Begini Caranya Agar Anda Bisa Tetap Fokus

Kejarlah 10 ekor kera, maka tak 1 pun yang akan Anda dapatkan. Namun, jika Anda fokus dengan mengejar 1 ekor kera, maka peluang untuk mendapatkannya jauh lebih besar. Begitupun dengan Bisnis, FOKUS adalah harga mati yang tidak bisa ditawar!

ape-679910_640

Seringkali banyak orang lebih senang melihat banyak bisnis yg menggiurkan, lalu mereka kerjakan semua. Ini yang dinamakan dengan “MONKEY MIND“. Alih-alih mendapatkan hasil yang banyak, malah seringkali hal itu membuat mereka kehilangan Fokus. Dan bisnis yang dianggapnya menguntungkan tersebut akhirnya justru merepotkan, bahkan seringkali TEKOR alias NOMBOK.

Untuk level UKM, hasil yg paling bagus dalam berbisnis adalah FOKUS pada 1 bidang, pelajari, perdalam lalu kembangkan sampai benar-benar sukses dan menjadikan Aset. Karena problem klasik dari UKM adalah terbatasnya modal dan SDM. Dan untuk menjadikan bisnis benar-benar menghasilkan, minimal butuh 10 tahun waktu untuk belajar.

Jangan sampai seperti ini :

Beli banyak buku, tapi cuma buat koleksi
Beli banyak e-book, tapi ga pernah di baca
Rajin datang ke Seminar, tapi ga pernah dipraktekkan ilmunya
Seringkali bingung dengan banyaknya ilmu yg ditelan semua, yang pada akhirnya bikin pusing sendiri karena OVERLOAD. Target ga sampai-sampai, bisnis cuma berputar-putar disitu saja, hingga akhirnya kehabisan waktu, uang dan tenaga.

Saatnya Anda FOKUS pada 1 ilmu, lalu seriusi dan kembangkan. Kalau anda berbisnis sepatu misalnya, pelajari dari hulu hingga ke hilir tentang sepatu, terus kembangkan dan jadilah ahlinya”.

Ga ada cara rahasia dalam sukses berbisnis. Kuncinya cuma FOKUS dan KONSISTEN, lakukan terus menerus dengan kerja keras hingga benar-benar berhasil mencapai target yang diharapkan.

Pelajari bisnis Anda dari hulu hingga hilir, kembangkan dan jadilah ahlinya” – Dede Sulaiman Rich, Founder & Owner Choco Hut

Kalau Usaha yg satu belum kokoh dan menghasilkan secara kontinyu, jangan melirik yg lainnya dulu. Fokus sampai benar benar menghasilkan dan berkelanjutan. Setelah jadi passive income dan autopilot , silahkan dilanjut dengan usaha yang lain.

FOKUS akan terbelah bila Anda menghandel usaha yg semuanya baru mulai, kecuali anda Superman yg bisa multitasking. Hehehe… Ingat, tidak ada usaha yang 100% handsfree, kecuali Anda menanam saham atau berinvestasi berupa tanah dan emas.

 

Semakin simple dan semakin mudah, itu semakin bagus

Bisnis yang mudah dijalankan dan sederhana tapi menghasilkan banyak, itulah yang seharusnya menjadi fokus Anda. Karena mudah dan simple bagi Anda belum tentu itu mudah dan simple bagi orang lain.

Di sinilah esensi dari pernyataan di atas, yaitu : fokuslah pada apa yang menjadi kekuatan dan kemampuan Anda

 

Menyusun Skala Prioritas

Kita terkadang memiliki terlalu banyak rencana. Padahal, otak kita umumnya hanya mampu memprioritaskan 3 HAL. Ya, aturan angka 3, tidak lebih.

Ketika kita terlalu banyak rencana, kita bingung menentukan mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Dan ketika kita bingung, maka TINDAKANpun akan terus diundur-diundur, sampai akhirnya tidak ada satupun yang cepat terselesaikan.

Terlalu banyak rencana ==> otak jadi bingung

Untuk itu, Buatlah SKALA PRIORITAS. Susunlah 3 HAL UTAMA yang harus Anda lakukan terlebih dahulu (URGENT), kemudian fokuskan perhatian Anda pada 3 hal tersebut terlebih dahulu.

Kita memang tidak bisa fokus pada banyak hal, tapi kita bisa MENYUSUN SKALA PRIORITAS.

Telah dibaca :31

1 thought on “Begini Caranya Agar Anda Bisa Tetap Fokus

Tinggalkan komentar