Cara menonaktifkan Automatic Update pada Windows 10

Maret 30, 2017

Leptop di studio tiba-tiba tidak bisa digunakan karena proses update. Karena posisi saya di luar kota, akhirnya saya suruh teman untuk mengantarkannya. Saya berikan leptop pengganti, lalu yang update tadi saya restore sekalian ke settingan awal windows biar tidak gampang error.

Agar hal ini tidak terulang lagi karena cukup mengganggu pekerjaan, apalagi proses update terkadang tidak bisa dihentikan sekalipun sudah direboot, maka berikut ini cara menonaktifkan automatic update windows 10 :

Langkah 1 : Defer Upgrade

Pertama khusus bagi kamu pengguna Windows 10 Pro, kamu bisa mematikan automatic update secara halus melalui opsi Defer Upgrade.

Defer Upgrade artinya meminta Windows 10 untuk tidak mendownload dan menginstall update dalam jangka waktu hingga maksimal 8 bulan.

Kelebihan Defer Upgrade, kamu bakal tetap akan mendapatkan patch security sehingga Windows 10 kamu tetap aman, tetapi untuk update berupa fitur baru dan peningkatan fitur bakal tidak didownload sehingga kuota kamu bisa lebih hemat.

Nantinya kamu tinggal matikan Defer Upgrade dan melakukan Check Updates begitu terhubung dengan koneksi berkuota melimpah. Simple sekali khan?

Untuk mengaktifkan Defer Upgrade, buka Windows Update > Advanced Options

Setelah itu tinggal centang aja Defer Upgrade.

Tetapi ingat, opsi ini hanya ada di Windows 10 Pro saja. Bagi kamu pengguna Windows 10 Home tidak bisa melakukan cara halus ini.

 

Langkah 2 : Mematikan Services Windows Update

Dengan cara ini Windows Update akan mati total, termasuk juga update untuk patch security. Jadi pastikan jika kamu menggunakan cara ini, begitu terhubung ke internet dengan kuota melimpah segera lakukan update agar Windows kamu tetap secure dan optimal.

Untuk mematikan automatic update di Windows 10 dengan cara mematikan services nya, langsung saja buka Services.

Setelah itu cari Windows Update > Klik kanan > Properties

Setelah itu Stop Windows Update Services tersebut dan ubah opsi Startup type ke Disabled.

NB: Mematikan Windows Update Services bisa membuat kamu tidak bisa menggunakan Store dan tidak bisa mendownload Modern Apps. Kalau bagi saya sih tidak masalah hal ini karena program yang saya gunakanya ya itu-itu saja 🙂

Selamat mencoba!

Telah dibaca :15

Leave a Reply