Cara Mutasi SIM Antar Kota/Kabupaten Dalam 1 Propinsi

Maret 10, 2016

Pengalaman saya dalam mengurus mutasi SIM sangat mudah dan gampang sekali. Saya urus sendiri dan tanpa calo satupun. Berikut ini cara melakukan mutasi SIM sesuai pengalaman saya. Yang saya mutasi adalah SIM A dan C.

mutasisim

Hari pertama :

  1. Datang ke tempat pengurusan SIM di kota / kabupaten asal. Langsung saja ke bagian mutasi untuk cabut berkas. Sebelumnya, Anda siapkan fotokopi KTP yang baru, SIM lama serta MAP. Biasanya tempat fotokopi di sekitar situ sudah mengerti kalau Anda bilang ingin mutasi SIM. Silahkan tumpuk berkas Anda dan menunggu panggilan.
  2. Setelah dipanggil, Anda akan mendapat surat pengantar. Anda bisa segera bergegas untuk mengurusnya.

Di hari pertama ini Anda tidak mengeluarkan biaya sepeserpun selain biaya transport dan fotokopi

 

Hari kedua :

  1. Anda datang ke tempat pengurusan SIM di kota/kab yang Anda tuju. Siapkan surat keterangan sehat dari dokter terdekat. Agar Anda tidak salah, sebaiknya Anda bertanya dimana dokter yang bisa dimintai surat keterangan sehat. Umumnya biayanya Rp. 20.000,-. Jika 2 SIM, maka butuh 2 surat keterangan, yang artinya bayar Rp. 40.000,-
  2. Anda beli MAP warna biru (soal warna silahkan tanyakan dulu ke petugasnya agar tidak keliru).
  3. Lalu datang ke loket pendaftaran. Serahkan semua berkas-berkas Anda + surat pengantar. Ingat, Anda harus fotokopi ulang surat pengantar tersebut sebanyak 2 kali jika yang Anda urus adalah SIM A dan C.
  4. Anda akan dipanggil oleh bagian pendaftaran, lalu disuruh melakukan pembayaran di loket pembayaran. Setelah itu Anda menunggu panggilan untuk foto.

Di hari kedua ini biaya yang Anda keluarkan adalah sebesar biaya perpanjangan SIM, biaya surat keterangan sehat dan biaya foto.

Note : Jangan baper (bawa perasaan) jika mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari oknum petugas. Misalnya ogah-ogahan dalam menjawab pertanyaan Anda. Cuekin aja! 🙂

Semoga bermanfaat!

Incoming search terms for the article:

,cara mutasi sim,mutasi sim,syarat mutasi sim,cara mutasi SIM C,mutasi sim tanpa cabut berkas,persyaratan mutasi SIM,cara mutasi sim online,Mutasi sim c,cara cabut berkas sim,cara mutasi sim antar kabupaten,biaya mutasi sim,perpanjang sim beda kabupaten,syarat cabut berkas sim,cabut berkas sim,prosedur mutasi sim,syarat mutasi sim c,mutasi sim online,cabut berkas sim secara online,biaya mutasi sim c,https://purbakuncara com/cara-mutasi-sim-antar-kotakabupaten-dalam-1-propinsi/,persyaratan cabut berkas sim,cara mutasi sim antar kota,cara perpanjang sim beda daerah,cara pindah sim,cara pindah alamat sim,cara mutasi sim 2016,persaratan mutasi sim,cara cabut berkas sim c,syarat mutasi sim antar kota,sim pindah kabupaten,sarat mutasi sim,Perpanjang sim pi,langkah cabut berkas sim secara online

Ingin mendapatkan email inspiratif dari Purba Kuncara langsung ke inbox Anda ?

Silahkan daftar di mailing list purbakuncara.com

No Responses to “Cara Mutasi SIM Antar Kota/Kabupaten Dalam 1 Propinsi”

  1. Tadi siang saya dipolretabes Bandung ternyata ehhh ternyata….makin ribet aj urusan perpanjangan SIM, malah ada yg minta terima beres 300 ribu.

    [Reply]

Leave a Reply