Apa yang Anda kejar ?

person-110305_1280

Rata-rata yang namanya pengusaha itu yang dikejar adalah DUIT… Makanya jangan heran kalau mereka melihat duit langsung matanya jadi ijo .. hehehe.. Hal itu wajar sekali kok.

Tapi sebenarnya ada hal lain yang orang kejar, yaitu KEPUASAN ROHANI dan JASMANI.

Duit boleh banyak, tapi kalau hati ga tenang ??

Dan memang kemampuan otak, waktu, tenaga dan modal masing-masing orang tidaklah sama. Maka dari itu, tidak bisa omset menjadi tolak ukur karena memang PASSION dan kemampuan setiap orang pada dasarnya berbeda-beda. Tapi seiring bertambahnya kapasitas, maka pendapatanpun juga akan semakin besar dan semakin mudah mencapainya.

Masih ingat perumpamaan tentang gajah dan kulkas  kan ?

Seekor gajah besar mau dipaksa masuk ke sebuah kulkas yang kecil, jelas tidak akan muat. Solusinya adalah : kulkasnya yang harus diperbesar atau gajahnya yang kecil aja 😀

Gajah itu berbicara tentang rejeki atau PROFIT. Sedangkan kulkas itu berbicara soal KAPASITAS diri.

Memang besar kecilnya bisnis tergantung dari kemampuan ownernya. Jika ingin bisnis Anda jadi besar, maka Anda harus terus menerus mau untuk meningkatkan kemampuan diri Anda. Istilahnya adalah SCALE UP atau Terus UPGRADE DIRI!

Meningkatkan kemampuan itu bisa dengan mengikuti mentoring, coaching, seminar, workshop, baca buku, brain storming dengan komunitas, sharing dengan teman dll. Jangan cuma melulu di depan leptop dan tidak tahu hiruk pikuk di luaran 🙂

Nah, kita sering punya banyak ide, tapi tidak punya TENAGA untuk mengeksekusinya….

Kenapa ? Karena kita tidak punya GOAL yang kuat…

Gimana cara mengatasinya ?

Ini menurut coach Dewa Eka Prayoga dalam seminarnya di Yogyakarta bersama Jaya Setiabudi yang saya tulis ulang :


1. Buat goal yang menantang, spektakuler dan dramatis

Maksudnya adalah bukan goal yang mudah dicapai, tapi buatlah goal yang terasa mustahil untuk dicapai. Perihal bagaimana cara mencapainya, itu nomor sekian. Nanti dipikirkan sambil jalan.


2. Alasan yang kuat

Punya goal saja tidak cukup! Anda harus punya alasan yang kuat kenapa harus benar-benar berjuang mencapai goal tersebut. Disini bukan Anda lalu membayangkan Uang 1 M di rekening, melainkan membayangkan orang-orang yang Anda sayangi, apakah itu pasangan, orang tua, anak dll. Untuk siapa Anda sukses, demi siapa Anda berjuang sukses, dan sejenisnya, harus benar-benar tergambar jelas dalam benak dan pikiran Anda.


3. Strategi yang fleksibel

Ini baru bicara masalah strategi dan teknis. Dalam membahas tentang Laku Keras Gara-Gara Jualan Online, ada 3 poin penting, yaitu Traffic, Conversion, dan Relationship. Jika omzet penjualan online Anda ingin meningkat drastis, maka perhatikan tiga hal tersebut. Trafficnya diperbanyak dengan memanfaatkan 3 sumber trafik (organic, paid, direct), Coversionnya dipertinggi dengan menguasai ilmu copywriting dan teknik closing, dan Relationshipnya diperbagus dengan membangun database (list building email, no HP, pin BB, grup member fesbuk). Kalau tiga hal tersebut sudah Anda kuasai, maka jualan Anda bakalan laku keras nggak karuan, alias Laris. Buktikan!

(Seorang teman berkata kepada saya : “Bisnis itu cari yang gampang-gampang aja mas tapi hasilnya gede)

Hanya saja… Tiga hal tersebut saja ternyata tidak cukup, ada dua hal lagi yang tak kalah penting dapat menentukan kesuksesan Anda, yaitu ACTION dan KOMITMEN. Sehebat apapun strategi dan tekniknya, kalau nggak di-EKSYEN-kan, percuma!!!… Kalau udah eksyen, tapi nggak komitmen, percuma juga… Semangatnya cuma di awal-awal doang!

Hal ini cocok sekali dengan apa kata Thomas Alfa Edison, yaitu yang disebut jenius itu adalah : 1% inspirasi + 99% kerja keras. Itu artinya kita harus bekerja keras agar ide-ide kita bisa terlaksana.

Oya, ngomong-ngomong soal ide nih, saya mau cerita pengalaman saya… Boleh kan ? hehehe

Tahun 2010 saat saya masih awal-awal merintis bisnis hosting dan streaming, saya bercerita dengan seorang teman… Lalu dia bilang : “Emangnya jualan streaming gitu laku apa??? Coba kamu hitung dulu berapa banyak radio di jawa timur yang masih eksis ??? Susah lo ngasi supportnya, ribetttttt”

Saya sempat down saat itu karena melihat jumlah klien juga masih sedikit dan susyah sekali mendapatkannya… hmmm… Sempat putus asa dan menyerah, sementara hasilnya juga masih dikittt… Tapi karena sudah passion saya di dunia broadcast, maka business must GO ON!!!..

Seandainya saja saya mau mendengarkan apa kata teman itu dan larut dalam kebimbangan, mungkin Anda tidak akan pernah mendengar yang namanya klikhost.com dan membaca email-email saya ini.. hehehe….

Demikian pula saat saya punya ide membuat layanan autoresponder, yaitu viosender.com. Ada seorang teman yang saya ajak ngobrol berkata : “Eh, apa ga susah tuh entar maintenancenya ?? entar kalau emailnya masuk spambox terus gimana?” Dan memang benar, awal-awal saya merintis viosender, beberapa kali mengalami hal yang dikuatirkan dari awal tersebut. Tapi bersyukur, semua itu bisa dilewati… Dan semakin banyak ilmu yang didapat karena mau mengalami masalah demi masalah tersebut.

Penghasilan dari viosender sendiri memang tidak terlalu banyak. Tapi saya seneng ketika mendengar kisah sukses pengguna viosender yang cerita ke saya : “Mas, saya sebulan bisa dapat 3-8 juta loh hanya dari email marketing”. Ada juga yang cerita : “Mas, saya 3 bulan sekali mengadakan workshop, dan data pesertanya cuma dari optin yang saya pasang di web…. Dan luar biasa, sekali bikin workshop, saya dapat 100 peserta dengan profit bersih sekitar 200 juta”…. Hal ini merupakan kepuasan tersendiri, melebihi rejeki berupa uang yang saya dapatkan.

Cerita lainnya yaitu saat saya awal-awal membuat klikwebinar… Sempat ada orang yang menyeletuk : “Eh, kamu mau bikin webinar tandingan ya??? apa ga sungkan tuh sama dia?”… Sontak saya jawab : “Ini bukan webinar tandingan.. tp sebagai pengisi waktu luang saya saja.. Daripada punya waktu dan ilmu cuma dipendem saja, mending saya gunakan untuk hal yang positif dan membangun”.

Andaikan saya frustasi gara-gara perkataan tersebut, mungkin tidak akan ada 25 lebih video replay klikwebinar yang bisa Anda nikmati 🙂


Sudah siap untuk memperjuangkan mimpi Anda ??

Sekarang gantian saya mau mendengarkan kisah Anda… Komen di post ini.. Boleh curhat atau add pin BBM saya : 74C7D431

Telah dibaca :231

Tinggalkan komentar