Cara Mengatasi Gambar CCTV yang Bergaris

September 28, 2017

CCTV di rumah / kantor Anda gangguan seperti gambar di bawah ini ???

Anda tidak sendirian! 🙂

CCTV dibuat kerja 24 jam nonstop, bisa jadi 1 tahun ga pernah mati, bahkan bertahun-tahun, apalagi di kota yang listriknya jarang mati, pasti ada kerusakan karena panas yang terus menerus. Solusinya memang untuk CCTV harus dikasi kipas pembuangan / pendingin yang cukup agar tidak rusak. Yang panas umumnya adalah di adaptornya dan DVRnya. Untuk Adaptor, Anda bisa menggantinya dengan adaptor switching yang relatif tidak panas, tapi tetap harus dikasi tambahan kipas dan saluran pembuangan udara agar tetap dingin ya.

Gambar CCTV yang ada distorsi atau gangguan bisa disebabkan karena :

  1. Kabel yang sudah rusak. Kabel bisa rusak karena dialiri arus yang terus menerus. Mungkin karena kualitasnya tidak bagus sehingga panas.
  2. Konektor yang perlu diganti atau kurang “nancep”.
  3. Adaptor yang mulai rusak
  4. Kamera yang mulai rusak

Pertama saya curiga karena masalah DVRnya yang rusak karena semua kamera kok timbul gangguan, meski mulainya tidak bersamaan. Ada apa ya?

Lalu saya coba ganti DVR lain. Lo kok tetap?

Akhirnya saya coba ganti kabel, salah satu kamera setelah diganti kabel hasilnya masih tetap sama. Tapi satu kamera yang lain setelah diganti kabel hasilnya ada peningkatan luar biasa, tapi masih tetap kurang cling gambarnya. Ada garis tidak beraturan yang bergerak tidak stabil.

Wah, saya sudah mau orderkan kabel baru, tapi kok ternyata kabel cadangan yang saya milikipun masih tidak bisa mengatasi.

Apa karena pengaruh interferensi dari kabel coaxial internet biznet ya??? Okay, saya coba matikan router biznet. Dan hasilnya ? Masih tetap sama, tidak ada pengaruhnya.

Dugaan terakhir saya : ini pasti karena masalah listrik yang tidak stabil. Eit, tapi saya ga punya stavolt untuk mengujinya?? Ya sudah, coba deh saya ganti saja adaptor DVR. Dan taraaaaa….. Ternyata adaptor DVR yang menyebabkan semua masalah ini, selain masalah di kabel yang mungkin kena semprot air oleh tukang AC akibat saya tidak mengisolasi sambungan konektornya ^^.

Wah terlanjur kabel-kabel lama saya lepasin… 🙁

Semoga ini bisa untuk pengalaman kita semua.

Incoming search terms for the article:

,penyebab kamera cctv bergaris,cctv bergaris,gambar cctv buram bergaris,Kamera cctv bergaris

Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com

Leave a Reply




Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com