Biasakanlah Negative Thinking

Tidak selamanya negative thinking atau pikiran negatif itu jelek loh. Sebagai contoh ketika kata hati Anda berkata bahwa suatu hal itu tidak baik. Ada baiknya memang Anda biasakan mendengar intuisi Anda supaya Anda bertindak hati-hati. Tidak gusra-gusru.

Di kasus lain, negative thinking terhadap orang yang baru saja Anda kenal. Di pihak orang tersebut punya keyakinan bahwa : “Saya orang baik-baik. Tenang saja. Saya tidak akan mencelakakan Anda!“. Tapi pikiran Anda berkata : “Nih orang baru kenal tapi kok agresif sekali yah. Jangan-jangan nanti mencelakakan saya.” Hasilnya pikiran dan tindakan Anda jadi negative. Padahal siapa tahu orang itu adalah orang yang “dikirim” Tuhan untuk membantu Anda.

Coba kalau hal itu dibalik yah… Anda sebagai pihak orang itu.. Bagaimana perasaan Anda dicurigai seperti itu padahal Anda adalah orang baik-baik dan yang berniat baik ?? Tidak nyaman pastinya.

Di kasus lain, saya seringkali ketika menjadi penjual di internet mendapat perkataan “curiga” dari pembeli. Hal itu wajar aja sih, namanya juga baru kenal. Misalnya : “Bagaimana kalau kamu kabur???”. Atau “Bagaimana saya bisa mempercayai kamu??”. Tapi setelah terjadi transaksi, malah terkadang bisa jadi teman baik.

Saat saya dulu bekerja di sebuah klinik, saya mendapat pelajaran berharga dari owner. “Jangan pernah berpikiran negative, karena hal ini bukan saja tidak baik buat kesehatan, tapi juga buat kinerja perusahaan. Kalau semua saling curiga terhadap anggota team, mana ada rasa kepercayaan, dihormati dan saling menghargai??”.

Tidak hanya negative thinking terhadap orang lain yang harus dihindari, tetapi juga terhadap diri sendiri. Seperti “aku ga bisa…. jangan-jangan nanti kecelakaan waktu ke sana… aku tidak mampu..”.

So, tempatkan negative thinking pada porsi yang tepat. Jangan biarkan dipelihara terus menerus yang malah akan membuat tingkah kita jadi negative semua (rasa curiga, tidak percaya, malas bekerja, menyalahkan orang lain, tidak mau bertanggung jawab).

Saling percayai partner bisnis Anda dan rekan dalam tim kerja Anda.

Pikiran negatif sama berbahayanya dgn penyakit kanker, bila dibiarkan akan merambat ke pikiran negatif lainnya

Telah dibaca :12784

3 thoughts on “Biasakanlah Negative Thinking

Tinggalkan komentar