Ciri-Ciri Orang Yang Memiliki Good Attitude

Selain menjaga penampilan agar tetap nampak enak dilihat (good looking), kita juga harus memiliki perilaku yang baik (good attitude). Dengan good looking dan good attitude, tentu Anda akan dihargai dan dihormati orang lain.

Berikut ini ciri-ciri orang yang memiliki good attitude :

1. Suka lebih dulu menyapa

Menyapa orang lain yang Anda kenal atau orang asing, hal itu adalah hal yang baik. Menyapa orang lain membuat Anda menjadi orang yang terkesan ramah dan tidak sombong. Lakukan hal ini mulai dari detik ini ya! Ketika menyapa orang lain, hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah memberikan senyuman dan anggukan.

2. Berbicara dengan sopan

Masa sekarang, hal ini sudah mulai jarang dilakukan. Banyak orang-orang yang berkata kasar dan kurang sopan meski dengan orang yang lebih tua sekalipun. Jangan jadikan kata-kata kasar sebagai kebiasaan. Berbicaralah dengan sopan dengan siapapun lawan bicara Anda, termasuk kepada bawahan Anda. Jika ucapan yang biasa Anda lontarkan sudah sopan, maka Anda adalah orang yang sangat patut diapresiasi.

3. Tidak suka memotong pembicaraan

Dengarkan orang lain selesai berbicara terlebih dahulu. Jika ingin berbicara, katakan “boleh saya berpendapat?”

4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti lawan bicara

Ketahuilah bahwa tidak semua orang memiliki pemahaman yang sama dengan kita. Untuk itu cukuplah sabar menjelaskan lebih detail hal yang orang lain anggap cukup sulit, sampai orang tersebut paham.

5. Meminta maaf, berterima kasih dan mengucapkan kata tolong

Jika Anda sudah mempunyai sikap ini, maka Anda patut dibanggakan. Selama ini masih banyak orang yang sepertinya belum mengetahui sepenuhnya arti dari ucapan terima kasih, maaf dan minta tolong. Ucapan-ucapan ini menunjukkan bahwa Anda adalah tipe orang yang menghargai usaha dan keberadaan orang lain.

6. Mengutamakan kepentingan bersama

Lebih mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi adalah bukti bahwa Anda orang yang tidak egois. Mengesampingkan kepentingan individu dan mengutamakan kepentingan kelompok. Jika Anda masih belum atau sulit untuk menerapkan sikap ini, cobalah mulai dari sekarang mulai dari hal sederhana. Salah satu contohnya ikut membantu orang lain yang sedang kesusahan.

7. Berusaha menghindari konflik

Ketika Anda dihadapkan dengan suatu masalah dan membuat orang lain memancing emosi Anda, jangan turuti apa yang mereka harapkan. Bersikaplah dengan tenang dan selesaikanlah dengan kepala dingin. Jangan sampai membuat suatu konflik dengan orang lain. Hal yang lebih utama untuk Anda lakukan adalah meminta maaf kepada mereka meskipun bukan Anda yang memulai masalahnya. Maafkanlah orang-orang yang membuat masalah dengan Anda. Sikap ini sungguh luar biasa, jadilah salah satu orang yang suka melakukannya!

8. Tidak sibuk menggosip yang negatif tentang orang lain

Jangan sibuk mengurusi hidup orang lain, sebab setiap orang layak dihormati dan dihargai. Fokuslah pada hal-hal yang lebih berguna, misalnya ide-ide yang mampu memajukan diri atau memperbaiki lingkungan.

9. Ringan Tangan

Segera gerak cepat ketika ada orang lain yang sedang kesulitan atau membutuhkan pertolongan. Bantu dengan ikhlas, maka orang akan menganggap Anda memiliki VALUE.

10. Menaruh rasa hormat pada siapapun

Ketika Anda menghormati orang lain (menaruh rasa respek), maka orang juga akan respek dengan Anda. Misalnya ketika chat WA ataupun ngobrol langsung, selalu akhiri setiap pembicaraan itu pada diri Anda. Misalnya orang berkata “Terima kasih ya”, langsung respon dengan : “Sama-sama Pak, senang bisa membantu bapak”. Tentu rasanya akan beda jika Anda chat dengan seseorang, lalu tidak direspon apa-apa bukan ?

Demikian pula ketika Anda sedang ngobrol dengan orang, taruh dulu HP Anda. Jangan ngobrol sambil balas chat. Jika memang ada yang penting untuk segera dibalas chat atau telfonnya, Anda bisa meminta ijin dulu ke lawan bicara, misalnya : “Pak, mohon maaf saya minta ijin sebentar untuk membalas chat/telfon”. Hal itu akan membuat orang lain merasa dihargai.

 

Itulah beberapa ciri-ciri orang yang mempunyai attitude yang baik. Teruslah berbuat baik dengan siapapun tanpa pandang bulu.

HELP PEOPLE, GIVE VALUE, MONEY WILL FOLLOW!

253 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: