Categories: Umum

Tips Memilih Paket Hosting Unlimited

Sudah dari beberapa tahun yang lalu sebenarnya beberapa hosting di luar negeri, sebut saja blu*host dan hostgatot menjual paket hosting unlimited. Tapi baru sekitar 5 tahun ini di Indonesia banyak provider hosting mulai menjual paket hosting unlimited.

Apakah mereka rugi dengan menjual paket hosting unlimited ?

Oh tidak! Mereka justru “panen”… Banyak orang yang mudah termakan jargon “unlimited” yang sesungguhnya tidak benar-benar unlimited… Bagaikan kue Onde-Onde yang tampak besar tapi isinya mlompong atau cuma sedikit.

Seorang teman saya pernah hosting di hostgatot, menghabiskan space sekitar 20 Giga dengan puluhan domain dan sudah melewati batas inodes yang ditentukan sehingga tidak mendapat fasilitas backup lagi… Dan suatu ketika hostingnya disuspend karena membuat server overload… Dan itu terjadi secara tiba-tiba manakala ia sedang tidak online, walhasil websitenya tidak bisa diakses berjam-jam.

“Hosting unlimited tapi kok ada suspend segala?”

Banyak orang mengira bahwa ketika membeli hosting unlimited maka mereka bisa menggunakan secara bebas, bahkan untuk website yang berat sekalipun. Space dan bandwidth mungkin bisa dibuat terkesan “unlimited”, tapi resources server jelas tidak mungkin karena CPU, Memori RAM dan Storage jelas ada batasnya.

Nah di bawah ini akan diberikan beberapa faktor, yang mana faktor inilah yang perlu untuk Anda ketahui dan juga pertimbangkan pada saat memilih paket web hosting, mulai dari yang ada batasan kapasitasnya hingga web hosting unlimited.

1. Mengetahui Kebutuhan Hosting Website

Yang pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah mengenai ukuran website yang Anda punya. Dengan sudah mengetahui berapa ukuran dari website Anda, maka Anda akan mempunyai gambaran mengenai paket hosting apa yang akan dibeli nantinya. Dengan begitu, Anda bisa membeli paket web hosting yang sesuai dengan kebutuhan website.

Perlu Anda ketahui bahwa ukuran dari suatu website akan bergantung pada jenis file apa yang ada di dalam website tersebut. Nah misalkan saja website yang Anda miliki ini mempunyai atau memiliki file gambar yang sangat banyak dengan ukuran yang besar besar, misalnya web toko online yang setiap hari harus upload gambar-gambar produk.

Dengan demikian maka sudah dipastikan bahwa website yang Anda miliki ini mempunyai ukuran yang sangat besar. Tentu saja dengan ini Anda akan memerlukan paket web hosting yang mempunyai kapasitas besar atau bisa juga menggunakan web hosting unlimited.

Jadi untuk mencegah file website yang terlalu besar maka Anda bisa meminimalkan penggunaan file yang membuat ukuran website menjadi sangat besar seperti yang sudah disebutkan tadi yakni gambar.

2. Lokasi server
Dalam sebuah web hosting biasa maupun web hosting unlimited tentu mempunyai servernya masing-masing. Dimana setidaknya ada tiga server yang sering digunakan dalam suatu web hosting, misalnya hosting IIX. Hosting IIX mempunyai lokasi server di Indonesia sehingga mempunyai akses yang cepat jika diakses di Indonesia. Kemudian yang kedua hosting USA yang mempunyai lokasi server di Amerika Serikat dan yang terakhir ada hosting SG yang mempunyai lokasi server di Singapura.

Namun perlu Anda ketahui bahwa dengan semakin dekat lokasi server yang digunakan pengunjung dari suatu website maka kecepatan akses akan semakin cepat. Walaupun demikian bukan berarti kecepatan akses ini hanya dipengaruhi oleh lokasi server saja, melainkan ada faktor lain yang bisa juga mempengaruhinya, misalkan saja seperti spesifikasi hardware yang dimiliki sistem.

3. Jangan terjebak istilah web hosting unlimited space

Di dalam menentukan paket web hosting yang akan Anda gunakan nantinya untuk website Anda, maka Anda akan menemukan istilah web hosting unlimited bandwidth ataupun web hosting unlimited space. Nah Anda jangan sampai terkecoh akan hal ini sebab tidak semua penyedia layanan mampu memberikan paket web hosting yang benar-benar unlimited.

Jenis kuota ini terlihat sangat aneh. Katakanlah, Anda di-host pada shared server dengan RAID 10 4x1TB hard drive – apakah kuota ini memungkinkan Anda untuk meng-upload file sampai 2TB? Ini jelas tidak mungkin. Kemudian muncul pertanyaan: berapa banyak yang bisa diambil space-nya pada plan unlimited dan berapa banyak file yang bisa di-hosting?

Di sinilah Anda perlu merujuk pada Terms of Service atau Acceptable Use Policy penyedia hosting Anda. Masalahnya adalah penyedia layanan hosting memiliki kebijakan yang jelas tentang penggunaan penyimpanan disk untuk akun shared hosting dan poin utamanya adalah media file hosting. Misal File media (.bmp, .mp3, .avi, .pdf dan lain-lain) mungkin tidak diperbolehkan atau dibatasi ukurannya sampai 500 KB atau 1 MB maksimal. Apakah Anda tertarik untuk meng-upload 2096 file berukuran 1Mb untuk menghabiskan batas disk (50% dari total disk space jika 4TB)?

Ketika web hosting menyediakan “unlimited” space, mereka justru sering membatasi jenis file yang dapat Anda upload. Dengan demikian, jika Anda melihat Term of Service (TOS) dari web hosting tersebut, Anda akan melihat bahwa Anda tidak dapat menggunakan ruang untuk tujuan semau Anda sendiri. Kebanyakan kasus, bahwa ruang hanya dapat digunakan untuk website. Anda tidak dapat menggunakan hosting sebagai tempat backup offsite untuk komputer rumah atau kantor.

Di bawah ini adalah contoh TOS salah satu perusahaan hosting unlimited di Indonesia :

Dari TOS di atas memberi wewenang bagi perusahaan hosting untuk mensuspend hosting Anda jika dinilai telah menyebabkan masalah pada server, seperti penggunaan space dan resources yang berlebihan. Karena batasan kapasitas yang tidak transparan, maka jangan kaget jika tiba-tiba hosting Anda disuspend karena sebuah alasan, dan Anda dipaksa untuk menghapus, memperbaiki performa web, ataupun harus upgrade ke VPS yang memiliki batasan lebih jelas.

Memilih untuk hosting dengan kapasitas harddisk  yang tak terbatas bisa berarti Anda menghadapi batas yang tidak ditentukan atau tidak jelas, dibandingkan dengan web hosting yang memberitahukan Anda di depan secara trannsparan tentang apa yang akan Anda dapatkan.

Umumnya harga webhosting unlimited ini akan lebih murah kalau dibayar 3 tahun sekaligus. Dan belum sampai 3 tahun mungkin Anda diwajibkan untuk upgrade ke VPS jika penggunaan hosting Anda sudah “dianggap” melanggar TOS. Inilah risiko yang harus Anda hadapi.

4. Unlimited Bandwidth

Meskipun kuota tersebut dan kebijakan koresponden mungkin terlihat rumit, satu yang perlu diingat adalah tidak hanya tentang kapasitas hard disk, tetapi juga tentang resource server. File yang besar akan mengambil resource server yang lebih besar untuk dapat diproses dan ini akan menyebabkan masalah pada disk dan beban server.

Kuota ini kelihatan lebih nyata. Pertama, teknologi sekarang bisa memberikan konektivitas internet lebih cepat, kedua – mempertimbangkan semua kemungkinan nilai kunjungan, e-mail dan volume traffic file, serta sejumlah konten yang tersedia untuk public di situs Anda, tingkat penggunaan bandwidth bulanan adalah mungkin tidak akan lebih besar dari 1-2 TB, yang merupakan kuota rata-rata yang umum disediakan oleh kebanyakan penyedia web hosting.

Jadi apa yang harus dipilih ?

Meskipun ada beberapa paket “unlimited” hosting yang sangat baik di luar sana, apapun jenis paket hosting yang akhirnya Anda pilih, penting untuk melakukan riset sebelumnya.

Ketika membahas ke bandwidth maka yang terbaik adalah berpikir realistis. Lebih baik meng-host situs web Anda dengan penyedia hosting yang transparan tentang apa yang mereka tawarkan daripada dengan rencana “unlimited” yang menyembunyikan fine print di balik bahasa pemasaran yang mencolok.

Hal-hal lain yang perlu Anda pikirkan ketika memilih hosting adalah :

  1. Jaminan UPTIME (jarang down) : 99,99 % adalah masih realistis

  2. Jaminan Speed Server yang jelas (Fast Loading) : Litespeed webserver / cache, Storage menggunakan SSD/NVMe, 1-4 Core CPU / 1-4 GB Ram, jumlah pengguna server yang sedikit, Memcached

  3. Jaminan support 24 jam

  4. Garansi uang kembali dalam 30 – 90 hari. Semakin lama tentu semakin bagus

  5. Daily Backup

  6. Bantuan migrasi secara cuma-cuma

  7. Free page builder

  8. Security : malware scanner otomatis saat upload file, immunify360, spam filter, free SSL

  9. Pembayaran dengan berbagai cara : BCA, Mandiri, BRI, BNI, alfamart, indomart, paypal, ovo, gopay, Kartu Kredit

  10. Dukungan khusus terhadap CMS tertentu : misal wordpress, opencart

Telah dibaca :100
Purba Kuncara

Wordpress Fan & Radio Broadcasting. Founder KLIKHOST.COM

Share
Published by
Purba Kuncara

Recent Posts

Mana Yang Lebih Bagus Untuk Diet : Beras Merah atau Beras Hitam ?

Beras merah selama ini sudah dipakai oleh banyak orang untuk diet karena terbukti lebih baik…

3 hari ago

Seni Mendengarkan Dalam Berkomunikasi

Setiap orang senang dihargai, termasuk dalam hal berkomunikasi. Bagaimana agar kita bisa menjadi pendengar yang…

1 minggu ago

Hindari Kebiasaan Menyogok

Di tengah situasi pandemi seperti ini, kita harus bisa berhemat, terlebih berhemat uang. Kalau dulu…

1 minggu ago

10 Faktor Kesuksesan Oleh Thomas J. Stanley, Ph.D

Menjadi sukses memang dambaan banyak orang. Tapi kenapa tidak semua orang bisa sukses? Ternyata ada…

1 minggu ago

Tips Merapikan Rumah Yang Berantakan

Merapikan rumah rasanya tidak ada habis-habisnya jika kita tidak terbiasa merapikan mulai dari hal-hal kecil.…

2 minggu ago

Berlagak Jadi Bos

Menjadi bos itu memang enak, karena tinggal menyuruh-nyuruh saja. Tapi bagaimana jika yang disuruh adalah…

3 minggu ago