Di mana ada gula, di situ ada semut

Juli 19, 2013

Kalau Anda berada di jawa, pernahkan Anda mendengar sebuah RS khusus bedah tulang yang tempatnya sangat “pinggiran” di Jawa Tengah? Saya sendiri belum pernah tahu persis RS-nya seperti apa dan daerahnya seperti apa, hanya pernah dengar saja dari pasien-pasien yang pernah ke sana. Ada sekitar 3 orang yang pernah cerita ke saya dan menyaksikan hal yang sama.

Banyak pasien dari luar kota datang ke sana setelah RS yang dituju pertama kali tidak sanggup untuk segera melakukan operasi. Demikian pula yang baru-baru ini terjadi dengan salah satu saudara saya yang mengalami kecelakaan sepeda motor. Karena rumah sakit negeri di Malang (Jatim) tidak sanggup untuk segera melakukan operasi (karena antri dlsb), terpaksa langsung minta dirujuk ke Solo. Dan di sanapun langsung ditangani tanpa antri lama.

RS ini belum pernah saya lihat iklannya di media. Bahkan webnya saja sangat sederhana. Tapi kenapa banyak pasien dari luar kota datang ke sana ?

Rata-rata memang pasien-pasien tersebut tahu informasinya dari mulut ke mulut. Meski di daerah pinggiran pun dan lumayan jauh, akibat adanya review yang luar biasa dari orang lain, maka keluarga pasienpun mau untuk datang.

Inspirasi apa yang bisa diambil dari sini ?

1. Pelayanan yang baik akan menimbulkan review yang baik pula

2. Review yang baik, akan meningkatkan keyakinan orang lain untuk turut percaya

3. Promosi tidak selalu dengan berbayar. Dengan mulut ke mulut justru akan berlaku promosi secara viral

4. Letak lokasi bukanlah suatu faktor dominan. Buktinya sekalipun di daerah pinggiran, orang mau datang karena mendengar review yang positif.

5. Konsistensi dan spesialiasi akan mendatangkan nilai lebih

Dimana ada gula, di situ akan ada semut. Di mana ada sesuatu yang baik, maka orang akan berdatangan

Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com

Leave a Reply