7 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Setelah Membeli Mobil

September 9, 2013

Membeli mobil memang harus dipikirkan matang-matang, karena selain harga yang tak murah, biaya yang dikeluarkan nantinya juga relatif besar bagi sebagian orang.

https://i0.wp.com/purbakuncara.com/wp-content/uploads/2013/09/oxC3mOg.png?ssl=1

Berikut ini 6 pertanyaan yang bisa Anda tanyakan pada diri Anda sendiri sebelum memutuskan membeli mobil baru / bekas untuk pertama kalinya :

  1. Apakah saya harus membelinya sekarang ? Alasannya (sebutkan 5 alasan) ?

  2. Apakah saya sanggup membayar biaya perawatan dan pengeluaran BBM yang lebih besar dari sepeda motor ? Rata-rata habis 200-500ribu per minggu lho kalau buat perjalanan dalam kota-kota saja.

  3. Apakah saya sanggup membayar pajak yang 10 kali lebih besar dibanding sepeda motor? di atas 2 juta per tahun

  4. Apakah saya membeli mobil hanya untuk tujuan gengsi semata atau memang digunakan untuk keperluan keluarga dan bisnis ?

  5. Apakah saya membelinya secara cash atau kredit ? Di bank mana yang biaya kreditnya lebih ringan ?

  6. Apakah saya membeli transmisi matic atau manual ? Transmisi matic memang lebih mahal, tapi tidak bikin gampang capek kalau sering terjebak macet.

Anda tentu sudah punya bayangan mobil apa yang akan Anda beli. Misalnya Anda ingin beli Honda Jazz 2018 yang harganya sekitar 240 juta, atau Low MPV seperti Mitsubishi xPander seharga 200-an juta? Apa yang akan Anda lakukan setelah membelinya ? Berikut ini saya buat beberapa hal yang bisa segera Anda lakukan :

1. Pasang Kaca FILM

Saya kurang tahu apakah mobil yang Anda beli sudah termasuk kaca film. Jika termasuk kaca film, cek apa mereknya. Saran saya gunakan kaca film merek v-kool karena relatif bisa menahan panas. Cuma memang harganya paling mahal untuk saat ini. Tapi jangan heran juga bahwa sekalipun sudah pakai vkool masih tetap panas sewaktu pintu mobil baru dibuka, apalagi diparkir di halaman yang panas.

Umumnya mobil baru saat ini sudah termasuk kaca film bawaan, seperti merek solar guard dll. Tidak perlu diganti, sudah terima saja dari pada keluar biaya lagi. Mau beli merek kaca film semahal apapun masih tetap akan panas kok kalau mobilnya dipanaskan di ruang terbuka. Hehehe…

Jangan tergiur dengan OMONGAN sales yang mengatakan bahwa “merek kaca film ini bagus banget dalam menolak panas”… Ya iyalah, secara dia memang dapat KOMISI dari toko yang menjualnya… Dan komisinya cukup besar…. HATI-HATI, biasanya harganya jadi terlalu tinggi! Beda dengan kalau anda beli langsung ke variasi.

2. Pasang Karpet Dasar

Umumnya mobil sudah ada karpet dasarnya, cuma tipis ya…. Dan kalau ketumpahan air pasti tembus, bisa bikin besi berkarat lho… Solusinya adalah dengan melapisi karpet dasar lagi yang tahan air, misal dengan bahan sejenis oscar.. Maksudnya mirip seperti oscar, tapi bukan oscar ya… Jadi kalau ketumpahan air, dia tidak meresap, sehingga bisa dibersihkan dengan kanebo.

Waktu saya beli mobil xpander di akhir tahun 2018, saya ditawari oleh sales untuk pasang karpet dasar ini yang tebal, harganya 850rb… Tapi ternyata setelah saya tanyakan ke tempat yang memasangnya, harga aslinya cuma 450rb untuk yang tebal dan 300rb untuk yang tipis… Ya jelas pihak variasi butuh uang untuk memberikan komisi bagi si Sales kan, jadi wajar kalau harganya jadi tinggi… Kalau mau menghemat, jangan mau jika ditawari sales untuk beli ini itu lewat dia, karena pasti lebih mahal.

3. Asuransi Mobil

Saya sarankan untuk mengambil asuransi yang ALL RISK. Cari asuransi mobil yang bekerjasama dengan bengkel resmi kendaraan Anda, sehingga pengurusan klaimnya lebih gampang tanpa perlu repot menghubungi pihak asuransi. Anda tinggal memasukkan ke bengkel resmi, maka mereka yang akan mengurusi klaimnya. Tentunya ada biaya yang harus Anda tanggung sendiri, sekitar 250rb/kasus.

Menurut survey yang saya lakukan, umumnya preminya (sekitar 2,1% dari harga jual mobil).

Asuransikan pada saat posisi mobil masih ada di dealer, sehingga tidak perlu dilakukan pemeriksaan.

Dengan asuransi maka anda tidak perlu was-was jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya tercuri, kebakaran, kerusakan akibat banjir, kaca mobil dihancurkan, velg mobil dicuri dll.

Pernah saya ketemu dengan seorang yang memiliki mobil honda jazz, kecelakaan saat dikendarai anaknya sedang mengantuk dan masuk di bawah kolong gardan truk fuso. Alhasil mobilnya harus diperbaiki dengan biaya 60juta lebih. Andaikan dia mau membayar premi asuransi 4-5juta setahun, tentu tidak perlu membayar 60juta.

Eits, krn biaya asuransi ini cukup mahal, sebaiknya Anda pertimbangkan matang2, apalagi harus bayar 250rb/kasus. Jika Anda sudah mahir dalam mengendarai mobil, apalagi hanya di dalam kota saja jaraknya, asuransi tidak terlalu berguna.

Kalau Anda beli mobil secara kredit, maka otomatis akan dikenakan asuransi. Coba nego agar asuransinya tidak full selama sepanjang waktu kredit, tapi hanya 1 tahun saja all risk, lalu tahun kedua beli asuransi sendiri.

4. Sensor parkir dan kamera parkir

Berguna jika mundur ke belakang. Meskipun Anda lihai dalam menyetir mobil, tapi ada kalanya juga konsentrasi sedang menurun. Dengan adanya sensor, maka bisa memberitahu kita jika ada sesuatu yang dekat dengan belakang mobil kita. Harganya sekitar 250rb untuk 2 sensor di belakang.

https://i1.wp.com/purbakuncara.com/wp-content/uploads/2013/09/7YyYDTl.png?ssl=1

Tapi umumnya mobil sekarang sudah terpasang sensor parkir.

Oya, sebaiknya juga dipasang kamera mundur yang biasa aja, harganya berkisar 400-800rb. Atau bisa juga pakai kamera 360 derajat yang harganya berkisar 2,5 – 7 jt.

5. GPS Navigator

Berguna saat perjalanan ke luar kota yang kita tidak tahu petanya. Anda bisa menggunakan GPS merek iware. Harganya sekitar 1,2 juta. 

Saat ini GPS navigator sudah bukan lagi barang yang perlu karena umumnya head unit android sudah ada GPS di dalamnya. Dan lagi, pakai HP juga lebih gampang kok.

6. GPS Tracker

Berguna untuk mengunci jarak jauh dengan SMS dan leptop, serta menemukan mobil kita ketika tercuri. Anda bisa menggunakan merek Neosmart ataupun autotrack. Harganya sekitar 1 – 1,8 juta.

7. Teflon / laminating / coating mobil Anda biar kinclong

Biar cat mobil Anda mengkilat, cobalah bawa di teflon atau nano-ceramic. Dengan diteflon, mobil Anda akan terlihat mengkilat dan terkesan seperti baru terus. Selain itu, juga melindungi cat dari cuaca seperti panas matahari dll. Umumnya wajib perawatan untuk dipoles ulang setiap 6 bulan sekali agar lapisan terluar tetap terjaga, dengan biaya sekitar 500rb.

Misal di PPS Indo ataupun di SCUTO. Untuk mobil tipe sedang seperti Low MPV berkisar 3-4 juta.

 

Jika masih keluarga kecil (1-3 orang anak), menggunakan honda jazz saja sudah cukup. Asyiknya mobil kecil jika mau belok-belok memutar lebih gampang daripada mobil besar. Tapi jika sekaligus untuk bisnis, maka pilihlah MPV seperti : xenia, avanza, ertiga, xpander.

Telah dibaca :54224

Leave a Reply