Tips Cara Mengurangi Sifat Egois Diri Sendiri

banner-1071785_640Kalau orang merasa berduit dan merasa sanggup membayar apa saja, pasti sadar atau tidak dia akan bersikap merendahkan orang lain yang bisanya cuma meminta. Dan seseorang yang egois bisa dilihat dari sikapnya. Dia tidak akan mau melakukan sesuatu dengan ikhlas jika itu bukan menyangkut kepentingan pribadinya.. Jika itu tidak menguntungkan buatnya. Sehingga jika dimintai tolong akan sering menggerundel, marah-marah dlsb karena harus berkorban tenaga, waktu dan uang untuk orang lain, meski itu untuk keluarga sendiri.

Kita sering mencela orang lain dengan perkataan “kamu itu egois”, “dasar manusia egois” dsb. Tapi tahukah Anda apa itu sebenarnya sifat egois?

Egois berasal dari kata “ego”, yang sebenarnya bukanlah sesuatu yang negatif. Ego dapat memiliki makna sebagai “aku”; sebuah pribadi, diri sendiri, sebuah konsep individu tentang dirinya sendiri. Tidak ada yang negatif dari kata ini. Ego justru merupakan suatu langkah kebaikan dimana seorang individu sadar akan dirinya sendiri. Namun, ketika kata “ego” diberi akhiran –is dan menjadi “egois”, artinya itu menjadi individu yang mementingkan diri sendiri.

Penelitian menunjukkan bahwa seorang yang pandai dan berkuasa cenderung memiliki sifat egois, karena memang jalan pikiran dialah yang dirasa paling benar. Ini erat kaitannya dengan pola pikir. Sebenarnya, sikap egois itu tidak selalu menjurus kearah yang negatif, tetapi di saat sifat egois atau sifat ke“aku”an ini sangat besar, akan jadi masalah.

Pribadi egois adalah pribadi yang melihat segala sesuatu dari kacamatanya. Ia tidak bisa memahami pikiran orang, perasaan orang, dan selalu menuntut orang untuk mengikuti pendapatnya.

Pribadi egois juga pribadi yang mementingkan dirinya sendiri. Dia tidak bisa mempertimbangkan kebutuhan orang, senantiasa mengedepankan kebutuhannya di atas kebutuhan orang lain.

Dapat disimpulkan bahwa pribadi yang egois adalah pribadi yang susah sekali untuk tulus, sebab ujung-ujungnya adalah demi kepentingannya sendiri. Sebaiknya kita harus mengurangi sifat egois yang ada dalam diri kita.

Ada beberapa tips untuk menghilangkan sifat egois: ↓
1. Selalu positive thinking pada orang lain, jangan biarkan pikiran negatif masuk kepikiran Anda.
2. Jangan suka membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain.
3. Kembangkan empati Anda terhadap orang lain.
4. Kembangkan sikap melayani dan mendahulukan kepentingan orang lain.
5. Sabar dan selalulah tersenyum 🙂

Menjadi egois adalah penting. Namun, jangan jadikan egois sebagai sifat yang menetap. Gunakan egois seperlunya saja. Tapi sekali lagi ini semua kembali ke diri kita masing-masing.

 

Telah dibaca :138

Incoming search terms for the article:

,cara menghilangkan sifat egois,sifat ego,cara menghilangkan sifat egois diri sendiri,cara menghilangkan egois,cara mengatasi sifat egois,cara menghilangkan sikap egois,cara mengatasi egois,cara menghilangkan rasa egois,sifat egois,menghilangkan sifat egois,egois adalah sifat,Belajar bersikap menghindari sifat egois

Tinggalkan komentar