Jadi Penyiar Radio : Sikap Saat Siaran

Agustus 27, 2017

Ternyata siaran itu tidak hanya sekedar ngomong ya…. Tapi ada sikapnya juga. Sikap di udara (On Air Attitude) seorang penyiar radio antara lain :

1. BICARA KEPADA SATU ORANG
Bayangkan, pendengar itu satu orang! Orang yang baru pertama kali berbicara di radio sering secara salah memvisualkan pendengarnya –membayangkan bahwa pendengar itu ribuan. Padahal, orang yang mendengarkan itu dalam kelompok berjumlah satu orang (in group of one). Ya, bayangkan pendengar itu satu orang saja!

2. PENDENGAR = TEMAN AKRAB
Berbicaralah layaknya kepada teman akrab (intimate friend). Lihat wajah teman Anda itu dalam “pikiran mata” (mind’s eye) Anda.

3. SENYUMLAH
Senyumlah, meski pendengar tidak melihat Anda. Berbicara dengan senyum, akan terasa hangat, ramah, friendly, di telinga pendengar.

4. KONTAK MATA
Lakukan kontak mata! Pandanglah ia sekali-sekali untuk melakukan kontak mata (eye contact), meskipun hanya ada satu orang di ruangan, yaitu Anda sendiri! Hehehe

5. GESTURE
Gunakan gerakan tubuh (gesture), meskipun tidak ada orang yang melihat Anda. Anda adalah aktor. Saat berbicara di depan umum (public speaking), jika Anda punya microphone portable (mudah dibawa), bergeraklah mengitari panggung. Bayangkan Anda adalah seorang aktor yang sedang “mentas” di televisi.

6. JEDA
Jedalah untuk beberapa detik untuk membiarkan pesan Anda sampai ke pendengar. Saat jeda, buatlah kontak mata. Anda juga bisa jeda jika mencari gagasan berikutnya.

7. INFLEKSI
Pelajarilah cara orang berbicara saat ngobrol dan gunakan pola pembicaraan itu ketika membaca naskah. “Intiplah” pembicaraan orang di restoran. Perhatikan bagaimana dinamika vokal mereka berfluktuasi: lebih keras, lebih lembut. Juga perhatikan obrolan itu berubah-ubah arah dan bagaimana tingkat lagu kalimat (range of inflection) mereka melebar.

8. KONSENTRASI

Radio adalah media publik. Jangan asal berbicara ketika siaran, apalagi ngomong yang ga jelas dan tidak terarah. Misal lagu backsound sudah dikecilkan volumenya, waktunya ngomong malah bengong. Hehehe… Hal seperti itu tidak boleh terjadi. Atau terlalu banyak kekosongan karena bingung mau ngomong apa. Hal ini juga tidak boleh terjadi. Konsentrasi itu penting, makanya penting untuk menyediakan air putih di meja siaran Anda 🙂

Apalagi jika Anda ditugaskan untuk siaran di pagi hari, jangan belum mandi dan gosok gigi terus siaran. Persiapkan diri Anda : mandi, gosok gigi, sarapan, pakai baju yang rapi, baru siaran. Kalau bisa awali selalu setiap pagi dengan olahraga biar energi dan bersemangat.

Sumber : internet

Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com

Leave a Reply




Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com