?

Untuk itu berikut ada beberapa hal yang bisa dijadikan indikasi bahwa waktu untuk spooring mobil dan balancing memang sudah tiba:

1. Setir Bergetar Saat Berkendara
Perhatikan dan rasakan apakah setir bergetar saat sedang berkendara. Setir yang bergetar menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan ban depan. Bahkan hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Saat anda merasakan hal tersebut, maka inilah saat yang tepat untuk melakukan spooring dan balancing.

2. Mobil Belok Sendiri Saat Melaju Lurus
Saat anda sedang melaju lurus, coba rasakan apakah ada pergerakan atau perasaan bahwa mobil berbelok dengan sendirinya. Jika mobil cenderung berbelok ke arah tertentu dengan sendirinya, maka hal ini merupakan indikasi bahwa ada masalah spooring.

3. Pastikan Tidak Ada Benjolan pada Ban Mobil
Untuk mengetahui ketidaknyamanan dalam berkendara, anda bisa mengecek keausan pada ban mobil. Perhatikan secara seksama dan menyeluruh. Jika ada benjolan pada ban, maka bisa jadi sistem suspensi mobil anda sedang bermasalah.

4. Setir Terasa Lebih Berat dari Biasanya
Jika terjadi masalah dan mengharuskan anda untuk spooring ataupun balancing, biasanya efek yang paling terasa terletak pada setir. Jika setir terasa tidak nyaman bahkan lebih berat dari biasanya, atau bahkan saat setir dibelokkan setir tidak mau kembali pada posisi semula, maka anda harus segera melakukan spooring dan balancing.

5. Terasa Goncangan Saat Membelokan Mobil
Saat membelokkan mobil, apakah terasa sedikit goncangan. Jika terasa goncangan padahal pada kenyatannya kondisi jalan terlihat bagus, maka bisa dipastikan bahwa ada masalah pada spooring dan balancing-nya.

6. Hilangnya Keseimbangan Mobil
Efek paling parah yang bisa muncul karena tidak adanya penanganan spooring dan balancing adalah hilangnya keseimbangan mobil. Hal ini tentunya bisa sangat berbahaya, terlebih saat anda sedang melaju pada kecepatan yang cukup tinggi.

Jika anda merasakan salah satu atau beberapa dari gejala-gejala di atas, maka anda harus segera mengecek dan memperbaiki mobil anda di bengkel yang terpercaya. Mungkin permasalahan ini awalnya terlihat sepele. Akan tetapi jika anda remehkan, efek yang lebih berbahaya bisa saya terjadi.

Selain tidak nyaman saat dikendarai, masalah ini juga bisa membahayakan keselamatan terlebih saat anda melaju pada kecepatan yang cukup tinggi. Saat-saat seperti ini sangat berpotensi kecelakaan. Terlebih saat anda melaju kencang dan kehilangan kontrol kendaraan anda.

Selain kenyamanan, masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dengan rajin atau melakukan secara berkala service balancing ini.

Apa saja? Berikut 10 (sepuluh) Manfaat Balancing Ban Mobil:

  1. Meningkatkan kenyamanan dalam berkendara
  2. Memaksimalkan umur ban mobil
  3. Menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan
  4. Menghindari keausan ban mobil yang tidak merata
  5. Memberikan efek yang lebih stabil pada fungsi stir
  6. Feedback kemudi menjadi lebih baik, atau posisi kemudi menjadi lebih mudah kembali setelah berbelok.
  7. Menghilangkan suara “berdecit” pada ban ketika berbelok
  8. Menyelaraskan kelurusan roda kemudi
  9. Meningkatkan stabilitas kendaraan
  10. Menjaga keawetan kaki – kaki mobil.
Telah dibaca :1

Tinggalkan komentar