5 Tahun Full Time Jadi Pedagang Online

Saya mengenal dunia internet marketing mulai dari tahun 2008. Awalnya iseng-iseng ngeblog di wordpress.com, kemudian jadi kecanduan dan ingin mencoba beli domain dan hosting serta belajar wordpress self hosted. Memutuskan untuk fulltime sejak pertengahan februari 2011. Kala itu saya baru sekitar 4 bulan lulus jadi dokter umum. Eman banget ya ? hehehe.. Kuliah 4 tahun + 2 tahun tapi ga dipakai ilmunya #eh

Saya lebih tepat menyebut sebagai pedagang online ketimbang internet marketer, karena memang saya menjual, bukan sekedar memasarkan. Selama 5 tahun fulltime, banyak suka dan duka yang saya alami hingga saat ini, yang membuat saya harus terus menerus belajar dan belajar, berbenah dan terus berbenah. 5 tahun fulltime jadi pedagang online, itu artinya sama juga 5 tahun saya tidak pernah praktek lagi sebagai dokter umum.

Saya pernah mencoba beberapa cara mendapatkan uang dari online akibat sering mengamati status teman-teman. Setelah saya mencoba, ternyata saya merasa bahwa itu bukan passion saya. Akhirnya satu persatu saya unfollow karena bisa mengganggu fokus saya. Saya mau fokus pada sesuatu yang sudah saya mulai, meski hasilnya tidak sebesar mereka. Saya mau fokus membuatnya jadi besar dan semakin besar seiring bertambahnya kapasitas yang saya miliki. Just follow my passion!

office-583841_640

Sewaktu kuliah, saya seringkali menulis-nulis di lembar belakang hangout kuliah. Saya tulis di situ mimpi-mimpi saya, struktur perusahaan yang ingin saya bangun dll…. Meski akhirnya banyak mimpi saya yang tidak sesuai, tapi saya bersyukur bisa bekerja dari rumah dan dari mana saja, bisa mengikuti perkembangan anak setiap hari, mendampingi istri (meski waktunya seringkali bentrok dengan jam kerja) dll.

Saya sering bertemu dengan beberapa teman lama. Mereka ada yang tertarik berjualan online, tapi pada akhirnya mentok tidak berjalan karena kurangnya semangat dan daya juang. Memang tidak semua orang cocok untuk berjualan di online. Kalau saya pribadi memang orang teknis… Dari sejak SMP saya sudah mengenal dunia komputer. Dan SMA saya sudah kenal dunia programming. Jadi kenal dunia internet marketing sebenarnya bukan sesuatu yang tiba-tiba bisa, tapi karena hal itu ada titik-titik yang saling berhubungan dengan masa lalu saya.

Saya waktu masih SMA punya cita-cita : “Nanti kalau saya sudah punya cukup uang, saya akan beli sound system profesional. Saya akan bikin pemancar radio FM. Saya akan bikin studio musik. Saya akan beli kamera video shooting. Dst”…. Dan setelah memiliki cukup uang, saya segera mewujudkannya, yang bagi saya cukup mahal. Wajar saja, karena waktu SMA saya punya keinginan seperti itu tapi tidak pernah kesampaian. Hingga istri saya pernah bilang : “Papa menghamburkan banyak uang untuk hobi”. Ya memang untuk hobi, yang seringkali dibalut dengan alasan lain yang lebih mulia agar tidak terkesan sia-sia.. hehehe…

Pesan saya untuk Anda yang masih kuliah atau belum memiliki usaha yang tetap, tetaplah bersemangat untuk belajar dan belajar dan terus praktek hingga menemukan pola yang tepat dan cocok. Saya dulu waktu kuliah juga sering ikut seminar/training/workshop yang berkaitan dengan dunia bisnis. Bahkan saya juga sering ikutan presentasi dari MLM tertentu yang berusaha saya serap ilmunya meski tidak pernah terlibat sebagai member MLM. Dan ada satu hal yang cukup mempengaruhi adalah : teman-teman di sekeliling saya. Beberapa di antaranya adalah Michael Lumintang (pengusaha apotek dulunya, sekarang sedang menjadi Resident Spesialis Bedah Saraf di RSUP H. Adam Malik Medan), Andree Hartanto (Residen Spesialis Obygin), Lengkung Kusumo (Kakak kelas angkatan 2003 di Pendidikan Dokter Universitas Brawijaya Malang yang pernah 1 stase di Ilmu Kesehatan Anak RSSA Malang sekitar tahun 2009). Karena mereka sering ngomongin soal bisnis, lama-lama saya jadi tertarik dengan dunia bisnis. Hehehe…. Hingga akhirnya keterusan.

Telah dibaca :61

Tinggalkan komentar