Cara Sederhana Menguji Respon Frekuensi Speaker

Mei 16, 2018

Setiap speaker mempunyai frekuensi respon atau frekuensi kerja. Ada alat yang digunakan untuk mengukur hal ini, tetapi posting ini memberi Anda cara cepat untuk memeriksa respons frekuensi loudspeaker di rumah hanya dengan menggunakan mata dan telinga Anda.

Frekuensi pendengaran manusia umumnya dimulai dari 20Hz pada ujung rendah hingga 20 KHz di ujung tinggi. Kebanyakan pendengaran manusia terjadi di tengah rentang ini, antara 1500Hz dan 4500Hz, tetapi rentang yang lebih tinggi dan lebih rendah adalah penting ketika mendengarkan musik.

Speaker diharapkan memiliki “respon datar” atau FLAT, yang berarti bahwa frekuensi rendah, menengah, dan tinggi semua memiliki volume yang sama. Speaker yang baik umumnya lebih mahal karena biaya bahan, kerumitan pembuatan, dan biaya merek.

Untuk menguji respon speaker Anda, silahkan klik tombol play di video ini :

Anda mendengarkan di speaker ANda suara dari frekuensi rendah hingga tinggi ? Mulai frekuensi berapa Anda mendengarkan dan frekuensi berapa berhentinya ? Apakah ada perubahan volume ?

Coba video ini di beberapa speaker dan Anda akan dengan cepat bisa mengetahui perbedaan antara speaker satu dan yang lainnya.Video di atas menggunakan volume yang sama dari frekuensi bawah hingga tinggi.

Kebanyakan speaker yang bagus hanya mulai berbunyi pada frekuensi 40Hz hingga 15 Khz. Macbook Pro berbunyi mulai 130 Hz, sedangkan headphone monitor saya merek ISK mulai berbunyi di frekuensi 20 Hz.

 

Incoming search terms for the article:

,cara mengukur respon frekuensi speaker,cara mengukur frequenzy speaker

Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com

Leave a Reply