Alamat IPv4 Privat Yang Direkomendasikan

Beberapa waktu lalu ada seorang teman cerita kalau ada temannya yang suka “ngawur” kalau bikin IP static di simple queue mikrotik. Akibatnya beberapa web tidak bisa diakses.

Dalam jaringan internet, jaringan pribadi (private network) adalah jaringan komputer yang menggunakan ruang alamat pribadi dari alamat IP. Alamat ini biasanya digunakan untuk jaringan area lokal (LAN) di lingkungan perumahan, kantor, dan perusahaan. Spesifikasi IPv4 dan IPv6 menentukan rentang alamat IP privat.

Alamat jaringan pribadi tidak dialokasikan ke organisasi tertentu. Siapa pun dapat menggunakan alamat ini tanpa persetujuan dari pendaftar Internet regional atau lokal. Ruang alamat IP pribadi pada awalnya ditetapkan untuk membantu menunda habisnya alamat IPv4 . Paket IP yang berasal dari atau dialamatkan ke alamat IP pribadi tidak dapat diakses melalui jaringan Internet publik. Hanya bisa melalui jaringan lokal dan menggunakan VPN.

Internet Engineering Task Force (IETF) telah mengarahkan Internet Assigned Numbers Authority (IANA) untuk mencadangkan rentang alamat IPv4 berikut untuk jaringan pribadi :

Anda yang ingin membuat IP Pool untuk DHCP server, Anda bisa menghitung berapa jumlah IP yang didapat di https://www.adminsub.net/

Berikut ini tabel netmask yang bisa Anda gunakan :

Pada tabel di atas, jika Anda ingin mendapatkan 1024 IP, maka Anda bisa menggunakan netmask (mask length) 22. Untuk membuktikannya, Anda bisa masukkan di calculator https://www.adminsub.net. Berikut contoh hasilnya :

Di mikrotik, pada IP Pool Anda tinggal masukkan alamatnya : 10.11.12.0/22

 

 

111 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: